iklan banner

Skill Akuntansi Keuangan Yang Harus Dimiliki Pemilik Umkm Di Indonesia

Demi mendapat pertumbuhan, suatu Usaha kecil dan Menengah (UMKM) harus bisa mengelola keuangan usaha. Bagaimanapun untuk mendapat kesuksesan bagi UMKM, harus melaksanakan gebrakan dalam menjaga kondisi keuangan usaha. Sehingga Anda sebagai pelaku perjuangan memerlukan skill akuntansi keuangan yang harus dimiliki pemilik UMKM.


Sebab, banyak pelaku UMKM sampai ketika ini tidak mengerti mengenai administrasi keuangan yang sesuai dengan akuntansi keuangan global. Untuk itu, Anda harus melatih kemampuan dalam hal tersebut. Meskipun Anda bukan berasal dari jurusan akuntansi, bukan berarti Anda tidak bisa berguru dan mempunyai skill akuntansi tersebut.


Sebab, akuntansi dan keuangan harus menjadi fokus utama seorang pengusaha dalam mengelola perjuangan mereka biar bisa terus maju dan berkembang. Karena akuntansi keuangan akan menjadi materi keputusan utama dalam menganalisis pengeluaran dan pendapatan perjuangan yang dijalankan oleh pemilik usaha.


Jika pengusaha tidak memfokuskan skill akuntansi keuangan yang harus dimiliki pemilik UMKM, maka potensi perjuangan mereka akan sangat terbatas dan sulit tumbuh serta berkembang. Untuk itu Anda harus mempunyai kemampuan akuntansi keuangan yang mumpuni dalam membuatkan perjuangan yang Anda jalankan ketika ini.


Untuk bisa menjaga keuangan perjuangan Anda dijalankan dengan baik dan benar. Maka Ada beberapa hal yang harus Anda penuhi terlebih dahulu untuk melaksanakan hal tersebut. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan data keuangan yang baik untuk perjuangan Anda.


Skill akuntansi keuangan yang harus dimiliki pemilik UMKM di Indonesia


Memiliki Staff yang Ahli Pada Bidangnya


Hal yang paling umum dan harus dilakukan oleh para pengusaha yaitu mempunyai staff yang benar-benar hebat dalam bidang akuntansi keuangan untuk UMKM. Sebab, banyak sekali UMKM di Indonesia yang belum mempunyai staff untuk mengurusi keuangan mereka sendiri. Oleh lantaran itu, keuangan UMKM di Indonesia tidak pernah stabil.


Namun hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris pada tahun 2015 menyampaikan bahwa UMKM di Inggris kehilangan sekitar 2,9 miliar poundsterling.  Hal itu disebabkan oleh tidak adanya orang yang hebat dalam bidang keuangan yang di pekerjakan oleh pemilik UMKM di Inggris.


Apa yang terjadi di Inggris pun bisa saja terjadi di Indonesia, dan mungkin sudah terjadi. Karena banyak UMKM di Indonesia yang belum mempunyai staff tersendiri yang mengurusi keuangan mereka. lantaran pemilik UMKM di Indonesia menganggap merekrut seorang staff keuangan akan mengeluarkan budget yang cukup besar untuk membayar mereka.


Manajemen Waktu


Hal lain yang sering terjadi pada UMKM di Indonesia selain dari skill akuntansi keuangan yang harus dimiliki pemilik UMKM yaitu administrasi waktu yang belum baik. Banyak pengusaha di Indonesia yang belum sanggup menghargai waktu.


Banyak UMKM bahkan perusahaan di Indonesia yang mempekerjakan pegawainya di banyak sekali bidang pekerjaan, sehingga tidak menciptakan seorang fokus pada satu pekerjaan saja. Terkadang hal inilah yang menjadi kendala dalam mengelola keuangan usaha. Sebab, orang yang ditaruh untuk mengurusi keuangan, diminta untuk mempekerjakan pekerjaan lain di luar pekerjaan khusus mereka.


Wawasan


Banyak pengusaha UMKM di Indonesia masih kekurangan wawasan dan skill akuntansi keuangan yang harus dimiliki pemilik UMKM. Mereka tidak pernah mau mempelajari hal tersebut, yang mereka ketahui hanya bagaimana mereka sanggup untung dan perjuangan mereka sanggup berjalan terus, tanpa harus menghitung setiap biaya yang keluar.


 Bagaimanapun untuk mendapat kesuksesan bagi UMKM Skill Akuntansi Keuangan yang Harus Dimiliki Pemilik UMKM Di Indonesia


Biaya pengeluaran yang tidak tercatat dengan baik inilah yang terkadang menjadi boomerang bagi pemilik UMKM. Dan di selesai tutup buku, biasanya mereka gres melihat betapa banyak kerugian yang mereka alami dari banyak sekali biaya operasional dan lainnya.


Kredibiltas


Sebagai pemilik UMKM, Anda niscaya akan berurusan dengan banyak orang. Baik itu rekan bisnis, mitra, maupun supplier. Untuk itu Anda harus mempunyai kemampuan akuntansi keuangan yang harus dimiliki oleh UMKM biar dapat dipercaya di mata rekanan bisnis bisa terjaga dengan baik. Hal ini juga akan menjadi petunjuk bahwa bisnis yang Anda miliki bisa berjalan dengan baik dan terstruktur. Terlebih kalau partner bisnis Anda bisa melihat laporan keuangan milik perjuangan Anda cukup baik.


Fleksibilitas


Seorang yang hebat dalam bidang keuangan selalu mempunyai wawasan strategis dalam menjalankan bisnis mereka, dan mereka selalu mengetahui apa saja hukum terbaru yang ada ketika ini berlaku. Seorang pengelola keuangan yang baik yaitu mereka yang sanggup memprediksi kondisi keuangan beberapa bulan ke depan. Anda sebagai pengusaha wajib mempunyai kemampuan akuntansi keuangan untuk melihat bagaimana kondisi keuangan perjuangan ke depannya. Hal ini penting untuk kemajuan perjuangan Anda.


Memang tidak gampang untuk mengelola keuangan UMKM yang baik. Skill akuntansi keuangan yang harus dimiliki pemilik UMKM harus selalu dikembangkan dan di update secara terus menerus. Sehingga Anda bisa melihat bagaimana kondisi keuangan usaha, dan bagaimana Anda bisa membuatkan serta meningkatkan pendapatan perjuangan Anda tersebut.


Jika Anda masih merasa sulit dalam mengelola keuangan perjuangan Anda, sebaiknya biar proses akuntansi keuangan pada bisnis Anda berjalan dengan baik, maka Anda dianjurkan untuk memakai software akuntansi.


Kalau di Indonesia, software akuntansi yang cukup banyak dipakai oleh pelaku UMKM yaitu Accurate. Accurate ketika ini juga telah tersedia dalam versi online yang dikenal dengan Accurate Online (AOL). AOL sangat cocok dipakai oleh setiap jenis UMKM, dan mempunyai fitur perpajakan yang sesuai dengan sistem pajak yang ada di Indonesia. Sehingga skill akuntansi keuangan yang harus dimiliki pemilik UMKM bisa diubahsuaikan dan diterapkan di AOL.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "Skill Akuntansi Keuangan Yang Harus Dimiliki Pemilik Umkm Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel