iklan banner

Prinsip Kerja Wan Pada Jaringan Komputer

Prinsip Kerja WAN pada Jaringan Komputer - Wide Area Network atau yang lebih dikenal dengan WAN yakni salah satu jenis jangkauan jaringan yang cakupannya paling luas diantara semua jenis jaringan.

Lingkup utama WAN yakni keseluruhan komputer yang terhubung ke jaringan yang berada di antara pulau, benua dan juga Negara Bagian. Itu sebabnya jaringan ini disebut WAN atau Wide Area Network.

Pengertian Jaringan WAN
Pada dasarnya, jaringan atau jaringan yang dibangun dengan memakai WAN mempunyai prinsip yang serupa dengan yang dipakai pada jaringan lain, menyerupai jaringan LAN atau MAN. Yang terpenting dalam pembuatan jaringan ini yakni sistem atau organisasi mempunyai komputer server sebagai sentra data dan juga komputer host.

Prinsip Kerja WAN pada Jaringan Komputer Prinsip Kerja WAN pada Jaringan Komputer


Ini pada hasilnya akan memperlihatkan semua kebutuhan informasi, komputer klien, dan juga banyak sekali perangkat keras jaringan komputer yang mendukung konektivitas, baik LAN, MAN, maupun WAN.

Koneksi Jaringan WAN
Jika kita menafsirkannya secara singkat dan juga mudah, kita bisa mendefinisikan bahwa jaringan WAN yakni kumpulan jaringan komputer lokal (LAN) dan juga skala urban (MAN) yang terhubung satu sama lain dengan jaringan LAN lain atau MAN yang berada di luar kota, kepulauan, negara bagian, negara, sampai benua.

Baca juga: Pengertian Jaringan LAN

Dengan begitu, setiap jaringan yang berada di lokasi berbeda di pulau itu, Negara, bahkan benua pun akan saling terhubung satu sama lain, dan sanggup mempunyai susukan untuk mendapatkan info dari komputer server atau host yang dimiliki.

Prinsip Kerja WAN
Untuk lebih memahami bagaimana WAN bekerja, berikut yakni beberapa prinsip utama bagaimana WAN bekerja:

Server atau komputer host akan ditempatkan di satu lokasi tertentu, di mana komputer server akan mendukung semua kebutuhan untuk mengakses database dan juga info yang dimilikinya.

Kemudian, server akan mengirimkan info serta paket data yang dimilikinya ke dalam jaringan komputer yang telah dibangun, sesuai dengan topologi jaringan komputer yang telah diimplementasikan sebelumnya.

Baca juga:Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Dengan komputer yang terhubung, maka kompter user atau client yang berada di luar pulau akan bisa mengakses info dari satu server saja.

Begitulah WAN atau Wide Area Network bekerja. Untuk detail lebih lanjut perihal jaringan WAN, berikut yakni satu teladan kasus penggunaan dari jaringan WAN, dan juga cara kerjanya:

Ambil teladan XYZ yakni bank internasional. Kantor sentra Bank XYZ berlokasi di kota Jakarta (lokasi server dan host), dengan banyak kantor cabang di kota-kota besar di Indonesia menyerupai Jambi, Balikpapan, Medan, Bandung, Jogja, Makassar, dan beberapa kantor perwakilan di beberapa negara Asia dan Negara-negara Eropa .

Bank XYZ mustahil membangun komputer server sendiri di setiap cabang, lantaran akan banyak biaya, oleh lantaran itu, untuk mendukung operasional Bank XYZ, sebuah jaringan WAN diterapkan.

Dengan implementasi jaringan WAN ini, maka setiap kantor cabang dimanapun akan mendapatkan info yang sama menyerupai apa yang dimiliki oleh server. Misalnya, kantor perwakilan di China memasukkan 100 data pelanggan baru. Kemudian data pelanggan gres akan disimpan di server di Jakarta.

Suatu saat, sebuah kantor cabang di Medan berasal dari pelanggan China, kantor cabang mak di lapangan hanya pencarian, maka nama pelanggan yang mendaftar di China akan muncul dalam waktu singkat. Begitulah cara jaringan WAN bekerja.

Perangkat apa yang diharapkan untuk membangun jaringan WAN?
Jika kita berbicara perihal jaringan yang luas, maka tentunya kita juga harus mengerti, perangkat jaringan apa yang kita perlukan dalam membangun jaringan WAN. Nah, berikut beberapa jenis perangkat jaringan komputer yang bisa kita gunakan untuk membangun konektivitas dari wide network atau WAN:

1. Komputer server
Tentunya kita membutuhkan komputer server. Untuk jaringan WAN, yang notabenenya mempunyai jaringan yang sangat luas, spesifikasi komputer server juga harus diperhatikan. Anda bisa melihat jenis komputer server yang sesuai dengan kebutuhan jaringan WAN yang akan Anda buat nanti.

Pengguna komputer atau klien di banyak sekali kota, pulau atau negara
Komputer pengguna akan dipakai untuk mengakses data serta info yang tersedia di server. Karena merupakan jaringan yang luas, pengguna komputer atau klien akan ditempatkan di lokasi berbeda di pulau atau negara

2. Switch
Switch atau hub juga bisa dibutuhkan, untuk menciptakan jaringan lokal yang terhubung ke jaringan WAN yang akan dibangun. (baca juga: Pengertian Switch dan Fungsinya)

3. Bridge
Bridge mempunyai fungsi yang sama dengan Bridge, yaitu menBridgei jaringan lokal atau perkotaan dengan jaringan lokal atau jaringan perkotaan lainnya. Bridge yang dipakai yakni jenis remote bridge, yang bisa bekerja untuk jaringan jarak jauh dan juga wide network.

4. Router
Jika Anda tidak memakai Bridge, jaringan Anda bisa memakai router atau router. Fungsi router lebih spesifik daripada bridge, lantaran bisa meneruskan paket data dan info jga dari server secara otomatis ke tujuan, dan mempunyai cakupan yang luas juga.

Baca juga: Pengertian Router dan Fungsinya

5. Akses Point
Akses Point dipakai untuk membentuk jaringan LAN di tempat tujuan. Komputer server akan mengirimkan data dan info ke benua atau negara lain melalui Bridge atau router. Kemudian, access point bisa dipakai di tempat tujuan untuk mendapatkan sinyal serta paket data yang ditransmisikan.

Baca juga: 5 Fungsi Akses Point pada Internet

Dengan access point, maka perangkat keras ini akan dibuat jaringan lokal sendiri di lokasi tujuan. Perangkat ini merupakan salah satu perangkat untuk mengakses internet sebagai konektivitas antara komputer dan jaringan.

Kabel Jaringan untuk konektivitas memakai kabel
Jangan lupakan kabel jaringan. Masih banyak konektivitas WAN yang memakai jaringan kabel. Biasanya untuk lokasi yang masih dalam satu pulau, area yang sangat luas terdiri dari beberapa daerah, kota atau negara.

Baca juga: Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer

Bagi mereka yang membutuhkan konektivitas di luar pulau dan juga benua sanggup memakai konektivitas nirkabel, yang nantinya akan membutuhkan menara pemancar yang bisa mentransmisikan sinyal tanpa kabel memakai router.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Prinsip Kerja Wan Pada Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel