iklan banner

Mengapa Perempuan Kadang Menangis Tanpa Sebab?


Wanita ialah makhluk emosi, begitu yang sering kita dengar. Kenyataannya, perempuan memang sering kali lebih memakai perasaannya dalam menghadapi sesuatu. Ketika menyaksikan film, misalnya, perempuan lebih gampang menangis daripada pria. Karena hal itu pula, perempuan pun lebih sering menangis, bahkan kadang menangis tanpa sebab. Mengapa perempuan sepertinya sangat gampang meneteskan air mata?

William H. Frey, PhD., seorang peneliti syaraf, pernah melaksanakan penelitian khusus menyangkut hal itu, dan menemukan bahwa dalam sebulan perempuan cerdik balig cukup akal menangis setidaknya sebanyak 5 kali. Itu jauh lebih banyak dibanding rata-rata laki-laki yang hanya menangis 1 kali dalam satu bulan.

Yang patut diperhatikan, tidak semua tangis perempuan mempunyai karena tertentu, karena tidak jarang perempuan meneteskan air mata secara mendadak. Hal itu dilatari keberadaan hormon yang disebut prolactin. Dalam badan wanita, hormon itu berfungsi mengatur produksi kelenjar air mata yang terus meningkat sejak perempuan menginjak usia 18 tahun. Dibandingkan pria, perempuan mempunyai kadar hormon prolactin lebih tinggi. 

Ketika hormon prolactin sedang meningkat, perempuan pun menjadi gampang menangis, bahkan tanpa sebab. Pada ketika itu, perempuan tidak mau ditanya-tanya, karena ketika itu mereka juga sedang berusaha mencari tahu penyebab kesedihan yang tiba-tiba mereka rasakan.

Selain itu, tingkatan sel air mata perempuan juga lebih gampang mengalir dibandingkan pria. Kenyataan itulah yang mendasari mengapa perempuan lebih gampang menangis dibandingkan pria, khususnya ketika menghadapi hal-hal yang sensitif atau yang menyentuh perasaan. Artinya, seringnya perempuan menangis bukan karena cengeng, tetapi lebih karena hormon dan sel-sel tertentu pada tubuhnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Sumber http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/

0 Response to "Mengapa Perempuan Kadang Menangis Tanpa Sebab?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel