iklan banner

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap


Sedulurtani.com. Kelapa merupakan tumbuhan yang mempunyai banyak sekali kegunaan, sehingga sering kali dijuluki sebagai pohon kehidupan. Dimana seluruh bab tumbuhan tersebut, mulai dari ujung akar sampai ujung batang sanggup dimanfaatkan untuk banyak sekali keperluan dari rumah tangga sampai industri.


Seperti halnya sabut kelapa sanggup dimanfaatkan sebagai coir fiber, materi pembuat spring bed,dan  matras; tempurung untuk karbon aktif, charcoal, dan kerajinan tangan; daging buah untuk kopra, minyak kelapa, dan santan, batangnya untuk materi bagunan, daunnya untuk sapu dan anyaman; serta niranya untuk gula merah.


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa

Ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa tumbuhan kelapa berasal dari Amerika Tengah dengan alasan di daerah tersebut terdapat banyak spesies tumbuhan kelapa. Kemudian pendapat lain menyebutkan bahwa tumbuhan kelapa berasal dari Asia Tenggara.


Untuk mengenal lebih terperinci mengenai tumbuhan kelapa, maka pada pertemuan kali ini sedulurtani.com ingin menyebarkan isu tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap.

Berikut ini yaitu penjabaran tumbuhan kelapa :
































DivisiSpermatophyta
SubdivisiAngiospermae
KelasMonocotyledonae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusCocos
SpesiesCocos nucifera L.

Setelah Anda mengetahui Klasifikasi dari tumbuhan kelapa, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tumbuhan kelapa. Berikut ini yaitu morfologi tumbuhan kelapa :

1.Morfologi Akar

Tanaman kelapa mempunyai sistem perakaran serebut yang badan secara vertikal dan horizontal. Selain itu, tumbuhan kelapa juga mempunyai akar rambut yang berdiameter 0,1 cm, berdinding lunak, berbintil, dan berfungsi sebagai absorpsi unsur hara dalam tanah.


Akar tumbuhan kelapa mempunyai jumlah yang bervariasi antara 4000-7000 buah, tergantung dari varietas dan keadaan lingkungan tumbuh tanaman. Pada bab akar tumbuh bintil-bintil berwarna putih yang berfungsi sebagai pernafasan.


2. Morfologi Batang

Secara umum tumbuhan kelapa mempunyai batang yang tidak bercabang-cabang. Pada fase muda terjadi pembentukan batang yang melebar tanpa diikuti pemanjangan ruas. Tanaman ini hanya mempunyai satu titik tumbuh yang terletak pada ujung batang dan berukuran sangat kecil.


Titik tumbuh tersebut terdiri dari jaringan meristem. Batang tumbuhan kelapa mempunyai pangkal pelepah-pelepah daun yang menempel kokoh, sehingga sulit untuk lepas meskipun daun telah kering.


3. Morfologi Daun

Daun kelapa mempunyai struktur morfologi berbentuk mirip bulu burung ataupun ayam. Tanaman yang telah sampaumur mempunyai 30-35 daun pada mahkotanya dengan panjang sekitar 6m. Daun-daun tersebut tersusun melingkar pada bab mahkotanya dan setiap 6 daun yang berurutan akan berada pada satu garis lurus.


Daun kelapa mempunyai anak daun berjumlah sekitar 200 lembar dengan panjang pada bab ujung dan pangkal yang pendek. Sedangkan pada bab tengah daun mempunyai panjang sekitar 100cm.


4. Morfologi Bunga

Kelapa merupakan tumbuhan berumah satu. Dimana bunga jantan dan bunga betina terdapat pada satu malai dan satu mancung (spathe).


Bunga tersebut akan muncul setalah tumbuhan berumur sekitar tiga tahun. Bentuk bunga jantan yaitu lonjong dan terdapat pada ujung malai. Sedangkan bunga betina berbentuk agak membulat terdapat pada dasar malai. Penyerbukan pada tumbuhan kelapa terjadi secara silang.


5. Morfologi Buah

Buah kelapa mempunyai bentuk lingkaran lonjong dan tersusun dari kulit buah yang licin dan keras. Buah yang masih muda berwarna hijau muda dan semakin bau tanah akan menjelma hijau bau tanah lalu berwarna kuning coklat.


Jika sabut kelapa dikupas maka akan terdapat tempurung kelapa yang keras dan sanggup dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan. Daging buah berwarna putih menempel pada bab tempurung kelapa dan bab dalam buah juga terdapat air yang mempunyai rasa segar.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap. Semoga sanggup menjadi acuan bagi Anda.

Follow juga aku diFacebook.



Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel