iklan banner

Kenapa Perempuan Lebih Cepat Dewasa?


Dibandingkan dengan kaum pria, perempuan memang lebih cepat dewasa. Dalam perkembangan seusai remaja, perempuan lebih bisa mengatur kesejahteraan psikologis mereka dibanding pria. Nancy Galambos, peneliti dari Departemen Psikologi University of Alberta, Kanada, menekankan kenyataan itu sesudah mencoba mempelajari bagaimana remaja usia 18 hingga 25 tahun melaksanakan transisi dari remaja ke dewasa.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, perempuan diketahui mempunyai tingkat yang lebih tinggi untuk tanda-tanda depresi dan perasaan rendah diri, dibanding laki-laki seusia mereka. Remaja merupakan tahap transisi perkembangan antara masa kanak-kanak menuju sampaumur secara penuh. Seiring bertambahnya waktu, secara biologis laki-laki maupun perempuan mengalami perubahan untuk menjadi orang dewasa. Namun, secara emosional, bisa jadi tidak sepenuhnya matang.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Developmental Psychology itu juga terungkap, bahwa meski mereka telah sampaumur dan dihadapkan pada keragaman pilihan hidup, perempuan terlihat lebih gampang berdamai dengan diri mereka sendiri dikala menginjak usia 20-an.

Wanita lebih mempunyai kemampuan dalam hal mengatur faktor psikologis mereka, hingga menjadikannya lebih gampang mendapatkan kesetaraan gender yang biasanya bergejolak pada masa remaja. Sementara remaja pria, dalam usia yang sama, masih cenderung membeda-bedakan mana yang dianggap pantas dilakukan laki-laki dan mana yang hanya pantas dilakukan wanita.

Nancy Galambos menyatakan, “Fakta bahwa perempuan muda lebih cepat sampaumur dibanding laki-laki memang sudah sering kita dengar, namun penelitian ini ialah kejutan yang bisa melengkapi kisah yang ada.”

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Sumber http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/

0 Response to "Kenapa Perempuan Lebih Cepat Dewasa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel