iklan banner

Cara Menghilangkan Virus Ransomware

Cara Menghilangkan Virus Ransomware - Sejak beberapa hari yang lalu, Indonesia merasa panik dengan munculnya virus Ransomware: Wannacry.

Karena ada satu rumah sakit di Indonesia yang terkena virus ini, maka Kominfo bergerak cepat dengan berbagi peringatan penyebaran virus Ransomware dan cara mencegahnya. Perlu dilakukan, alasannya yakni nyatanya banyak sekali negara di penggalan dunia lain juga cukup banyak terkena virus berbahaya ini.

Virus ransomware berjulukan Wannacry ini bertindak dengan memanfaatkan celah pada port 139/445 dan 3389, serta kelemahan fitur pada SMBv1 pada OS Windows. Makara virus ini hanya menyerang komputer bersistem Windows.

Penyebarannya dilakukan melalui internet, sehingga pengguna komputer yang tidak terhubung ke internet, atau tidak memakai sistem operasi Windows akan kondusif dari serangan virus ini.

Jika komputer telah terinfeksi virus Ramsomware ini, maka semua data di komputer Anda akan dienkripsi sehingga tidak sanggup dibuka. Untuk membukanya, Anda harus mempunyai Decryption Tool yang akan diberikan penyebar virus sesudah Anda membayar sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin. Uang tebusan tersebut dituntut, jikalau nilai tukar rupiah menjadi sekitar 4 juta rupiah.

 Indonesia merasa panik dengan munculnya virus Ransomware Cara Menghilangkan Virus Ransomware
Cara Menghilangkan Virus Ransomware

Untungnya virus ini telah tidak boleh dengan melaksanakan beberapa cara, banyak antivirus yang mengklaim menangkal virus ini, Microsoft juga bergerak cepat dengan mengupload patch Windows untuk menutupi kelemahannya. Berikut ini akan menawarkan cara menghapus virus Ransomware.

1. Hapus Virus dengan memakai Antivirus
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak vendor antivirus yang bergerak cepat mengupdate antivirusnya untuk membasmi virus ransomware ini. Cukup banyak antivirus yang sanggup membasmi antivirus ini, menyerupai Kapersky, dan ESET.

Antivirus Lokal: Smadav juga sanggup menangkal virus ini, dengan menonaktifkan fitur SMBv1 di Windows.

Jika komputer Anda mempunyai antivirus dan sanggup diupdate anti ransomware, atau pasang antivirus yang sanggup menangkal ransomware; Anda cukup memindai ke hardisk partisi keseluruhan Anda. Tapi umumnya hal itu tidak sanggup dilakukan, maka Anda perlu melaksanakan langkah-langkah berikut:

Lepaskan hard drive dari PC / Laptop Anda.
Siapkan komputer higienis lain dari virus ransomware, dan terinstal antivirus yang sanggup membasmi ransomware (Kapersky, ESET).
Lampirkan hard drive Anda ke komputer lain.

Jika PC biasanya tersedia port pemanis untuk memasang lebih dari satu harddisk. Anda sanggup memasangkan hard drive Anda ke port pemanis (sekunder).

Jika Anda memasangkannya di laptop lain, Anda harus mempunyai Hardisk Docking / Hard Drive Enclosure sehingga hard drive sanggup diaktifkan sebagai hard drive eksternal yang terhubung melalui port USB.

Lakukan scan menyeluruh terhadap ransomware yang terinfeksi hardisk memakai antivirus.

Hapus semua virus yang terdeteksi

Setelah virus tidak lagi ditemukan, lepaskan hard drive dan pasang kembali ke komputer Anda.
Virus ramsomware telah hilang, tapi data Anda masih belum sanggup dibuka, untuk memperbaikinya, Anda sanggup mengembalikan data menyerupai pada poin 4.

Segera lakukan tindakan pencegahan biar komputer Anda tidak terjangkit lagi.

Baca juga:
Cara Menghapus Virus Trojan
Cara Menghapus Virus Autorun
Cara Menghapus Virus Shortcut
Cara Menghapus Virus Sality
Cara Menghapus Virus di Komputer
Ciri Ciri Komputer Terkena Virus

2. Hapus virus secara manual
Jika mustahil Anda menghapus virus memakai antivirus menyerupai yang disebutkan di atas, Anda sanggup menghapusnya secara manual. Tapi cara ini sedikit lebih merepotkan dan membutuhkan pandangan ke depan. Berikut langkah-langkahnya untuk memberantas virus ransomware secara manual:

Matikan koneksi internet dari komputer Anda
Hapus cookies dari browser anda
Masuk ke windows via Save Mode
Buka Task Manager, dengan menekan Crtl + Shift + Esc.
Buka Tab Proses, matikan jadwal yang tidak diketahui atau mencurigakan. Caranya klik kanan pada program, tingkah laris klik End Process.
Buka sajian Startup, dengan mengetik msconfig di kolom pencarian sajian Start, kemudian tekan enter, buka tab Starup

Membongkar jadwal yang sebelumnya Anda nonaktifkan pada Tab Proses. Disabble juga merupakan jadwal yang tidak diketahui dan mencurigakan.

Periksa folder pada hard drive Anda, cari file berikut:
Semua file dengan ekstensi .wnry atau .WNCRY
% SystemRoot% \ mssecscv.exe
% SytemRoot% \ tasksche.exe
% SytemRoot% \ qeriuwjhrf
taskdl.exe
taskse.exe
00000000.eky
00000000.res
00000000.pky
@ WanaDecryptor @ .exe
@ WanaDecryptor @ .exe.ink
@ WanaDecryptor @ .mmp

Hapus semua file jikalau Anda menemukannya.
Virus ramsomware telah hilang, tapi data Anda masih belum sanggup dibuka, untuk memperbaikinya, Anda sanggup mengembalikan data menyerupai pada poin 4.

Segera lakukan tindakan pencegahan biar komputer Anda tidak diserang kembali

3. Instal ulang Windows
Cara termudah untuk menghapus virus Ransomware yakni dengan menginstall ulang sistem operasi Anda. Untuk melaksanakan ini, Anda memerlukan CD atau Sistem Operasi USB bootable yang akan Anda instal.

Menginstal ulang windows cukup gampang dilakukan, namun menginstal ulang windows terlalu sering juga mempengaruhi komputer Anda, untuk lebih jelasnya Anda sanggup membaca: ancaman laptop sering diinstal ulang.

Setelah berhasil menginstall ulang komputer, seharusnya Anda sudah menginstall antivirus dengan segera dan memindai semua partisi harddisk Anda untuk memastikan tidak ada virus benih yang tertingggal yang akan menginfeksi ulang komputer Anda.

lakukan no.4 di bawah ini untuk mengembalikan data anda yang telah dienkripsi, sesudah itu lakukan pencegahan biar virus tidak kembali menyerang komputer anda.

4. Kembalikan Data Anda
Begitu virus Ransomware berhasil diberantas, virus tidak lagi menginfeksi komputer Anda. Namun, data yang sudah dienkripsi oleh virus tetap tidak sanggup dibuka kembali.
Karena untuk membukanya masih perlu dilakukan deskripsi memakai alat dekripsi.

Tapi Anda sanggup mengatasinya dengan mengembalikan data Anda, memakai software menyerupai recuva, penggali disk, dll.

Berikut langkah-langkahnya untuk mengembalikan data:

Instal perangkat lunak untuk mengembalikan data (misal: Recuva) di komputer Anda
Jalankan Recuva, kemudian pilih jenis data yang ingin Anda pulihkan, menyerupai dokumen.
Klik next
Pilih Partisi untuk mengembalikan data. Pilih opsi 'Di lokasi tertentu', menyerupai partisi D
Sebaiknya tidak pribadi pilih semua pastisi, lakukan secara sedikit demi sedikit (satu per satu) biar tidak memakan waktu yang sangat lama.
Klik next
Cheklist Aktifkan Deep Scan, klik Start
Recuva akan bekerja untuk mengembalikan data Anda.

Baca lebih lengkap: Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus

Cara lain lebih mudah, Anda sanggup mencoba memakai alat dekripsi menyerupai Kaspersky Ramsomware Decryptor atau TeslaDecoder Decryption Tool.

Demikian artikel perihal cara menghapus Virus Ramsomware ini. Anda sanggup menghapus virus dengan menginstall ulang komputer Anda, menghapus virus dengan antivirus, atau secara manual dan memulihkan data Anda dengan memakai data pemulihan perangkat lunak atau alat dekripsi.

Selain itu, Anda sanggup membaca cara menghapus virus malware, cara menghapus shortcut virus dan cara menghapus virus trojan di android. Semoga bermanfaat


Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Cara Menghilangkan Virus Ransomware"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel