Cara Menciptakan Iklan Yang Efektif
Iklan adalah pesan yang dihantarkan untuk mempromosikan barang atau jasa melalui banyak sekali media mulai dari media cetak, audio hingga elektronik. Iklan membantu masyarakat tertarik untuk membeli barang atau jasa. Tujuan iklan sendiri memberikan informasi, membujuk dan memberikan nilai tambah akan produk itu sendiri. tak mungkin sebuah perusahaan bisa menjual produknya tanpa membuat iklan. Melalui iklan masyarakat akan memahami fungsi dan kualitas produk yang anda tawarkan. Ciri-ciri iklan sendiri adalah berisi kata – katapersuasive, informasi yang disampaikan terang dan gampang dipahami sert menjelaskan cara kerja dan manfaat produk yang dipromosikan.
Sejarah Iklan
Iklan ternyata mempunyai sejarah yang panjang bahkan sudah ada semenjak 4000 tahun sebelum masehi. Iklan pertama kali muncul di negara Mesir yang mana kala itu menggunakan papyrus sebagai poster iklan. Bangsa Mesopotamia dan Babilonia pada kala 3000 SM sering menyewa bahtera dan melaksanakan teknik door to door untuk menunjukkan hasil produksinya ke konsumen yang tinggal di pedalaman. Pada kala ke 17 iklan tidak hanya melalui mouth to mouth namun mulai berkembang ke media cetak. Pada kala 17an iklan sudah muncul pada Koranmingguan di Inggris. Pada tahun 1920anstasiun radio mulai didirikan dan membuat iklan hadir dalam bentuk audio. Padatahun 1950an iklan hadir di televise berkat DuMont Television Network yang meluncurkan aktivitas untuk menjual iklan dalam waktu tertentu.
Ada beberapa jenis iklan yang beredar hingga ketika ini. dikarenakan perkembangan teknologi iklan juga mengalami banyak perubahan. Berikut beberapa jenis iklan berdaarkan isinya :
- Iklan Niaga
Iklan niaga berisi wacana penawaran produk ke masyarakat.Iklan ini bertujuan menggoda masyarakat untuk menggunakan produk yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
- Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat memberikan penerangan akan suatuhal. Iklan ini bertujuan untuk memberikan klarifikasi kepada masyarakat akan suatu hal menyerupai iklan 3D untuk mengidentifikasi uang palsu.
- Iklan Pengumuman
Iklan ini berisi pemberitahuan atau permintaan kepada masyarakat sebagai referensi iklan reuni akbar atau seminar dan sebagainya.
Iklan sekarang tak terbatas pada radio maupun televise saja namun juga secara online yang disebarkan melalui social media. Iklan melaluisocial media juga dinilai lebih murah ketimbang memasang iklan di televise maupun radio. Adapun syarat-syarat iklan diantaranya adalah tidak SARA,menyinggung atau menyakiti orang lain. Iklan juga harus obyektif, terang dan padat sehingga gampang dipahami oleh orang lain.
Kiat Membuat Iklan Yang Efektif
Dalam membuat iklan yang efektif tentu bukanlah pekerjaan mudah. Iklan juga kerap dipandang sebelah mata lantaran sering menyajikan konten yang dilebih-lebihkan. Ditambah perkembangan dunia digital yang semakin berkembang membuat iklan digital begitu diminati. Alhasil banyak pula yang menggunakan iklan digital untuk menunjukkan produk dan membuat competitor baru. Untuk itu anda dituntut membuat iklan yang efektif sehingga masyarakat tertarik pada produk yang ditawarkan dan tidak pindah ke lain hati.
Lakukan Riset Pasar Sebelum Beriklan
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah riset pasar.Dengan melaksanakan riset pasar anda bisa mengetahui demam isu ketika ini. Anda juga bisa mengetahui keinginan yang diinginkan konsumen dari profil mereka dan disampaikan melalui iklan produk anda. Lakukanlah riset pasar secara bersiklus supaya iklan yang anda tampilkan nanti tak hanya bisa menarik pelanggan setia namun juga pelanggan baru.
Be Creative!
Dalam membuat iklan juga butuh kreativitas sehingga iklan yang dihasilkan menarik. Dengan membuat iklan yang kreatif maka akan gampang diingat oleh pasar. Jika iklan anda bisa viral maka tak sulit untuk menghimpun pelanggan baru. Konten visual yang anda buat bisa mempengaruhi penjualan dan masa depan perusahaan.
Selektif Dalam Berpartner
Dalam beriklan biasanya anda mempunyai partner atau platformuntuk menempatkan iklan yang anda buat. Tentunya platform ini haruslah mempunyai banyak anggota sehingga iklan anda bisa dilihat oleh banyak orang. Misalnya saja platform youtube maupun Google Adwords yang memang mempunyai user dalam jumlah yang amat besar dan tersebar di seluruh dunia.
Beri Penawaran Terbaik
Siapa sih konsumen yang tidak menyukai tawaran? Dengan memberikan penawaran terbaik anda akan membuat konsumen bahagia dan setiaberbelanja produk yang anda tawarkan. Penawaran ini tak harus setiap hari tetapi alangkah baiknya jikalau ada terlebih ketika produk terbilang masih gres dipasaran. Penawaran yang dimaksud bisa berupa gratis pengiriman, cuilan harga atau bahkan sampel gratis.
Jangan Lupa Manfaat dan Latar Belakang Produk
Tidak hanya membuat konten yang kreatif dan menarik namun apa yang disampaikan juga harus berkesan. Jangan lupa untuk memberikan manfaat produk anda dan alasan kenapa konsumen perlu membeli produk anda. Berikan alasan yang kuat kenapa produk anda harus segera dimiliki konsumen lantaran konsumen bisa saja lupa akan produk anda lantaran waktu iklan yang relative pendek.Anda bisa membuat urgensi pada produk anda contohnya hanya memproduksi produk dengan model tersebut dalam jumlah yang terbatas.
Jangan Gunakan Kalimat Yang Itu-Itu Aja
Saat membuat iklan hindari menggunakan kalimat yang itu-itu aja apalagi memulai iklan dengan pertanyaan standar. Iklan yang gampang sekali ditebak tidak membuat penonton atau pembacanya merasa tertarik untuk membeliproduk anda. Hal ini lantaran competitor anda juga menayangkan iklan yang serupa. Buatlah kalimat yang singkat namun berkesan sehingga akan teringat-ingat dibenak konsumen. Untuk membuat iklan anda terlihat eyecatching bisa menambahkan media grafis menyerupai gambar dalam iklan anda.
Pakai Testimoni
Menambahkan testimoni pada iklan anda akan bisa menaikkan kepercayaan konsumen akan produk anda. Iklan biasanya ditampilkan dengan visualisasi yang terbaik dan kalimat persuasive didalamnya. Untuk menjadiproduk yang berbeda dengan produk sejenis lainnya anda bisa menggunakan review konsumen untuk menarik lebih banyak konsumen baru. Adanya review ini juga menjadi tolak ukur atau dasar pertimbangan konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan.
Perhatikan Desain Iklan Yang Digunakan
Desain iklan juga perlu diperhatikan mulai dari pemilihanwarna, ukuran font hingga gambar yang digunakan. Hindari kesalahan penulisan untuk mengurangi kesalahpahaman makna yang ingin disampaikan oleh iklan yang dibuat. Selalu cek dengan teliti kesempurnaan iklan anda mulai dari penulisan dan pemilihan desain grafis maupun warna.
Kesalahan Iklan Anda Gagal Di Pasaran
Tak semua iklan bisa menjadi sentra perhatian khalayak. Alasannya bermacam-macam mulai dari kesalahan dari isi konten hingga teknis dari iklan itu sendiri. Berikut beberapa kesalahan umum yang ada pada iklan sehingga gagal dipasaran :
Iklannya Terlalu Seragam
Dalam beriklan cobalah untuk tidak membuat iklan yang seragam menyerupai milik competitor anda. Membuat konten yang sama hanya akan membuang uang dan tenaga anda saja lantaran konten yang dihasilkan sama saja.untuk mebuat calon konsumen peduli dengan iklan anda maka anda harus membuat iklan anda sendiri menjadi sentra perhatian. Bisa saja dengan menggunakan storyboard yang mengangkat topic yang sedang ngetrend.
Klaim Produk Yang Tak Bisa Dibuktikan
Memang benar iklan biasa dibentuk secara berlebihan dengan visualisasi yang tak sesuai dengan kenyataan. Walaupun begitu klaim produk andatak tepat jikalau tidak sesuai yang menyerupai anda ungkapkan. Konsumen ketika inisangatlah cerdas dan cenderung skeptis sehingga tak sedikit yang mewaspadai klaim penjual. Untuk itu anda wajib memberikan manfaat produk yang anda miliki sesuai dengan kenyataan. Hal ini juga kuat pada gambaran produk dan reputasi merk anda di masa depan.
Tak Melakukan Uji Kualitas Iklan
Tidak hanya gambar atau foto produk anda saja yang perlu diuji kualitasnya namun juga iklan berupa video. Terkadang kualitas gambar yang jelek akan membuat mereka yang melihatnya juga ikut terganggu. Untuk itu penting bagi anda untuk mengecek iklan beberapa kali sebelum diperlihatkan ke khalayak umum.
Tak Menentukan Target Audiens
Dalam membuat iklan yang efektif perlu pula memperhatikantarget audiens. Dengan mengacuhkannya maka jangan harap jikalau iklan anda akan sukses memasarkan produk yang ditawarkan. Dengan menentukan sasaran audiens maka anda juga bisa menentukan tema yang tepat untuk diusung menjadi materi iklan. Konten yang sesuai dengan sasaran audiensnya akan bisa meningkatkan penjualan dari produk yang anda tawarkan.
Mengandung SARA dan Hoaks
Bisa saja iklan anda tak berhasil di pasaran lantaran tanpa sadar telah mengandung SARA atau hoaks. Tak hanya bisa membuat iklan gagal namun anda juga bisa terancam undang-undang ITE. Kasus iklan yang mengandung SARA ini juga pernah dialami beberapa merk terkenal. Alhasil reputasi atas merk tersebut juga ikut turun dan membuat produk anda mengalami penurunan penjualan.
Terlalu Vulgar
Iklan anda bisa saja gagal di pasaran lantaran dinilai terlalu vulgar. Jika produk yang anda tawarkan merupakan produk untuk secualitas maka penting menentukan platform dan waktu yang tepat untuk mempostingnya. Iklan yang terlalu vulgar tentu akan menuai protes jikalau tidak hati-hati dalam mempublikasikannya. Hal ini lantaran bisa saja bawah umur juga melihat iklan anda dan membuat para orang renta tak nyaman.
Kesalahan Typo dan Warna
Iklan bisa saja gagal lantaran kesalahan typo maupun pemilihan warna yang tidak tepat. Meskipun sepele namun bisa saja membuat beberapa orang tak nyaman melihatnya sehingga tidak tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan. Apalagi kesalahan typo ini bisa menyebabkan salah arti yang cukup parah jikalau dibiarkan. Untuk itu penting bagi anda mengecek konten sebelum dipublikasikannya.
Strategi Pemasaran Secara Online
Kemudahan pemasaran secara online mendorong banyak pebisnis berpindah dari promosi tradisional menjadi promosi digital. Ada beberapa keunggulan yang didapatkan dari pemasaran online yakni iklan berlangsung 24 jam, tidak terbatas waktu dan tepat serta biayanya yang juga lebih murah. Untuk membuat iklan online anda menjadi viral di dunia maya bisa dengan mengikuti beberapa trik berikut ini :
Gunakan Hashtag
Hashtag merupakan tagar pagar yang diikuti perkataan tanpa jarak yang sering digunakan dalam social media. Dengan menggunakan hashtag andajuga bisa mendatangkan follower ke akun social media yang anda miliki. Hashtag juga memudahkan netizen untuk menemukan konten yang anda posting.
Iklan Tak Mesti Dalam Bentuk Poster
Iklan tak harus dibentuk dalam bentuk gambar anda bisa menggunakan media video dengan menampilkan review konsumen. Tak jarang mengangkat tema komedi jauh bisa membuat banyak orang tertarik menyimak iklan anda hingga akhir. Ditambah lagi dengan slogan yang unik dan tak biasa akan gampang membuat iklan anda cepat menjadi viral.
Gunakan Tokoh Terkenal Sebagai Bintangnya
Selanjutnya anda bisa menggunakan tokoh populer sebagai bintang iklan yang anda buat. Tokoh populer ini bisa dari kalangan pemain film, selebgram maupun youtuber yang mempunyai banyak pengikut dalam channelnya. Pilihlah tokoh populer yang bisa mengangkat gambaran dari produk yang anda tawarkan. Walau kelihatannya sepele namun salah menentukan bintang iklan bisa pula merusak reputasi produk.
Gunakan Strategi Endorse Untuk Meningkatkan Follower
Anda juga bisa menggunakan taktik endorse yang sekarang memudahkananda untuk meningkatkan follower media social toko anda. Fee untuk setiap tokoh populer yang anda ajak kolaborasi untuk endorse tentu berbeda satu denganlainnya. Biasanya jikalau tokoh public yang ditunjuk mempunyai jumlah pengikut besar maka tinggi pula fee yang dikenakan. Endorse ini juga dipengaruhi durasi waktu sehingga pastikan anda mendapat penawaran endorse terbaik.
Memposting Iklan Di Waktu Yang Tepat
Ada jam – jam tertentu yang bisa anda andalkan dalam memposting konten iklan di media social anda. Waktu yang paling tepat untuk memposting konten adalah ketika jam istirahat contohnya pada jam makan siang yakni 12.00-13.00. Anda juga bisa memposting konten pada jam – jam pulang kerja yakni pada pukul 17.00-18.00. dengan menentukan jam ini maka kesempatan retweet akan sangat tinggi sehingga iklan anda bisa lekas dikenal.
Meme Sekarang Bisa Makara Aletrnative Iklan Tak Biasa
Untuk mendekatkan kepada pengguna internet yang lebih banyak didominasi anak muda anda bisa menggunakan iklan yang berkonsep meme. Meme kocak sangat cepat diterima pasar dan mendorong produk gampang dikenal. Tak heran jikalau content creator khususnya yang mempunyai konten komedi sering kebanjiran order iklan produk untuk diendorse.
Sisipkan Kuis
Tak jarang beberapa perusahaan menyisipkan kuis dalam iklannya untuk meningkatkan penjualan mereka. Tak ada salahnya jikalau anda juga mengikuti taktik ini sekaligus mengetahui apakah iklan yang anda buat cukup efektif atau tidak. Beberapa orang membeli suatu produk tak hanya lantaran kebutuhan namun juga adanya hadiah atau ambisiuntuk memenangkan kontes yang diselenggarakan oleh produsen.
Tak Hanya Iklan Produk Saja, Berbagilah Pengetahuan
Iklan memang penting untuk memperkenalkan produk anda kemasyarakat namun ingat bahwa konsumen juga modah bosan. Terkadang anda perlu memposting konten yang bersii pengetahuan menyerupai video tutorial dan tips-tips terkait penggunaan produk yang anda tawarkan. Anda juga bisa menyebarkan pengetahuan wacana sejarah yang masih terkait dengan produk yang anda tawarkan.
Pakai Akun Media Sosial Khusus Bisnis
Kini media social menyerupai instagram, facebook maupunwhatsapp juga mempunyai platform khusus yang difungsikan untuk bisnis. Dengan menggunakan akun khusus bisnis ini iklan yang anda buat bisa muncul diseluruh pengguna media social tersebut. Hal ini berbeda jikalau anda menggunakan akun media social biasa maka hanya pengikut anda saja yang bisa menyimak iklan yang anda bagikan. Selain iklan untuk meningkatkan penjualan produk anda juga perlu memperhatikan kualitas dari produk yang anda tawarkan. Janganhanya berfokus pada iklan namun mengesampingkan factor lainnya menyerupai pelayanan kepada konsumen, kualitas produk hingga distribusinya
Sumber https://carajadikaya.com
0 Response to "Cara Menciptakan Iklan Yang Efektif"
Posting Komentar