Cara Memakai Filter Dan Advanced Filter Dalam Microsoft Excel
Filter disini yaitu saringan jadi dalam Microsoft Excel Fungsi dari Filter yaitu untuk menyaring data menurut criteria tertentu.
Contoh kasus. Anda memiliki data siswa seluruh sekolah, anda diminta untuk membagi data siswa tiap jurusan, dalam salah satu kolom yang sudah anda buat terdapat cell yang isinya juruan akan tetapi masih tersusun secara acak. Bagaimana anda sanggup menyajikan data per jurusan ketika disajikan data secara acak.
Filter dalam Microsoft Excel |
Misalnya saja data diatas yaitu data seluruh siswa di Sekolah Menengah kejuruan 1 Pantirejo, dan akan kita buat data siswa per jurusan menurut kolom Jurusan, maka anda akan menentukan milih jurusan tersebut. Tidak mungkin anda akan melakukannya secara manual alasannya yaitu biasanya tiap sekolah siswanya hingga ribuan. Nah Bagaimana caranya, jawabannya yaitu dengan memakai Filter Pada Ms.excel
Filter pada ms.excel
1. Blog semua range cell yang akan kita saring/ filter. Misalnya pada masalah diatas yaitu dari D2 hingga D19.
2. Pilih sort and filter lalu pilih Filter. Setelah itu pada cell D2 akan terdapat tanda segitiga yang akan dijadikan pilihan menentukan /memfilter.
Filter dalam Microsoft Excel |
3. Pilih tiap jurusan
Filter dalam Microsoft Excel |
Misalnya saja kita menentukan jusan yang AKUNTANSI terlebih dahulu maka akhirnya semua siswa yang jurusan AKUNTANSI yang berada di kolom JURUSAN. Dan pada dikala ini kita gunakan COPY PASTE pada sheet gres yang dinamakan AKUNTANSI.
Filter dalam Microsoft Excel |
Advanced Filter
Setelah menguasai Filter dalam MS.excel kita mungkin akan lebih gampang menciptakan data dalam Microsoft Excel. Akan tetapi ada hal yang lebih menciptakan kita lebih gampang dalam menciptakan data yaitu dengan memakai Advanced filter pada ms.excel. Dengan Advanced filter akan memberi kesempatan menciptakan filter dengan dua criteria. Bagaimana maksud dua criteria atau lebih dalam advanced filter ini. Kelihatannya kita harus eksklusif praktek pada kasus.
Advanced filter pada ms.excel |
Perhatikan table diatas, anda disuruh atau membutuhkan sebuah table yang isinya yaitu data data siswa yang masuk jurusan AKUNTANSI dan Siswa tersebut yaitu laki laki. Berarti ada dua criteria yang kita perlukan yaitu AKUNTANSI dan Laki – laki. Dan mungkin table yang gres anda buat tadi tidak ada Kolom Kode – nya. Nah inilah Advanced filter digunakan.
Langkah langkah advanced filter pada ms.excel.
1. Klik DATA
2. Pilih Advanced filter
3. Akan muncul kotakan menyerupai dibawah ini.
Advanced Filter dalam Microsoft Excel |
List range = yaitu data atau table sumber yang akan kita filter, untuk masalah ini berarti kita akan memakai table seluruh siswa Sekolah Menengah kejuruan 1 PANTIREJO
Criteria Range = dipakai untuk menciptakan Criteria apa yang akan kita buat dalam menciptakan table pada .
Copy to = dimana anda akan meletakkan hasil dari advanced filter yang baru.
4. Membuat criteria range.
Criteria range yaitu table gres yang isinya kita ubah menurut kebutuhan. Perhatikan kalau kita menciptakan criteria range menyerupai ini.
Advanced Filter dalam Microsoft Excel |
Pada table diatas berarti anda akan mendapat siswa yang jurusannya yaitu AKUNTANSI DAN berjenis kelamin laki laki.
5. isikan menyerupai pada gambar dibawah ini.
Advanced Filter dalam Microsoft Excel |
Perhatikan
Pastikan List Range yaitu table sumber, untuk masalah kali ini yaitu kolom yang saya kotaki hitam Criteria range yaitu criteria dari filter untuk masalah ini yaitu memiliki dua criteria menurut table yang saya garis hijau, berarti ada dua criteria yaitu Jurusan Akuntansi dan Laki laki Unuk Copy to anda sanggup mencari ke daerah yang kosong.
Hasil simpulan kalau anda melaksanakan Advanced filter dengan bena yaitu menyerupai ini.
Advanced Filter dalam Microsoft Excel |
Sumber http://lihaimsoffice.blogspot.com
0 Response to "Cara Memakai Filter Dan Advanced Filter Dalam Microsoft Excel"
Posting Komentar