iklan banner

7 Langkah Mengatur Keuangan Perjuangan Supaya Rapih Dalam Pembukuan

Ketika memulai perjuangan yang gres dijalankan, sudah niscaya kau mengalami persoalan keuangan. Masalah ini merupakan persoalan umum yang selalu di alami oleh pengusaha-pengusaha pemula di Indonesia bahkan di dunia. Mereka kadang masih abai dalam mengatur keuangan. Padahal mengatur keuangan perjuangan ialah hal penting.


Mengatur keuangan bukanlah kasus mudah. Bahkan untuk mengatur keuangan langsung saja sulit. Ada tips & trik yang memang harus diterapkan untuk bisa mengelola keuangan. Memiliki pendapatan besar, belum tentu bisa mengatur keuangan dengan baik. Banyak orang yang mempunyai pendapatan besar, namun mereka tidak sanggup mengatur keuangan pribadinya dengan baik. Apa lagi mengatur keuangan perjuangan yang sangat-sangat riskan.


SolusiUkm akan memperlihatkan beberapa kiat, tips & trick biar kau para pengusaha bisa mengelola keuangan perjuangan dengan baik dan benar. Sehingga perjuangan kau bisa terpantau secara terus menerus hingga bisnis kecil kau menjadi bisnis yang besar.


Tips & Trik Mengatur Keuangan Bisnis Kecil


Jangan Pernah Mencampuradukan Uang Bisnis dengan Uang Pribadi


Banyak pengusaha pemula yang sering melaksanakan hal ini. Padahal akan sangat menganggu jalannya bisnis ke depan. Kamu harus bisa memisahkan antara uang bisnis dengan uang pribadi. Jangan pernah mencampuradukan antara keduanya. Apabila kau melaksanakan transaksi melalui layanan perbankan, kau wajib untuk menciptakan rekening tersendiri khusus bisnis.


Jangan pernah biarkan mencampurkan uang langsung dengan uang bisnis kamu. Hal ini akan sangat menganggu bisnis yang kau miliki. Banyak pengusaha yang gagal alasannya tak bakir dalam mengatur keuangan bisnis mereka. hingga menciptakan bisnis yang gres mereka kelola beberapa ketika gulung tikar. Meskipun kau pemula, kau WAJIB memisahkan uang langsung dan uang usaha.


Buatlah Catatan


Sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh pengusaha pemula dalam menjalankan usahanya pertama kali ialah tidak pernah menciptakan catatan. Padahal catatan ini sangat penting bagi perjuangan yang kau miliki. Apabila kau mengabaikan pencatatan, kau tidak akan pernah tahu bagaimana keuangan perjuangan kau berputar.


Cobalah mulai hari ini, kau menciptakan sebuah catatan. Mulai dari catatan pengeluaran, dan catatan pemasukan. Serta jangan lupa untuk mencatat stok barang yang tersisa. Agar kau bisa memantau pergerakan barang serta pergerakan uang. Meskipun uang yang keluar hanya berjumlah Rp 100, maka itu wajib kau catat. Sehingga kau bisa menghitung sisa uang, hutang yang ada.


Buat Perencanaan Keuangan


Pengusaha yang baik ialah pengusaha yang bisa mengatur keuangan perjuangan dengan perencanaan yang baik. Ketika kau sudah mulai menjalankan perjuangan atau akan menjalankan usaha, cobalah kau susun perencanaan keuangan secara matang. Jangan hingga kau tidak mempunyai perencanaan keuangan.


Ketika memulai perjuangan yang gres dijalankan 7 Langkah Mengatur Keuangan Usaha Agar Rapih dalam Pembukuan


Misal, buatlah daftar pengeluaran selama satu bulan penuh. Hal ini demi menunjang total biaya yang akan kau keluarkan selama satu bulan penuh. Jika ada pengeluaran yang bisa ditekan dan dihindari, maka hindari lah pengeluaran tersebut. Memiliki perencanaan keuangan ialah cara terbaik dalam mengatur keuangan usaha.


Hindari Berhutang


Banyak pengusaha yang selalu ingin perjuangan yang dijalankannya selalu bergerak. Apapun caranya ditempuh, menyerupai dengan jalan berhutang. Berhutang boleh saja, asalkan kau bisa mempunyai laba yang cukup dalam membiayai biaya operasional juga dalam mencicil hutang yang kau miliki.


Namun kalau hal tersebut tidak bisa kau lakukan dengan baik, maka jangan dilakukan. Sebab hal itu hanya akan menciptakan kau sulit dalam mengatur keuangan perjuangan dengan baik. Apa lagi kau harus membagi jumlah laba dengan mencicil hutang. Tak persoalan membangun bisnis secara pelan-pelan. Karena dalam berbisnis yang nikmat itu ialah prosesnya.


Mengontrol Arus Kas


Arus kas atau cashflow ialah hal penting dalam bisnis. Dalam mengatu keuangan usaha, kau juga harus bisa mengatur arus kas usaha. Arus kas perjuangan ini akan memantau jumlah uang masuk dan keluar. Harusnya arus kas perjuangan bisa menjadi salah satu cara pengusaha untuk mengontrol dan memantau pergerakan keuangan perjuangan yang dimiliki.


Jangan Lupa Untuk Menggaji Diri Sendiri


Selanjutnya yang bisa kau lakukan untuk mengatur keuangan perjuangan ialah dengan menggaji diri sendiri. Sisihkanlah laba yang kau peroleh untuk bisa mengaji diri kau sendiri. Sehingga kau bisa mengambil dari jumlah laba yang kau dapatkan. Jangan hingga kau malah mengambil keseluruhan laba untuk menggaji diri kau sendiri.


Tidak seluruh laba harus kau ambil. Karena kau harus menyisihkan sedikit laba untuk pengembangan usaha, dana darurat, maupun untuk biaya operasional. Karena kau tidak akan tahu kapan kau akan membutuhkan dana darurat tersebut. Inilah pentingnya mengatur keuangan dengan baik.


Menggunakan Accurate Online


Dalam mengatur keuangan usaha, kau akan menerapkan sistem akuntansi pada bisnis. Mungkin kau tidak mempunyai kemampuan atau ilmu akuntansi, maka dari itu kau wajib menggunakan software pembukuan Accurate Online biar kau bisa dengan gampang dalam melaksanakan pencatatan dan melaksanakan sistem akuntansi pada bisnis kamu.


Apa lagi kalau kau tidak mempunyai kemampuan akuntansi, maka kau akan sangat sulit dalam menghitung arus kas, dan biaya-biaya lain. Dengan Accurate Online kau bisa gampang mengatur keuangan usaha. Mulai dari penjurnalan, pembukuan, hingga membuat laporan keuangan bisa kau lakukan pada satu aplikasi saja. Hal itu bisa dilakukan dengan mudah.


Dengan Accurate Online pun kau bisa dengan gampang menciptakan laporan pajak usaha. Sebab berbagai pengusaha yang tidak paham mengenai perpajakan, namun kalau kau sudah menggunakan Accurate Online untuk usaha, maka kau sudah tidak perlu khawatir lagi dengan persoalan perpajakan usaha.


Banyak sekali pengusaha yang tidak mengatur keuangan usahanya dengan baik, hal itu akan menyebabkan perjuangan yang kau miliki tidak mempunyai arah. Keuangan ialah persoalan penting dalam usaha, sehingga kau harus bisa mengatur keuangan dengan baik, sehingga perjuangan kau menandakan progres yang baik juga.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "7 Langkah Mengatur Keuangan Perjuangan Supaya Rapih Dalam Pembukuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel