iklan banner

Yuk Intip 10 Jenis Macam Macam Tanaman Hidroponik Ini

Macam macam tumbuhan hidroponik – Hidroponik merupakan suatu metode bercocok tanam tanpa memakai media tanah. Tujuannya ialah untuk memaksimalkan penggunaan nutrisi dan mineral pada tumbuhan sehingga sanggup tumbuh subur dan lebih sehat. Dengan memakai sistem berkebun hidroponik ini, dimana saja Anda membudidayakan macam macam tumbuhan hidroponik. Tanaman hidroponik sanggup tumbuh dengan baik selama asupan nutrisi air serta mineralnya terpenuhi. Lalu macam macam tumbuhan hidroponik apa saja yang cocok untuk ditanam dengan memakai sistem ini?


artikel hidroponik lainnya: Media Tanam Hidroponik Sederhana Baca Di Sini


Macam macam tumbuhan hidroponik yang sanggup Anda budidayakan diantaranya yaitu tumbuhan buah-buahan dan sayuran. Hampir semua jenis tumbuhan intinya sanggup di tanam dengan hidroponik. Konsep dalam berkebun hidroponik bukan hanya sekedar yang penting tumbuh, namun hidroponik mengangkat konsep user friendly serta mempunyai perputaran (recurrung) yang cepat. Berikut ini macam macam tumbuhan hidroponik yang sanggup Anda budidayakan di pekarangan rumah.


Buncis


Buncis merupakan macam macam tumbuhan hidroponik pertama yang kami bahas. Kandungan gizi yang dimiliki oleh buncis mirip vitamin A, B, C dan protein nabati inilah yang mengakibatkan buncis dikenal oleh masyarakat luas. Buncis juga merupakan tumbuhan yang gampang hidup, itu sebabnya kebanyakan petani di Indonesia lebih menentukan membudidayakan tumbuhan buncis ini. Selain itu seruan buncis juga cukup tinggi sehingga para petani meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pembudidayaannya dengan memakai hidroponik.


Bayam


Macam macam tumbuhan hidroponik kedua ialah bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran daun atau sayuran hijau yang paling sering dijumpai di masyarakat baik dipasar maupun di warung-warung penjual sayuran. Bayam sangat terkenal di Indonesia alasannya ialah mempunyai kandungan gizi yang terbilang sangat luar biasa. Kandungan gizi yang di miliki sayuran ini diantaranya ialah sebagai yaitu magnesium, protein, kalsium, dan serat.


 Hidroponik merupakan suatu metode bercocok tanam tanpa memakai media tanah Yuk Intip 10 Jenis Macam Macam Tanaman Hidroponik Ini
Macam macam tumbuhan hidroponik – Tanaman bayam

Brokoli


Brokoli merupakan jenis tumbuhan yang serupa dengan Kol dan mempunyai banyak kandungan nutrisi penting didalamnya. Tanaman ini umumnya tumbuh pada ketinggian 800-1000 mdpl. Seiring perkembangan teknologi pertanian, tumbuhan ini sanggup dibudidayakan di mana saja mulai dataran tinggi sampai dataran rendah. salah satu teknologi pertanian yang tidak memandang animo dan ketinggian suatu tempat ialah memakai hidroponik. Tanaman ini sangat baik untuk budidaya hidroponik.


Selada hijau


Selada merupakan salah satu jenis tumbuhan sayuran daun yang sanggup dibudidayakan di tempat dengan iklim sedang ataupun iklim tropis. Selama ini jenis tumbuhan selada sering dijadikan rajanya salad, alasannya ialah sayuran ini mempunyai tekstur yang halus. Daun selada biasanya dikonsumsi secara mentah dan umumnya ditemukan pada salad hamburger.


Permintaan selada di pasar sangatlah tinggi, oleh lantaran itu menanam selada ialah salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Selada juga sangat cocok ditanam dengan budidaya hidroponik dan hasil yang diperoleh juga lebih baik, lebih renyah serta lebih efisien dalam pembudidayaannya.


Kailan


Kailan merupakan jenis sayuran yang mirip dengan sayuran sawi, sayuran ini tidak sepopuler sawi di dunia kuliner. Sebab masakan ketika ini lebih familiar dengan jenis sayuran sawi dan kangkung. Kailan atau yang lebih bayak dikenal dengan sebutan brokoli China ini berasal dari negara China. Sayuran ini mempunyai daun serta batang yang tebal berwarna hijau. Bunga dari tumbuhan ini sering diolah menjadi banyak sekali jenis masakan terutama masakan yang di tumis.


Kangkung


Kangkung merupakan jenis  sayuran daun atau sayuran hijau yang sangat terkenal di Indonesia. Sayuran kangkung ini sangat gampang didapatkan, baik di pasar, warung sayuran bahkan pedagang sayuran keliling pun sering menyediakan sayuran ini sebagai hidangan dagangan mereka. Untuk mendapat sayuran kangkung ini Anda juga sanggup menanam sendiri, alasannya ialah intinya budidaya tumbuhan sayuran kangkung ini sangat gampang apa lagi kalau memakai hidroponik. Tanaman ini juga gampang tumbuh dan sanggup dilakukan oleh siapa saja meskipun Anda bukanlah seorang petani yang mengerti banyak wacana tanaman.


Pare


Pare merupakan jenis sayuran buah yang merambat, buah pare berwarna hijau serta mempunyai rasa yang sangat pahit. Yang mengherankan ialah pare dengan rasa yang pahit ini sangat digemari di Indonesia. Hal ini disebabkan pare mempunyai kandungan gizi yang terbilang sangat luar biasa diantaranya yaitu vitamin A, vitamin C, zat besi dan fosfor.


Apabida dibudidayakan dengan memakai teknik budidaya hidroponik yang sesuai, maka tumbuhan ini sanggup menghasilkan buah pare sebanyak 10 kg /tanaman. Jenis tumbuhan ini tergolong tumbuhan yang paling produktif apabila dibandingkan dengan jenis sayuran yang lainnya.


Pakcoy


Pakcoy merupakan salah satu jenis sayuran daun yang tergolong dengan sayuran jenis sawi. Sayuran ini dikatakan sebagai sawi sendok alasannya ialah bentuk dari tumbuhan ini ibarat sendok. Pakcoy sanggup dipakai sebagai materi pembuatan sop atau sebagai garnis makanan


Sawi hijau


Sawi merupakan salah satu dari macam macam tumbuhan hidroponik yang sangat familiar. Kebutuhan sawi di pasar terus meningkat, hal ini menciptakan sebagian besar petani berfikir cara memenuhi kebutuhan pasar yang kian hari terus meningkat. Salah satu caranya ialah meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam budidaya sawi, caranya yaitu dengan membudidayakan sawi memakai hidroponik.


Terdapat banyak sekali macam jenis sayuran sawi yang sanggup Anda budidayakan dengan menggunkan hidroponik, namun jenis sawi yang paling gampang serta paling efisien yaitu jenis sawi hijau. Tentunya apabila ada cara yang gampang serta lebih mengguntungkan mengapa tidak di coba ?


Timun


Timun atau ketimun merupakan jenis sayuran buah yang paling banyak di jumpai di di warung-warung makan di Indonesia. Baik itu sebagai lalapan, maupun dibentuk manisan ataupun dibentuk sebagai acar. Timun sanggup dibudidayakan dengan banyak sekali teknik atau metode. Namun untuk meingkatkan efektifitas serta efisiensi, disarankan memakai hidroponik.


 Hidroponik merupakan suatu metode bercocok tanam tanpa memakai media tanah Yuk Intip 10 Jenis Macam Macam Tanaman Hidroponik Ini
Macam macam tumbuhan hidroponik – Timun hidroponik

Demikian 10 macam macam tumbuhan hidroponik yang biasa dibudidayakan. Semoga bermanfaat dan menunjukkan ilham kepada Anda untuk berkebun hidroponik.


artikel terkait hidroponik: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik, Cek Di Sini




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Yuk Intip 10 Jenis Macam Macam Tanaman Hidroponik Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel