iklan banner

7 Trik Berhemat Jitu Bagi Startup Di Tahun Pertama

Pertumbuhan startup di tanah air memang terbilang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Selalu ada saja startup terbaru yang bergerak di aneka macam bidang, mulai dari financial technology (fintech) sampai pertanian. Geliat startup di tanah air juga semakin istimewa lantaran ada beberapa startup yang berhasil mencapai status unicorn, yaitu Tokopedia, BukaLapak, Gojek, dan Traveloka.


Meskipun berbagi startup tampak gampang dan menyenangkan, tetap saja startup harus berhemat secara efektif pada tahun-tahun pertamanya. Apa lagi kalau startup yang didirikan memakai sistem boothstrap.


Kalau ketika ini Anda gres mulai merintis startup, trik-trik berhemat berikut ini tentu bermanfaat bagi startup Anda:


Fokus Melakukan Riset daripada Berkompetisi


Kemenangan dalam kompetisi antar startup memang mengagumkan. Itulah sebabnya banyak startup berlomba-lomba mengikuti pitching. Namun, bahwasanya Anda tidak harus melakukannya demi berbagi startup secara maksimal.


Sebagai gantinya, Anda sanggup melaksanakan riset pasar untuk mencari tahu wacana tren dan kebutuhan masyarakat. Hasil riset tersebut sanggup menjadi kekuatan tersendiri untuk berbagi startup yang berorientasi kepada pelanggan dan kebutuhan masyarakat.


Mempekerjakan Karyawan Magang


Karyawan magang sanggup menunjukkan bantuan besar bagi perkembangan startup Anda. Kini, Anda tak akan kesulitan menemukan mahasiswa yang ingin magang di startup Anda. Sebab para mahasiswa memang diharuskan melaksanakan kerja praktik sebagai salah satu syarat kelulusan kuliah.


Para mahasiswa biasanya juga mempunyai wangsit cemerlang yang tak kalah dibandingkan karyawan senior. Bonusnya, Anda sanggup berhemat secara maksimal ketika mempekerjakan karyawan magang. Karena biasanya honor karyawan magang tidak sebesar karyawan tetap. Sehingga sanggup cukup menghemat pengeluaran Anda.


Berinvestasi pada Sistem Internal


Suatu startup harus mempunyai sistem internal yang memadai semoga sanggup bersaing dengan kompetitor lainnya. Salah satu sistem penting yang harus Anda siapkan semenjak awal yaitu pengelolaan laporan keuangan. Accurate Online hadir sebagai platform pembukuan berbasis cloud. Proses pengoperasiannya gampang dan fiturnya sangat lengkap untuk mendukung urusan keuangan startup Anda. Bahkan, Anda sanggup mengintegrasikan Accurate Online dengan aplikasi lainnya semoga proses transaksi keuangan semakin praktis.


Penggunaan Accurate Online yaitu salah satu bentuk investasi berharga pada sistem internal startup Anda. Karena proses pengelolaan keuangan yang akurat dan sistematis yaitu kunci untuk berbagi startup secara maksimal. Proyeksi laba yang diperoleh startup pun sanggup diinterpretasikan dengan terang melalui sistem laporan keuangan yang transparan.


Tak Harus Langsung Menyewa Kantor Besar


Tahun-tahun pertama startup memang menjadi awal usaha yang terbilang berat. Oleh lantaran itu, Anda dan tim harus berhemat semaksimal mungkin. Salah satunya yaitu dengan menunda keputusan untuk menyewa kantor besar.


di tanah air memang terbilang pesat dalam beberapa tahun terakhir 7 Trik Berhemat Jitu Bagi Startup di Tahun Pertama


Sebagai gantinya, Anda masih sanggup menyewa coworking space yang lebih hemat dan letaknya strategis. Kini, banyak coworking space di kota-kota besar yang siap disewa setiap saat. Proses operasional di coworking space akan menciptakan startup Anda lebih hemat dan tetap terkesan profesional.


Tak Perlu Memiliki Kantor Sebagus Start Up Unicorn


Hampir para pengusaha Start Up ingin menunjukkan karyawan daerah terbaik. Namun, kalau keuangan Anda masih terbatas tidak perlu mempunyai kantor sebagus start up besar dengan tampilan modern sampai daerah hiburan. Karena ini akan memboroskan budget operasional Anda.


Jika Anda mempunyai kantor sendiri meskipun berbentuk rumah, Anda sanggup mendesain kantor semoga terlihat lebih modern dan tampil kekinian untuk meningkatkan semangat para karyawan. Sehingga ini sanggup lebih menghemat budget yang harus Anda keluarkan.


Sistem Kerja Remote bagi Sebagian Karyawan


Tak semua pekerjaan harus diselesaikan dengan cara tiba ke kantor. Kecanggihan teknologi menciptakan sebagian pekerjaan sanggup diselesaikan secara remote. Karyawan Anda tak perlu sering-sering tiba ke kantor demi menuntaskan pekerjaan.


Sistem kerja remote memang cukup efektif diterapkan pada beberapa tim dalam startup. Anda tak perlu menyewa coworking space berkapasitas besar kalau sebagian karyawan lebih sering bekerja secara remote. Reimbursement untuk transportasi karyawan juga sanggup diminimalkan. Karyawan Anda jadi lebih produktif lantaran waktu dan tenaganya tidak habis untuk perjalanan pergi dan pulang kerja.


Menerapakan Prinsip Hemat


Memiliki nilai-nilai hemat pada perusahaan merupakan hal penting yang sanggup Anda lakukan di awal-awal Start Up milik kau berkembang. Hindari membeli barang-barang yang menciptakan keuangan perusahaan semakin menurun.


Cara hemat sanggup Anda lakukan dengan cara memanfaatkan barang-barang lain yang sanggup dimanfaatkan. Atau memakai barang-barang bekas yang ada untuk digunakan. Cara ini menjadi cara terbaik dalam tahun-tahun awal mendirikan start up.


Demi mencapai tujuan bisnis dalam waktu singkat, startup yang gres dirintis memang harus berhemat semaksimal mungkin pada tahun-tahun pertama. Niscaya upaya berhemat yang diiringi dengan penemuan besar akan segera membawa startup Anda ke jenjang kesuksesan. Siapa tahu nanti startup Anda menjadi salah satu startup unicorn kebanggaan Indonesia. Selamat berhemat!


di tanah air memang terbilang pesat dalam beberapa tahun terakhir 7 Trik Berhemat Jitu Bagi Startup di Tahun Pertama



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "7 Trik Berhemat Jitu Bagi Startup Di Tahun Pertama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel