4 Template Ms Excel Yang Dapat Di Pakai Pengusaha Umkm Untuk Mengelola Pembukuan
[vc_row][vc_column][vc_column_text]
Pembukuan yaitu salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh para pengusaha. Tetapi tidak semua pengusaha melaksanakan pembukuan, terutama mereka para pengusaha pemula. Umumnya para pengusaha pemula masih fokus pada proses pemasaran dan branding produk mereka dibandingkan mengurus pembukuan.
Padahal dengan adanya pembukuan akan memudahkan pengusaha dalam melihat peningkatan, penurunan, kerugian, hingga keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Sehingga akan memudahkan Anda sebagai pengusaha melihat perkembangan bisnis Anda.
Membuat sebuah pembukuan bukan hanya sekedar mencatat apa yang Anda sanggup setiap hari. Tetapi Anda juga harus mencatat setiap pengeluaran, sekecil apapun pengeluaran yang Anda lakukan. Anda tetap harus mencatat dalam pembukuan bisnis. Terkadang memang hal ini menyulitkan dan menciptakan para pengusaha malas.
SolusiUKM akan membantu Anda dalam menciptakan pembukuan dengan praktis dan praktis dengan memperlihatkan template-template pembukuan untuk bisnis kecil dan UKM yang simpel untuk bisnis Anda.
Sebelum berlanjut, SolusiUKM akan memberi tahu kepada Anda apa saja yang diharapkan dalam menciptakan pembukuan mulai dari penjurnalan, buku besar, hingga menciptakan sebuah laporan keuangan pada bisnis Anda.
Tahapan Pembukuan Bisnis yang Simpel dan Mudah
Kumpulkan Seluruh Bukti Transaksi
Sebelum Anda memulai proses pencatatan dan penjurnalan untuk bisnis. Sekarang, waktunya Anda mengumpulkan seluruh bukti transaksi yang sudah ada. Seperti invoice, nota, kwitansi, dan cek. Bukti transaksi ini akan menjadi salah satu proses awal untuk melaksanakan proses akuntansi tahap pertama.
Jangan hingga Anda membuang setiap bukti transaksi yang Anda dapatkan dari supplier, distributor, jasa pengiriman, dan bukti transaksi dari sumber-sumber lain. Sehingga Anda sanggup dengan praktis mengatur proses akuntansi dengan mudah.
Jika Anda tidak menyimpan bukti transaksi dengan benar dan tepat, Anda akan sulit dalam melaksanakan pembukuan pada bisnis. Disinilah pentingnya melaksanakan pengumpulan bukti-bukti transaksi untuk bisnis.
Penjurnalan
Tombol Download Template Excel Jurnal Umum
Apakah Anda tahu apa itu penjurnalan? Dalam akuntansi, penjurnalan merupakan tahapan awal dalam proses akuntansi. Sebab, semua transaksi yang terjadi pada bisnis Anda akan dicatakan dalam buku jurnal menurut bukti-bukti transaksi yang ada.
Penjurnalan ini dilakukan untuk melaksanakan identifikasi, penilaian, dan untuk mengetahui dari mana dan kemana uang tersebut keluar. Berikut kita tampilkan template Microsft Excel untuk penjurnalan.
Pada jurnal umum, Anda akan menuliskan setiap transaksi yang terjadi. Baik transaksi debet dan kredit. Serta kapan transaksi itu terjadi dan Anda harus menyiapkan nama akun apa yang terjadi dalam akun tersebut.
Buku Besar
Proses akuntansi pada bisnis memang cukup panjang. Terkadang proses ini menciptakan banyak pengusaha malas dalam melaksanakan pembukuan bisnis mereka. Setelah dari tahapan penjurnalan, para pengusaha di haruskan untuk mencatat ke buku besar.
Definisi buku besar sendiri banyak yang menyampaikan bahwa buku besar merupakan kumpulan akun yang dipakai untuk merangkum transaksi yang sudah dicatat dalam jurnal. Seperti urutan yang dilakukan oleh tim SolusiUKM bahwa sehabis penjurnalan selesai, maka para pemilik perjuangan akan diarahkan kepada pembuatan buku besar.
Buku besar sendiri mempunyai fungsi untuk menggolongkan setiap akun sejenis semoga praktis teridentifikasi dalam pencatatan keuangan yang Anda miliki. Para akuntan atau pengusaha yang terbiasa dalam mengelola pembukuan, menganggap bahwa pembuatan buku besar yaitu sesuatu yang praktis dibandingkan dengan penjurnalan.
Pembuatan buku besar hanya memindahkan akun-akun pada jurnal harian. Sehingga tidak begitu sulit untuk dilakukan oleh pengusaha pemula, tapi dalam prakteknya masih banyak pengusaha yang tidak melakukannya. Buku besar pun mempunyai beberapa rujukan yang umum, yakni bentuk T dan bentuk skontro. Solusi UKM akan memperlihatkan kepada Anda template buku besar dalam format excel yang sanggup di Anda d0wnl0ad.
Membuat Neraca Saldo
Masih ada lanjutannya loh. Meskipun Anda sudah selesai membuat jurnal dan buku besar, selanjutnya Anda menciptakan neraca saldo. Neraca saldo yaitu tahapan selanjutnya, sehabis Anda menuntaskan pencatatan pembukuan bisnis pada jurnal dan buku besar.
Pada neraca saldo terdiri dari daftar-daftar akun beserta saldo yang diadaptasi dari buku besar yang sudah Anda buat. Neraca saldo ini mempunyai fungsi untuk melihat keseimbangan antara kredit dan debit pada akun-akun yang muncul dalam buku besar. Kesamaan dan keseimbangan akan sesuai apabila jumlah saldo pada kredit sama dengan jumlah kredit.
Dalam menciptakan neraca saldo, ada beberapa hal yang wajib Anda ikuti. Seperti menciptakan daftar judul akun disertai dengan saldo, jumlah pada kolom kredit dan debit, dan mengambarkan kesamaan antara kedua kolom tersebut.
Pada perusahaan-perusahaan besar, neraca saldo dibentuk pada final tahun, untuk pembuatan laporan keuangan yang datanya bersumber dari neraca saldo. Tetapi kalau Anda yaitu bisnis yang masih skala UKM, sebaiknya Anda membuatnya setiap bulan. Sehingga Anda sanggup mempunyai laporan keuangan setiap bulannya.
Laporan Keuangan
Ketika semua langkah atau tahapan sudah Anda lakukan dengan baik dan benar. Kini waktunya Anda menciptakan laporan keuangan. Laporan keuangan yaitu catatan gosip mengenai keadaan suatu bisnis. Laporan keuangan berfungsi untuk melihat kinerja bisnis yang Anda lakukan.
Jika bisnis Anda sudah cukup besar, Anda akan menemukan berbagai laporan keuangan. Laporan keuangan bukan hanya satu laporan saja, tetapi beberapa jenis laporan. Seperti laporan neraca, laporan cashflow, laporan keuntungan rugi, dan laporan penyesuaian modal. Keempat laporan itu sangat penting bagi bisnis Anda.
Namun, kalau bisnis Anda masih skala UMKM Anda tidak perlu repot memikirkan laporan keuangan sebanyak itu. Tetapi Anda cukup dengan satu laporan saja, yakni laporan keuntungan rugi. Anda tak perlu bingung, bagaimana Anda menciptakan laporan keuangan yang rumit tersebut. Karena tim SolusiUKM sudah menyiapkan template laporan keuangan untuk Anda. Silahkan Anda d0wnl0ad templatenya dibawah sini.
[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column]
[/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]
Dengan template-template yang disediakan oleh SolusiUKM, akan memudahkan Anda dalam menciptakan pembukuan bagi bisnis Anda. Sehingga bisnis Anda sanggup naik kelas dan lebih berkembang dengan adanya pembukuan yang rapi.
[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]
Sumber http://solusiukm.com
0 Response to "4 Template Ms Excel Yang Dapat Di Pakai Pengusaha Umkm Untuk Mengelola Pembukuan"
Posting Komentar