iklan banner

Tahukah Anda Bagaimana Cara Menjadi Start Up Bernilai 1 Milliar Dollar? 5 Trik Jadi Startup Unicorn

Semua raksasa bisnis awalnya niscaya dikembangkan dari bisnis kecil-kecilan. Anda bisa mempelajari kesuksesan Gojek, BukaLapak, Tokopedia, dan Traveloka sebagai contoh. Keempat startup unicorn kebanggaan Indonesia tersebut juga berawal dari modal minim dan banyak sekali keterbatasan lainnya. Namun, harapan menjadi startup unicorn bukanlah hal yang tidak mungkin jikalau Anda melaksanakan langkah-langkah yang tepat.


Kalau dikala ini Anda sedang merintis startup, niscaya Anda ingin startup tersebut bermetamorfosis menjadi startup unicorn di masa mendatang. Namun sebelum membahas caranya, Anda harus tahu dulu apa yang di maksud dengan startup unicorn.


Kita akan bahas secara rinci sebelum mencari tahu bagaimana sebuah Startup bisa menjadi unicorn. Karena sebelum mengetahui caranya, Anda pun harus bagaimana sebuah startup bisa dikatakan unicorn.


Start Up Unicorn


Start Up Unicorn merupakan start up yang mempunyai nilai valuasi di atas US$ 1 miliar (lebih dari Rp 14 triliun). Valuasi sendiri yaitu nilai ekonomi dari sebuah bisnis. Menurut Tech In Asia, seorang pengusaha StartUp yang ingin mendapat pendanaan dari investor harus bisa menghitung valuasi bisnis.


Cara tersebut sangat penting, biar pengusaha bisa dengan gampang memilih persentase saham yang diberikan kepada investor. Valuasi juga penting untuk menghitung harga jual ketika ada perusahaan lain yang ingin mengakuisisi perusahaan Anda.


Dalam perusahaan konvensional cara menghitung valuasi yaitu dengan menghitung nilai ekonomi dari bisnis tersebut. Misal perusahaan mempunyai nilai valuasi sebesar Rp 2 triliun, maka siapapun yang ingin membeli perusahaan tersebut harus menyediakan dana sebesar Rp 2 triliun. Angka valuasi juga dipakai untuk mengukur potensi bisnis dari perusahaan tersebut.


Bahkan perhitungan nilai valuasi antara perusahaan konvensional dengan start up berbeda. SolusiUKM akan tampilkan bagaimana perbedaan penghitungan valuasi perusahaan konvensional dan start up.


Cara Hitung Valuasi Perusahaan Konvensional:


  • Nilai Perusahaan di Pasar Saham

  • Nilai dari jenis saham yang dimiliki

  • Utang Perusahaan

  • Uang Tunai yang Dimiliki Perusahaan


Cara Menghitung Valuasi Start Up tentunya berbeda dengan perusahaan konvensional. Karena terkadang Start Up belum mempunyai keuntungan. Namun terkadang investor melihat dari sisi lain menyerupai :



  • Jumlah dan nominal transaksi

  • Jumlah pengguna

  • Teknologi produk

  • Kualitas tim

  • Kompetitor


Begitula cara melihat valuasi dari sebuah Start Up sebelum menjadi Unicorn. Lalu bagaimana sebuah start up bisa menjadi unicorn? Anda bisa mewujudkan keinginan itu bila memperhatikan beberapa hal ini:


Fokus kepada Pemecahan Masalah


Semua startup yang berhasil mendapat predikat sebagai startup unicorn berawal dari satu hal sama, yaitu fokus kepada pemecahan masalah. Misalnya, Gojek yang menjadi satu-satunya startup unicorn di bidang ride sharing.


Sang pendiri Gojek, Nadiem Makarim, awalnya fokus untuk menuntaskan problem transportasi yang terjadi di kota-kota besar Indonesia. Niat untuk meminimalkan kemacetan dan melaksanakan koordinasi terhadap pengemudi ojek konvensional merupakan bab dekat dari pemecahan masalah.


Ada pula dongeng sukses Traveloka yang membuat proses reservasi hotel dan transportasi umum menjadi lebih simpel dan aman. Fokus tersebut akan mengarahkan startup Anda untuk membuatkan penemuan terbaru. Sehingga nanti popularitas startup Anda semakin meningkat dan dilirik oleh para investor.


Pengelolaan Keuangan yang Sistematis


Pengelolaan keuangan startup merupakan salah satu hal yang menjadi fokus investor sebelum menanamkan modal. Oleh lantaran itu, Anda harus bisa mengatakan sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan tepat guna. Kini, Anda juga bisa mengandalkan Accurate Online untuk urusan pengelolaan keuangan. Accurate Online yaitu software laporan keuangan berbasis cloud yang berbahasa Indonesia.


Semua raksasa bisnis awalnya niscaya dikembangkan dari bisnis kecil Tahukah Anda Bagaimana Cara Menjadi Start Up Bernilai 1 Milliar Dollar? 5 Trik jadi Startup Unicorn


Dengan adanya platform pembukuan Accurate Online tentunya Anda bisa dengan gampang mengetahui berapa nilai profit yang start up Anda dapatkan. Sehingga bisa membantu Anda lebih gampang dalam menghitung valuasi startup Anda.


Sistem pengelolaan keuangan yang rapi nanti akan menjadi daya tarik bagi para investor. Predikat startup unicorn bisa dicapai jikalau sudah mendapat suntikan investasi lebih dari US$ 1 miliar. Menarik bukan?


Ekspansi ke Kancah Internasional


Jika ingin startup Anda semakin dikenal dan berpeluang mendapat pendanaan besar, Anda juga wajib mengembangkannya ke kancah internasional. Inovasi yang bisa Anda berikan kepada masyarakat dunia akan menjadi kekuatan startup Anda.


Sehingga startup Anda bisa mengungguli persaingan dengan startup sejenis. Jangan lupa mempelajari karakteristik negara yang akan menjadi sasaran pengembangan startup Anda selanjutnya. Contoh konkretnya yaitu Gojek yang menyesuaikan diri dengan kondisi Vietnam dan Singapura sebelum melaksanakan perluasan di negara tersebut.


Memperhatikan Feedback dari Pelanggan


Ketika meluncurkan suatu produk atau jasa, startup harus memperhatikan feedback dari pelanggan. Karena feedback tersebut sangat bermanfaat untuk melaksanakan perbaikan berkesinambungan.


Meskipun awalnya produk atau jasa tersebut jauh dari kata sempurna, feedback dapat membantu Anda memahami kebutuhan masyarakat. Startup yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat niscaya lebih gampang diterima dan lekas populer.


Gaya Promosi yang Out of The Box


Ada satu kesamaan yang bisa dicermati dari keempat startup unicorn Indonesia. Kesamaan tersebut yaitu gaya promosi yang out of the box. Gojek, BukaLapak, Tokopedia, dan Traveloka sama-sama kerap menyuguhkan iklan yang nyeleneh dan gampang diingat.


Dari gaya promosi yang menarik, popularitas startup unicorn tersebut semakin meroket dan makin dikenal khalayak ramai. Hingga risikonya orang-orang yang belum pernah memanfaatkan jasa startup pun mulai tertarik mencobanya. Proses promosi yang out of the box memang sangat diharapkan untuk mendukung kesuksesan suatu startup.


Jadi, siapa tahu nanti giliran startup Anda yang berhasil menyandang predikat startup unicorn di masa mendatang. Sudah waktunya untuk peka mengenali kebutuhan masyarakat dan membuat solusi yang tepat melalui startup Anda! (IRL)



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "Tahukah Anda Bagaimana Cara Menjadi Start Up Bernilai 1 Milliar Dollar? 5 Trik Jadi Startup Unicorn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel