iklan banner

Rumus Dan Fungsi Microsoft Excel Lengkap Pola Dan Klarifikasi

Inilah 31 bahkan lebih teladan contoh serta klarifikasi rumus ( formula ) dan fungsi ( function ) secara lengkap dan singkat yang biasanya dipakai pada microsoft excel dari versi 2007 hingga 2010. Fungsi ini  secara acak ada fungsi text , fungsi logika , fungsi tabel , dan lain lain.

1.        Fungsi VALUE 
       digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya :  =VALUE(text)
2.        Fungsi FIND
dipakai untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya :
  =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
3.        Fungsi MID
dipakai untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya :
       =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
4.        Fungsi REPLACE
dipakai untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),, penulisan :
  =REPLACE (…)
5.        Fungsi CONCATENATE
dipakai untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya   =CONCATENATE(text1,text2,…)
6.        Fungsi MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :
       =MAX(number1,number2,…)
7.        Fungsi STEDEV
Digunakan untuk memilih standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =STEDEV(number1,number2,…)
8.        Fungsi VAR
Digunakan untuk memilih nilai varience dari suatu range, penulisannya : =VAR(number1,number2,…)

9.        Fungsi LEFT
Fungsi ini dipakai untuk mendapat hasil beberapa abjad paling kiri. Text di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun pribadi diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua (") di awal dan di selesai text.
Rumusnya sangat praktis yaitu:   =LEFT(text)

10.    Fungsi RIGHT
Fungsi ini ialah kebalikan dari fungsi LEFT, yaitu mengambil beberapa karakter yang dimulai dari kanan. Rumusnya seakan-akan sekali dengan fungsi LEFT yaitu:   =RIGHT(text)

11.    Fungsi LEN
Fungsi ini dipakai untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah text. Rumusnya adalah:  =LEN(text)

12.    Fungsi UPPER
Fungsi ini akan menciptakan semua text yang ada di sel menjadi abjad besar semua. penulisannya:  = UPPER(text)


13.    Fungsi LOWER
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu mengakibatkan abjad kecil semua. penulisannya:
=LOWER(text)

14.    Fungsi PROPER
Fungsi ini akan menciptakan teks menjadi abjad besar di karakter pertama di setiap kata. Penulisannya:  =PROPER(text)
15.    Fungsi BAHTTEXT
       Mengubah angka ke dalam bentuk teks. Namun hanya beberapa saja yang sanggup di rubah.
       Penulisan :   =TTEXT(…)
16.    Fungsi FACT
       Menyatakan faktorial dari suatu bilangan. Penulisan :  =FACT(…)
17.    Fungsi GCD
       Menyatakan pembagi umum terbesar. Penulisan :
       =GCD(number1, number2,…)
18.    Fungsi LN
       Menyatakan logaritma natural dari suatu bilangan. Penulisan :  =LN(number)
19.    Fungsi RAND
       Menyatakan jumlah real secara acak merata lebih besar dari atau sama dengan 0 dan kurang dari 1. Sebuah bilangan real baru secara acak akan diperlihatkan setiap kali lembar kerja dihitung. Penulisan :   =RAND(…)
20.    Fungsi CEILING
       Menyatakan jumlah pembulatan, jauh dari nol, ke kelipatan terdekatnya. Penulisan :
       =CEILING(…)
21.    Fungsi SQRT
       Untuk menghitung akar dari bilangan yang positif dihentikan negatif. Penulisan :
       =SQRT(…)
22.    Fungsi INT (number)
       Untuk pembulatan angka ke bawah dari suatu nilai integer / bulat. Penulisan :
       =INT(number)
23.    Fungsi CHAR
       Untuk menyatakan karakter yang telah ditentukan memakai suatu arahan angka. Penulisan :  =CHAR(number)
24.    Fungsi SUM :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)

25.    Fungsi AVERAGE :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya :
  =AVERAGE(number1,number2,…)

26.    Fungsi MIN:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =MAX(number1,number2,…)

27.    Fungsi HLOOKUP :
digunakan untuk membaca tabel / range secara horizontal, penulisannya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

28.    Fungsi VLOOKUP :
digunakan untuk membaca tabel / range secara vertikal (VLOOKUP), penulisanya :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

29.    Fungsi / Function COUNTIF :
digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan ciri-ciri / kriteria tertentu. Penulisannya : =COUNTIF(range;kriteria).
Misal :  menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari teladan tadi keterangan siswa berada di range D1 hingga D45 dimana keterangannya remidi. Jadi, kesudahannya ialah total siswa yang remidi.

30.    Fungsi AND :
Fungsi AND menghasilkan nilai TRUE kalau semua argument yang di uji bernilai BENAR
dan akan bernilai FALSE kalau semua atau salah satu argument bernilai SALAH. Penulisan pada gambar ini.
Misal : Peserta ujian dinyatakan lulus kalau nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, kalau kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.
31.    Fungsi NOT :
Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE kalau kondisi yang di uji SALAH dan FALSE kalau kondisi yang di uji BENAR
Penulisan : =NOT(argument)


Yap, dengan gembira aku @deni_maulana share posting 31 rumus formula dan fungsi function teladan klarifikasi dan definisi serta pengertian rumus fungsi pada microsoft excel tadi. Terima kasih atas kunjungannya..

REFERENSI : http://booboowow.blogspot.co.id
Sumber http://denimaulana10.blogspot.com

0 Response to "Rumus Dan Fungsi Microsoft Excel Lengkap Pola Dan Klarifikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel