Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Pembelajaran 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai anutan agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dariseorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan.
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulis.
Indikator:
3.1.8 Menjelaskan cara menuliskanlaporan hasil wawancara.
4.1.8 Melaporkan hasil wawancara.
PPKN
1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dankewajiban sebagai wargamasyarakat dalam kehidupansehari-hari.
4.2 Bekerja sama melaksanakanhak dan kewajiban sebagaiwarga masyarakat dalamkehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.4.5 Menjelaskan hak dankewajiban dalammelestarikan sumber dayaalam (hewan langka).
4.4.5 Mengomunikasikan hakdan kewajiban dalammelestarikan binatang langka.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca, mencermati langkah-langkah dan berlatih, siswamampu menjelaskan cara menulis laporan hasil wawancara dengan baik.
2. Setelah membaca, mencermati langkah-langkah dan berlatih, siswamampu menulis laporan hasil wawancara.
3. Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa bisa menjelaskan hakdan kewajiban terhadap pelestarian binatang dengan benar.
4. Dengan melaksanakan refleksi, siswa bisa mengomunikasikan hak dankewajiban dalam pelesatarian binatang dengan penuh percaya diri.
v Karakter siswa yang dibutuhkan :
Ø Bahasa Indonesia dan PPKn : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. ¡ Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswamembacainformasitentangwawancara di bukusiswa.Literasi § Siswamencermati format menulislaporanhasilwawancara. § Siswadimintamengamatisetiapbagianpada format laporanwawancaraCollaboration § Siswadiberikesempatanuntukbertanyadanmendiskusikandenganguru jikaadahal-halyang perludiketahuilebihlanjut. (Menanya) § Siswadiingatkanbahwasebelumnyamerekatelahmengetahuitentanghakdankewajibanterhadaphewan yang ada di sekitarmerekadansetiap orang perlumenjagakeseimbangandankelestarianhewan-hewantersebutuntukkelangsungankehidupan di mukabumi.Critical Thinking and Problem Solving § Siswadimintamenuliskanapasaja yang merekaketahuiterkaitdenganhewanlangka.Creativity and Innovation § Siswamempresentasikanhasil yang telahmerekatulisdalamkelompok. (Mempresentasikan) § Setelahitu, siswadimintamembacatekstentanglestarikanhewanlangkayang terdapat di bukusiswa.Mandiri § Siswamenuliskanhal yang bisakitalakukansebagaiwarganegarauntukmelestarikanhewanlangka. (Mengeksplorasi) | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukan evaluasi hasil belajar ¡ Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran) Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ BukuPedoman Guru Tema :Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Kardus (2 buah)
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala Wawan Setiawan, S.Pd. NIP. .................... | Rajamandala, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV Nadya Nursalma, S.Pd. NIP. .................... |
lAMPIRAN 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Melaporkanhasilwawancara
§ Mendiskusikanhakdankewajiban
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
mATERI
BAHASA INDONESIA
Format Menulis Laporan Hasil Wawancara
I. Latar Belakang
Menuliskan alasan melaksanakan wawancara.
Contoh:
Kami siswa kelas 4 menerima kiprah untuk melaksanakan wawancara tentangtumbuhan dan binatang kepada masyarakat di sekitar kawasan tinggal kami.
II. Maksud dan Tujuan
Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara.
Contoh:
Tujuan dari aktivitas ini yaitu untuk menggali informasi lebih lanjut danmemperdalam pemahaman kami perihal aneka macam binatang dan tumbuhandi sekitar kawasan tinggal kami, yang mencakup karakteristik tumbuhan danhewan dankaitannya dengan kawasan hidupnya serta hak dan tanggungjawab terhadap lingkungan.
III. Topik Wawancara
Menuliskan topik wawancara
Contoh:
Tumbuhan dan Hewan di Sekitarku
IV. Waktu dan Tempat Kegiatan
Menuliskan waktu dan kawasan wawancara.
Contoh:
Wawancara ini dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal : Sabtu, 5 November 2105
Waktu : pukul 08.00 – 09.00
Tempat : Kampung Mekar Jaya
V. Laporan Hasil Wawancara
Menuliskan narasumber, pewawancara dan hasil wawancara.
Contoh:
- Narasumber : Bapak Kurniawan
- Pewawancara:
- Hasil Wawancara
Pada hari Sabtu, 5 Desembr 2015, pukul 08.00 – 09.00, saya melakukanwawancara kepada Bapak Kurniawan perihal tumbuhan di sekitar tempat
tinggalku .....
VI. Kesimpulan
Menuliskan kesimpulan
PPKn
Lestarikan Hewan Langka.
Pelestarian binatang langka bertujuan semoga binatang tersebut tidakmengalami kepunahan. Kelestarian binatang sangat bermanfaat untukkelangsungan hidup manusia.
Sebagai warga negara kita memiliki kewajiban dan tanggung jawabuntuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut.
Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga binatang langka, antaralain:
1. melakukan penangkaran binatang langka.
2. mendirikan tempat-tempat proteksi binatang langka, misal: suaka
margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.
Dengan melindungi binatang langka kita dapat:
1. menjaga keseimbangan ekosistem semoga kehidupan di muka bumi tetapberjalan dengan baik;
2. melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmupengetahuan dan masyarakat;
3. memenuhi kebutuhan masyarakat, contohnya untuk materi pangan danobat-obatan.
lAMPIRAN 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Proses pembelajaranmenulislaporanhasilwawancaradinilaidengan
catatananekdot.
2. PPKn
Diskusidinilaidenganrubrik.
Kriteria | SangatBaik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara | Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekalimasih perlu diingatkan. | Masihperlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Sering diingatkanuntuk mendengarkan teman yang sedangberbicara namuntidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresiwajah, suara) | Merespondan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengantepat terhadap komunikasi non ekspresi yang ditunjukkan teman. | Sering merespon kurangtepat terhadap komunikasi non ekspresi yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuandalam memahami bentuk komunikasi non ekspresi yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung danmemimpin lainnyasaat diskusi. | Berbicaradan menerangkan secararinci, merespon sesuaidengan topik. | Berbicaradan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurangsesuai dengantopik. | Jarang berbicaraselama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: evaluasi (penskoran) dapatdilihatcontohnyapadapembelajaran 1
Pengayaan
Siswa bisa berlatih menciptakan laporan secara berdikari sesuai format.
Remedial
Siswa yang belum bisa menulis laporan sesuai panduan yang terdapat didalam buku siswa sanggup berlatih dengan pendampingan guru.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Pembelajaran 6"
Posting Komentar