Pembahasan 2 Soal Bentuk Aljabar Smp Kelas 7
Operasi Penjumlahan Suku Aljabar
Dalam aljabar dikenal dengan suku. Dan setiap suku hanya sanggup digabungkan dengan suku yang sejenis. Saya pribadi coba terapkan pada soal nomor 2 semoga pembaca sanggup memahami mana suku sejenis dan mana yang bukan suku sejenis.
2. Sederhanakanlah
2x + 5y – 6x
3. Tentukan jumlah dari
Mari perhatikan uraian berikut.
Blok warna yang sama menerangkan suku tersebut sejenis, dicirikan dengan variabel (dalam hal ini x dan y) yang sama. Sama variabelnya berarti suku tersebut sejenis.
Pada kalimat di atas Saya kumpulkan suku yang sejenis semoga gampang dipahami proses penggabungannya. Sehingga menjadi..
Hingga jadinya adalah...
2x + 5y – 6x = – 4x + 5y
Soal nomor 3
Perlu dipahami semoga kita tidak terkecoh dengan penamaan ‘negatif’ atau ‘dikurang’. Ini seringkali mengakibatkan kesalahan dalam menggabungkan dua suku. Namun kita lebih memandang kalimat tersebut sebagai ‘kumpulan suku’ yang mempunyai ‘muatan’ negatif atau nyata yang selalu menempel kemanapun suku itu kita pindahkan. Karena itu aku ikut memblok ‘muatan’ dari setiap suku tersebut, kemudian memindahkan mereka sampai saling berdekatan dengan suku sejenisnya.
Perhatikan
Tanda panah di atas mengatakan ‘operasi tambah’ yang nyata dikalikan ke setiap suku yang ada di dalam kurung. Lalu aku akan mengelompokkan setiap suku sejenis, sebagai berikut..
Dan menggabungkannya menjadi..
Jika sudah terbiasa, maka akan lebih cepat menyelesaikannya dengan cara ibarat ini...
Langsung dikelompokkan...
Praktis kan...?
Tetap berlatih.. dan pantang gundah ketika belum bisa memahami secara utuh... just take it easy...!
Sumber http://sekolah-matematika-sains.blogspot.com
Dalam aljabar dikenal dengan suku. Dan setiap suku hanya sanggup digabungkan dengan suku yang sejenis. Saya pribadi coba terapkan pada soal nomor 2 semoga pembaca sanggup memahami mana suku sejenis dan mana yang bukan suku sejenis.
2. Sederhanakanlah
2x + 5y – 6x
3. Tentukan jumlah dari
Blok warna yang sama menerangkan suku tersebut sejenis, dicirikan dengan variabel (dalam hal ini x dan y) yang sama. Sama variabelnya berarti suku tersebut sejenis.
Pada kalimat di atas Saya kumpulkan suku yang sejenis semoga gampang dipahami proses penggabungannya. Sehingga menjadi..
Hingga jadinya adalah...
2x + 5y – 6x = – 4x + 5y
Soal nomor 3
Perlu dipahami semoga kita tidak terkecoh dengan penamaan ‘negatif’ atau ‘dikurang’. Ini seringkali mengakibatkan kesalahan dalam menggabungkan dua suku. Namun kita lebih memandang kalimat tersebut sebagai ‘kumpulan suku’ yang mempunyai ‘muatan’ negatif atau nyata yang selalu menempel kemanapun suku itu kita pindahkan. Karena itu aku ikut memblok ‘muatan’ dari setiap suku tersebut, kemudian memindahkan mereka sampai saling berdekatan dengan suku sejenisnya.
Perhatikan
Tanda panah di atas mengatakan ‘operasi tambah’ yang nyata dikalikan ke setiap suku yang ada di dalam kurung. Lalu aku akan mengelompokkan setiap suku sejenis, sebagai berikut..
Dan menggabungkannya menjadi..
Jika sudah terbiasa, maka akan lebih cepat menyelesaikannya dengan cara ibarat ini...
Langsung dikelompokkan...
Praktis kan...?
Tetap berlatih.. dan pantang gundah ketika belum bisa memahami secara utuh... just take it easy...!
0 Response to "Pembahasan 2 Soal Bentuk Aljabar Smp Kelas 7"
Posting Komentar