iklan banner

Manfaat Bulutangkis


Sebuah fakta memperlihatkan bahwa orang-orang yang banyak melaksanakan olahraga bulutangkis ternyata memperlihatkan manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dari bermain bulutangkis? Berikut 8 manfaat bermain yang sanggup Anda peroleh dengan rutin bermain bulutangkis :

1. Panjang Umur
Faktanya, menurut penelitian diketahui bahwa dengan bermain bulutangkis setiap hari minimal 30 menit secara teratur sanggup menurunkan resiko maut sekitar 23 persen dan meningkatkan panjang umur minimal 2 tahun ditahun-tahun berikutnya.

2. Menurunkan  Kolesterol Jahat
Dengan berolahraga bulutangkis secara teratur sanggup mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Bermain bulutangkis secara teratur meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus mengurangi kadar kolesterol jelek (LDL)
Kolesterol jelek mengurangi ukuran pembuluh darah yang sanggup memicu serangan jantung dan stroke.

3. Sebagai Obat Hipertensi
Bermain bulutangkis secara rutin mempu meningkatkan kondisi tubuh sehingga denyut jantung basal menurun beberapa denyut per menit dan tekanan darah berkurang. Kedua imbas ini membantu kita dalam menekan hipertensi. Hal sanggup membantu kita dalam menangkal hipertensi tanpa obat-obatan.

4. Mengurangi Resikot Jantung
Dengan bermain bulutangkis secara rutin sanggup mencegah kita dari penyakit jantung, terutama serangan jantung. Kondisi bermain bulutangkis, selain mencegah kita dari hipertensi juga sanggup memperkuat otot jantung dan menjaga pembuluh darah dari penyumbatan. Bahkan orang-orang sedang mengalami sakit jantung sanggup mendapat menfaat dengan bermain bulut tangkis pada tingkat daya tahan tubuh mereka dan menurut saran dokter dan dibawah pengawasan medis.

5. Mengurangi Berat Badan
Bermain bulutangkis secara teratur membantu orang yang kelebihan berat tubuh untuk mengurangi berat tubuh mereka dan mencapai berat tubuh ideal sesuai tinggi tubuh dan usia mereka. Efek ini disebabkan lantaran kelebihan kalori akan terbakar selama bermain bulutangkis yang pada gilirannya akan mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Selain itu, timbunan lemak yang ada juga dimobilisasi untuk menghasilkan energi yang diharapkan sellama bermain bulutangkis. Tapi untuk mencapai berat tubuh ideal, itu harus juga dikombinasikan dengan modifikasi diet.

Jumlah kalori yang terbakar selama bermain bulutangkis sebagian tergantung pada intensitas bermain. Rata-rata pemain dengan berat tubuh 68 kg sanggup memperabukan kalori sekitar 272 kalori per jam. Tapi untuk sebuah kompetisi bulutangkis, pemain sanggup memperabukan sekitar 500 kalori dalam satu jam.

Tapi pembakaran kalori dari bermain bulutangkis juga dipengaruhi oleh berat tubuh pemainnya. Sebagai contoh, orang dengan berat tubuh 90 kg sanggup memperabukan 544 kalori dalam 1 jam bermain bulutangkis. Sedangkan orang dengan berat tubuh 55 kg memperabukan 327 kalori dengan durasi yang sama.

6. Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis yakni problem yang merepotkan terutama pada orang bau tanah dan perempuan yang telah memasuki masa menopause. Osteoporosis sanggup dicegah atau ditunda dengan secara rutin bermain bulutangkis, terlepas dari usia dan jenis kelamin. Memainkan bulutangkis memicu acara sel-sel yang membentuk tulang dan membantu asimilasi kalsium dalam matriks tulang.

7. Melatih Kekuatan Kaki
Sebuah penelitian di Inggris memperlihatkan bahwa  bulutangkis yakni olahraga yang sanggup melatih kekuatan kaki. 15 persen dari gerakan bulutangkis yakni gerakan cepat ibarat melompat, menekuk lutut, dan berlari, serta sendi sendi berfungsi secara maksimal.

Sumber http://pelatih-olahraga.blogspot.com

0 Response to "Manfaat Bulutangkis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel