iklan banner

Intip Di Sini 6 Tips Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Mas

Dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia, ikan mas yaitu salah satu jenis yang mempunyai banyak penggemar di Negara ini. Tekstur ikan mas yang hampir sama dengan ikan gurameh menimbulkan ikan mas sebagai salah satu masakan olahan ikan yang banyak diburu. Melihat banyaknya seruan ikan mas di pasaran, sangat tidak mengherankan kalau perjuangan pembenihan ikan mas mengalami peningkatan yang sangat pesat.


Ini terbukti dengan semakin banyaknya seruan benih ikan mas yang diminta oleh masyarakat yang tertarik untuk mendapat pemanis penghasilan dari perjuangan budidaya pembesaran ikan mas. Para petani ikan mas lebih banyak menentukan perjuangan pembenihan ikan mas dikarenakan benih ikan mas sanggup dijual dengan sangat cepat dan mudah. Untuk di Indonesia, pembenihan ikan mas umumnya dilakukan secara alami. Usaha pembenihan dilakukan pada kolam yang berada di dalam maupun di luar ruangan dengan skala yang diadaptasi dengan kebutuhan dari pembudidayaan.


Dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia Intip Di Sini 6 Tips Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Mas
Bibit ikan mas siap jual

Target Pasar Bisnis Pembenihan Ikan Mas


Budidaya ikan mas bisa dikatakan terbilang cukup gampang dan ketika ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Keunggulan dari ikan mas yaitu dagingnya yang gurih, lunak, duri yang ada relatif sedikit dan gampang diolah menjadi bermacam-macam aneka olahan kuliner. Sehingga sanggup Anda simpulkan bahwa ketika ini banyak sekali seruan akan ikan mas berukuran konsumsi. Kondisi menyerupai inilah yang mendorong seruan benih ikan mas semakin tinggi.


Memulai Bisnis Pembenihan Ikan Mas


Untuk melaksanakan perjuangan pembenihan ikan mas tidak membutuhkan suatu persyaratan kontruksi yang khusus. Hanya membutuhkan persyaratan kualitas air yang layak. Jika Anda ingin atau berminat untuk menjalankan perjuangan pembenihan ikan mas, maka Anda bisa memulainya dengan memperhatikan beberapa langkah berikut ini:



  • Pilihlah lokasi pemijahan atau pembenihan yang mempunyai sumber air dengan pH 6,5 – 8,5 dengan oksigen terlarut minimal 3 ppm, suhu 24 – 32 derajat celcius dan air tidak terkotori oleh materi – materi kimia.

  • Persiapkanlah alat – alat yang diharapkan menyerupai pompa air dan instalasinya, aerator atau blower, pemanas suhu air dan juga pH kit.

  • Buat petak – petak kolam pada lahan pembenihan seluas 1.000 m2. Kemudian Anda bagi menjadi 300 m2 untuk kolam perawatan indukan, kolam pembenihan atau kolam pemijahan 200 m2 dan untuk kolam pendederan 500 m2.

  • Pasanglah hapa dengan ukuran 1m x 2m x 3m pada kolam pembenihan.

  • Kemudian siapkan indukan ikan mas. Seleksilah indukan yang telah matang gonad.


Keuntungan Bisnis Budidaya Pembenihan Ikan Mas


Budidaya ikan mas mempunyai beberapa kelebihan atau keunggulan dibandingkan dengan budidaya ikan air tawar lainnya. Keunggulan tersebut antara lain:



  • Ukuran ikan mas bisa mencapai ukuran yang sangat besar. Ukuran ikan mas yang terbesar pernah mencapai berat 25 kg.

  • Durinya sedikit sehingga gampang untuk dikonsumsi dan Anda perlu tidak khawatir durinya akan termakan.

  • Pertumbuhannya cepat. Bahkan bisa Anda bandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. Ikan mas bisa tumbuh 5 kali lebih cepat.

  • Sangat respon dengan pakan tambahan. Seperti apa pakan pemanis yang cocok untuk budidaya ikan mas Anda? Baca di sini artikelnya, klik di sini.

  • Ikan mas sanggup dibenihkan secara alami dan sanggup Anda besarkan pada aneka macam lingkungan budidaya. Seperti kolam tanah, di dalam keramba, kolam dengan air deras dan juga pada keramba apung. Analisis bisnis budidaya ikan mas memakai 8 unit keramba sanggup Anda baca di sini


Hambatan Bisnis Pembenihan Ikan Mas


Hambatan yang sanggup Anda temui pada proses pembenihan ikan mas pada kolam yaitu kesehatan ikan mas yang sangat gampang terganggu sehingga Anda sanggup gagal panen. Hambatan yang sering dijumpai pada perjuangan budidaya pembenihan ikan mas yaitu kualitas air yang kotor sehingga sanggup menghipnotis proses penetasan telur dan telur ikan yang tertempel kotoran dan jamur. Selain itu Anda membutuhkan modal yang besar untuk menjaga kondisi lingkungan terutama air untuk budidaya semoga tetap bersih.


Strategi Pemasaran Pada Pembenihan Ikan Mas


Permintaan ikan konsumsi di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Akibat dari peningkatan tersebut diyakini bahwa tidak hanya bisa meningkatkan kesejahteraan pelaku bisnis olahan ikan akan tetapi juga turut mendorong ketahanan pangan dan kemandirian bangsa alasannya yaitu dengan meningkatnya konsumsi ikan sanggup mengurangi ketergantungan terhadapa impor protein hewani lainnya.


Dalam hal ini, para petani budidaya pembenihan ikan mas sanggup memasarkan benih ikan mas ke aneka macam kolam pemancingan ikan, pasar – pasar tradisional, rumah makan dan restoran, supermarket dan bahkan untuk skala ekspor sekalipun.


Kunci Sukses Ternak Ikan Mas


Ada beberapa kunci sukses yang harus Anda perhatikan untuk sukses dalam proses pembenihan ikan mas, antara lain yaitu:



  • Dalam memelihara induk jantan dan betina sebaiknya Anda lakukan secara terpisah sebelum dilakukan proses pembenihan.

  • Setelah menentukan calon indukan masukkan indukan jantan dan indukan betina ke dalam kolam pembenihan. Perbandingan antara jumlah indukan betina dan jantan yaitu 2:1.

  • Ambillah kedua indukan sehabis terjadi proses pembuahan.


Dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia Intip Di Sini 6 Tips Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Mas
Kolam pemijahan untuk pembenihan ikan mas


  • Biarkanlah telur ikan mas yang telah dibuahi. Biasanya telur ikan mas akan menetas dalam jangka waktu 24 – 48 jam.

  • Pemberian pakan pada larva ikan mas sanggup memakai plankton – plankton. Pemberian pakan sanggup diberikan 2 hari sehabis penetasan. Selanjutnya, benih ikan mas bisa Anda berikan pakan buatan.

  • Anda harus menjaga kondisi air semoga tetap higienis selama proses perawatan larva. Gantilah air secara rutin.

  • Sebaiknya Anda menghindari mengawinkan ikan dalam satu garis keturunan. Hal ini sanggup mengakibatkan kualitas benih menjadi rendah.

  • Untuk pendederan ikan mas sanggup Anda lakukan pada kolam tanah. Kolam tanah sanggup memacu benih lebih cepat besar dan bermutu tinggi.


sumber gambar: duniaikan, budidayaperawatan




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Intip Di Sini 6 Tips Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Mas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel