iklan banner

√ Inilah Perbedaan Cv Dan Resume Yang Wajib Kau Ketahui

Melamar pekerjaan memerlukan persiapan yang sangat matang. Banyak dokumen penting yang harus disiapkan terlebih dahulu, menyerupai ijazah, akta tertentu, hingga transkrip nilai. Selain itu, biasanya diperlukan dokumen yang berisi data diri mengenai gosip pribadi, pendidikan, pencapaian, pengalaman bekerja yang dinamakan dengan Curriculum Vitae atau biasa disingkat menjadi CV serta Resume.


Ternyata, meski terlihat serupa, CV dan Resume yaitu dua jenis dokumen yang berbeda dan mempunyai fungsi yang tidak sama pula. Mau tahu perbedaan di antara keduanya? Simak pembahasan mengenai  4 perbedaan Curriculum Vitae dan Resume serta tips bermanfaat lainnya di bawah ini, ya.


Perbedaan CV dan Resume


Melamar pekerjaan memerlukan persiapan yang sangat matang √ Inilah Perbedaan CV dan Resume yang Wajib Kamu Ketahui

* sumber: novoresume.com


1. Perbedaan Isi


CV atau Curriculum Vitae berisi gosip mengenai latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, penelitian, penghargaan dan pencapaian lainnya.  Selain data diri pribadi, CV berisi lebih banyak gosip termasuk ringkasan perihal hobi, talenta maupun minat dari pelamar. Sedangkan Resume lebih singkat. Biasanya hanya berisi latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi serta skill seseorang.


2. Memiliki Fungsi yang Berbeda


Mungkin kita berpikir bahwa keduanya mempunyai fungsi yang sama. Yap, sama-sama untuk melamar kerja. Namun ternyata, CV lebih luas cakupannya ketimbang Resume. CV berfungsi untuk menunjukan secara detail mengenai riwayat pendidikan hingga gosip yang bersifat personal.


Karenanya CV lebih panjang ketimbang Resume. CV juga sanggup dipakai untuk melamar beasiswa, penelitian atau pekerjaan yang berkaitan dengan bidang akademik.


CV juga  biasanya dikhususkan untuk melamar pekerjaan tertentu di perusahaan. Sedangkan Resume berfungsi untuk menunjukan secara singkat mengenai pencapaian, kualifikasi, dan skill seseorang dan diperuntukkan bagi mereka yang ingin melamar di industri non-profit atau sektor publik.


3. Perbedaan Jumlah Halaman


CV atau Curriculum Vitae mempunyai jumlah halaman yang lebih banyak ketimbang Resume. Mengapa? Seperti yang sudah dijelaskan di muka, CV memuat lebih banyak gosip daripada Resume. CV biasanya terdiri dari dua hingga tiga halaman atau bahkan lebih dari itu. Sementara Resume, paling banyak berjumlah dua halaman saja sebab gosip yang dimuat lebih sedikit.


Resume juga tidak terlalu banyak memuat deretan pencapaian menyerupai CV, namun hanya memfokuskan kepada pencapaian yang bekerjasama dengan pekerjaan atau posisi yang diinginkan.


 4. Hanya Berlaku di Beberapa Negara


Menurut theundercoverrecruiter, Amerika dan Kanada menggunakan Resume sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Curriculum Vitae hanya dipakai oleh orang Amerika dan Kanada jikalau mereka ingin melamar pekerjaan di luar negeri yang memberlakukan CV.


Sementara di Inggris, New Zealand, serta Irlandia, Resume tidak dipergunakan sama sekali dan mereka lebih banyak menggunakan CV. Begitu pula di Asia dan Timur Tengah, baik untuk melamar pekerjaan, beasiswa atau lainnya. Di Australia dan Afrika Selatan, baik CV ataupun Resume dipakai secara bergantian.


Tips Membuat CV


Melamar pekerjaan memerlukan persiapan yang sangat matang √ Inilah Perbedaan CV dan Resume yang Wajib Kamu Ketahui

* sumber: www.dream.co.id


1. Pilih Template yang Pas


Template dan desain dari CV yaitu salah satu hal yang kuat dan memilki tugas penting. Pilihlah template CV yang anggun semoga CV kau dilirik perusahaan. Kamu bisa mencari template CV di internet, membuatnya sendiri dengan mengikuti ragam tutorial dari video ataupun artikel. Namun, bisa juga kau meminta pemberian temanmu untuk membuatkannya.


2. Isi Data Diri yang Sesuai


Di dalam CV, data diri yang bersifat personal dan umum, menyerupai nama, kawasan serta tanggal lahir, status perkawinan, riwayat pendidikan, penghargaan atau sertifikat, serta pengalaman kerja yang pernah dilakukan harus diisi dengan benar, tanpa kebohongan apapun di dalamnya.


3. Tambahkan Informasi Kontak Secara Detail


Tidak hanya e-mail atau nomor telepon saja, tambahkan juga gosip mengenai akun sosial media kamu, menyerupai Twitter atau Instagram juga akun LinkedIn yang masih berlaku, apalagi jikalau kau menggunakan akun Twitter dan Instagram secara professional dan bijak, itu bisa menjadi nilai plus untukmu. Tambahkan juga alamat website, blog, dan portofolio jikalau ada.


4. Tambahkan Foto


CV akan lebih anggun lagi jikalau di dalamnya dilengkapi dengan sebuah foto. Eits, bukan foto selfie kau yang sedang berpose dengan gaya duck face, ya. Tidak harus pas foto memang, kebanyakan orang kini menambahkan foto yang lebih ‘bebas’ dan tidak terkesan formal namun tetap profesional tentunya.


5. Ceritakan Tentang Dirimu


Ya, di dalam CV, diperlukan setidaknya gosip mengenai dirimu. Ceritakanlah kelebihanmu atau bahkan kelemahan, namun disertai dengan bagaimana kau mengatasi kelemahan tersebut. Cantumkan pula daftar kemampuanmu, pencapaian, serta prestasi yang diraih secara mendetail tanpa perlu terkesan menyombongkan diri.


Jangan lupa tuliskan minat, bakat, serta hobi yang kau sukai. Tulislah secara jujur dan apa adanya, terutama mengenai kemampuan atau skill yang kau kuasai, semoga tidak menyulitkan diri sendiri maupun perusahaan kalau kau diterima bekerja.


Tips Membuat Resume


Melamar pekerjaan memerlukan persiapan yang sangat matang √ Inilah Perbedaan CV dan Resume yang Wajib Kamu Ketahui

* sumber: actinginlondon.co.uk


1. Tambahkan Informasi Mengenai Pekerjaan


Promosikan dirimu dengan Resume yang kau buat. Tambahkanlah gosip mengenai pekerjaan yang pernah kau lakukan serta pencapaian yang diperoleh selama bekerja. Tambahkan pula beberapa deskripsi pekerjaan dan usahakan untuk fokus kepada detail pekerjaan apa saja yang telah kau lakukan dalam pekerjaan, bukan hanya membahas mengenai posisi apa saja yang pernah kau tempati di sebuah perusahaan atau organisasi.


2. Tambahkan Informasi Mengenai Relasi


Selain menambahkan gosip perihal dirimu sendiri, mulai dari gosip kontak hingga pencapaian yang kau dapat, tambahkan pula gosip mengenai relasi. Seperti mereka yang sudah bekerjasama denganmu, atau kawasan kerjamu sebelumnya, atau bahkan orang yang pernah bekerja padamu, jikalau sebelumnya kau menjalankan bisnis tertentu.


3. Gunakan Template


Agar Resume-mu menjadi lebih menarik, gunakanlah template Resume dengan desain yang anggun dan sesuai dengan karaktermu. Usahakan untuk memperhatikan format penulisan Resume menyerupai pemilihan font maupun komposisi warna dari desain Resume kamu. Jika kau tidak menemukan template yang sesuai harapan di internet, kau bisa membuatnya sendiri atau meminta pemberian temanmu.


4. Tambahkan Informasi Mengenai Kemampuanmu


Yup, jangan lupa tambahkan gosip mengenai kemampuanmu menyerupai bahasa yang dikuasai, kemampuan untuk menggunakan komputer atau mengoperasikan software tertentu. Jangan lupa tambahkan gosip mengenai skill yang berkaitan dengan posisi yang akan kau lamar, semoga sanggup menjadi pertimbangan bagi perusahaan nantinya.


5. Gunakanlah Bahasa yang Praktis Dimengerti


Menurut jobstreet, salah satu tips untuk menciptakan sebuah Resume yaitu dengan menggunakan bahasa yang gampang dimengerti. Resume tidak memerlukan gaya bahasa yang berlebihan. Cukup gunakan bahasa yang sederhana, namun juga tidak asal-asalan. Tetap perhatikan tata bahasa serta pemilihan kata yang digunakan.


Nahitu beliau 4 perbedaan antara Curriculum Vitae atau CV dan Resume yang wajib kau ketahui. Sekarang sudah tahu, kan, apa perbedaan dari keduanya? Bagaimana menurutmu, kalau kau diminta untuk memilih, apakah kau lebih suka menggunakan CV atau Resume? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar, ya.


Kalau kau gres mau melamar kerja dan ingin tahu bagaimana cara menciptakan surat lamaran kerja yang baik dan benar, simak artikel perihal Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dari Bacaterus.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Inilah Perbedaan Cv Dan Resume Yang Wajib Kau Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel