iklan banner

√ Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau Dengan Gampang Di Rumah

Siapa sih di sini yang tidak mengenal kacang hijau? Jenis polong-polongan ini ialah salah satu materi kuliner yang sering dijadikan panganan oleh orang renta kita. Seperti apa misalnya? Bubur kacang hijau yang kini banyak dijual di pinggir-pinggir jalan, es kacang hijau yang lezat, isian kue, dan masih banyak lagi.


Kacang hijau ialah tumbuhan pangan legum terpenting ketiga di Indonesia sehabis kacang kedelai dan kacang tanah. Mereka sama-sama telah menyatu dengan masakan Indonesia dan tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan sehari-hari bangsa ini.


Biji kacang hijau ialah bab yang paling bernilai dari tumbuhan kacang hijau. Jika biji-biji kacang hijau ini direbus dalam waktu yang cukup lama, maka mereka akan pecah dan mengeluarkan patinya. Pati inilah yang menciptakan bubur kacang hijau mengental.


Kacang hijau mempunyai saudara yang berjulukan tauge. Sayuran yang sering kita makan ini ialah kecambah kacang hijau. Kedua-keduanya sangat gampang ditemukan di pasar dan juga merupakan bab dari makanan-makanan khas Indonesia.


Sekilas Tentang Kacang Hijau


 di sini yang tidak mengenal kacang hijau √ Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Praktis di Rumah

* sumber: commons.wikimedia.org


Kacang hijau disebut dengan mung bean dalam bahasa Inggris. Kacang hijau merupakan sebuah spesies tumbuhan dari keluarga legum atau polong-polongan. Kacang jenis ini umumnya dibudidayakan di negara-negara menyerupai India, Pakistan, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, China, Taiwan, Korea, dan negara-negara di daerah Asia Tenggara termasuk Indonesia.


Kacang hijau umumnya dijadikan materi kuliner yang mempunyai rasa gurih dan manis. Setiap negara mempunyai kuliner khas masing-masing yang berbahan kacang hijau. Sedangkan bagi masyarakat Indonesia, hasil olahan kacang hijau yang paling umum ditemukan ialah bubur kacang hijau yang cantik dan gurih.


Kandungan Nutrisi Kacang Hijau


 di sini yang tidak mengenal kacang hijau √ Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Praktis di Rumah

* sumber: www.google.com


Bagi kau yang suka menemani ibu pergi ke pasar, niscaya tahu bentuk kacang hijau. Ukurannya sangat kecil dengan diameter beberapa milimeter. Walaupun demikian, kacang hijau ini sangat keras. Bahkan, untuk membuatnya menjadi bubur, diperlukan waktu perebusan yang tidak sebentar. Yang terang ialah warnanya hijau.


Seperti keluarga polong-polongan yang lain, kacang hijau juga mempunyai kandungan nutrisi yang banyak. Dalam 100 gram kacang hijau, ada energi yang berjumlah sekitar 347 kalori. Mereka juga menyimpan karbohidrat sebesar 62,62 gram, protein 23,86 gram, dan juga 1,15 gram lemak.


Vitamin yang dibawa polong ini juga banyak, ada vitamin C, E, K, niasin. folat, dan masih banyak lagi. Kandungan mineral dalam kacang hijau terdiri dari kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, serta zinc. Untuk data nutrisi lengkap dari kacang hijau ini, kau bisa melihatnya di situs Departemen Pertanian Amerika Serikat di sini.


Manfaat Kacang Hijau


 di sini yang tidak mengenal kacang hijau √ Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Praktis di Rumah

* sumber: pxhere.com


Kacang hijau membawa banyak manfaat bagi manusia. Selain bisa menggerakan perekonomian rakyat, kacang hijau juga turut andil dalam menyehatkan tubuh manusia.


Sebagai contoh, kandungan mineral kalsium dan fosfor pada kacang hijau sangat baik untuk memperkuat tulang kita. Bagi kau yang gres menikah, kacang hijau juga sanggup membantu meningkatkan vitalitas (terutama bagi pria). Hal itu alasannya ialah si hijau ini mengandung thiamin atau vitamin B1 yang baik untuk pertumbuhan.


Manfaat lain dari kacang hijau bagi kesehatan menyerupai yang disebutkan oleh Hallo Sehat antara lain bisa mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan, mengurangi pengaruh PMS, melancarkan pencernaan, mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat, serta membersihkan tubuh dari racun.


Olahan Kuliner dari Kacang Hijau


 di sini yang tidak mengenal kacang hijau √ Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Praktis di Rumah


Bagian masakan niscaya yang paling kalian suka, bukan? Banyak sekali olahan masakan dari kacang hijau ini. Beberapa yang pernah dirasakan penulis ialah bubur kacang hijau, es kacang hijau, onde-onde, camilan cantik bakpia, dan es krim rasa kacang hijau.


Bubur Kacang Hijau mungkin dominan orang Indonesia pernah mencicipinya. Selain banyak dijual di pinggir-pinggir jalan, bubur kacang hijau sanggup dibentuk dengan gampang di rumah loh.


 di sini yang tidak mengenal kacang hijau √ Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Praktis di Rumah


Caranya juga sangat simpel, cukup rebus biji kacang hijau ditambah dengan gula aren dan daun pandan. Masak hingga mendidih hingga kacang hijaunya melunak dan menjadi bubur. Kamu juga bisa menambahkan santan kelapa biar rasanya gurih.


Bubur kacang hijau sangat enak disantap hangat-hangat. Namun, kau juga bisa membuatnya menjadi es kacang hijau dengan memasukannya ke dalam freezer. Es ini sangat mantap juga di konsumsi dikala siang hari yang panas.


Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Mudah


 di sini yang tidak mengenal kacang hijau √ Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Praktis di Rumah

* sumber: www.dapur.website


Bukannya biji kacang hijau bisa pribadi diolah menjadi makanan? Iya tentu bisa. Tapi, kenapa dikupas kulit (ari)nya? Untuk keperluan-keperluan tertentu, kadang kita perlu mengupas kulit ari kacang hijau. Misalnya untuk menciptakan kuliner bayi, menciptakan tepung kacang hijau (dikenal dengan tepung hunkue) untuk nantinya menciptakan kuliner lagi, dan untuk menciptakan isian bakpia atau onde-onde.


Lalu, dikemanakan sisa kulit kacang hijau itu? Beberapa orang yang kreatif telah menciptakan sesuatu dari limbah kacang hijau ini. Makanan? Bukan! Yang mereka buat ialah bantal terapi untuk kesehatan tubuh kita.


Jadi, kulit kacang hijau yang terbuang itu mereka keringkan di bawah terik sinar matahari. Kemudian, dengan komplemen bahan-bahan lainnya, jadilah bantal terapi yang bisa kau gunakan dengan nyaman. Ternyata ada alasannya orang mengupas kulit kacang hijau ini. Berikut ialah langkah-langkah mengupas kulit kacang hijau yang bisa kau lakukan dengan gampang di rumah.


1. Pilah Kacang Hijau


 di sini yang tidak mengenal kacang hijau √ Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Praktis di Rumah

* sumber: id.wikihow.com


Pertama, kau harus memilah-milah dulu biji kacang hijaunya. Tidak semua biji berkualitas baik, ada yang sudah membusuk, rusak, bahkan isinya sudah tidak ada alasannya ialah dimakan hewan kecil-kecil. Caranya ialah dengan mencuci dan merendamnya dalam air dalam waktu beberapa saat. Jika ada biji dan kotoran yang mengapung, maka buanglah alasannya ialah itu biji yang rusak.


2. Rendam Kacang Hijau


 di sini yang tidak mengenal kacang hijau √ Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Praktis di Rumah

* sumber: id.wikihow.com


Sekarang, rendam biji kacang hijau yang sudah dipilah. Pastikan semua bijinya terendam air (volume air harus lebih besar). Jika tidak, maka mereka akan bermetamorfosis kecambah alasannya ialah proses perendaman ini memerlukan waktu yang cukup usang (24 jam hingga 48 jam).


Pastikan air rendaman selalu dalam keadaan bersih. Agar kacang tidak rusak alasannya ialah air rendaman yang membusuk, maka kau perlu mengganti air tersebut kurang lebih 6 jam sekali (dengan air bersih, ya).


3. Pengupasan


 di sini yang tidak mengenal kacang hijau √ Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Praktis di Rumah

* sumber: www.siswamaster.com


Tanda kacang hijau siap dikupas ialah adanya kulit ari mereka yang sudah mengapung di wadah perendaman. Agar kulit ari yang sudah lepas terbuang, maka kau harus membuang ari rendamannya secara pelan-pelan.


Setelah itu, isi kembali wadah yang berisi kacang hijau dengan air bersih, kemudian remas-remas dengan tangan biar semua kulit ari kacang hijau yang masih melekat terlepas. Jika ingin lebih gampang dan kulit arinya pribadi terbuang, kau bisa melakukannya di bawah kran air yang mengucur. Lakukan beberapa kali hingga semua kulit ari mereka terlepas. Jika ada yang masih bandel, lepaskan kulit ari mereka satu per satu.


Ingin memanfaatkan kulit ari kacang hijaunya juga? Jangan buang, gunakanlah saringan dikala proses pembuangan air remasan. Untuk proses pengupasan skala besar, kini sudah ada mesin khusus yang bisa mengupas kulit kacang hijau dalam jumlah yang sangat banyak dan dalam tempo yang lebih cepat.


Nah, itulah proses pengupasan kulit kacang hijau yang bisa kau coba di rumah. Jika kau ingin menciptakan bubur kacang hijau tapi belum tahu resepnya, kau bisa menemukannya di artikel Bacaterus lainnya, seperti Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Madura Sederhana ini.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Inilah Cara Mengupas Kacang Hijau Dengan Gampang Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel