iklan banner

Contoh Surat Pembaca

Contoh surat pembaca - Surat pembaca yaitu surat yang di tulis untuk menunjukkan kritik, tanggapan, saran, opini himbuan ataupun ucapan terimakasih dan hal-hal lainnya yang dimuat di media cetak menyerupai surat kabar, tabloid, koran dan media cetak lainnya. Dari namanya sudah barang tentu bahwa conten, artikel atau surat tersebut di tulis oleh pihak pembaca yang kemudian dimuat oleh media cetak terkait. Sebagai suguhan informasi ataupun opini yang bersifat publik sudah barang tentu ada sopan santun saat kita hendak menulis surat pembaca


Surat pembaca dapat dikirim atau ditulis oleh siapa saja tanpa ada syarat pendidikan ataupun keahlian khusus dalam tulis menulis ataupun lainnya namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jikalau anda hendak menulis surat pembaca terutama jikalau menulis surat pembaca yang isinya konplain terhadap instansi tertentu alasannya jikalau salah-salah anda sanggup dituntut secara aturan atas pencemaran nama baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis surat pembaca diantaranya adalah

  1. Gunakan bahasa yang sopan
  2. Jika surat pembaca yang anda kirimkan yaitu permasalahan atau konplain kepada isntansi tertentu akan lebih bijak jikalau permasalahan tersebut diselesaikan dengan pihak terkait secara personal sebelum permasalahan tersebut di angkat di media cetak dalam bentuk surat pembaca
  3. Surat pembaca yang bersifat konplain terhadap seseorang atau instansi tertentu harus disertai dengan bukti untuk menghindari pencemaran nama baik
  4. Surat pembaca dilengkapi dengan identitas dan alamat
  5. Jika menulis surat pembaca yang isinya balasan untuk surat pembaca edisi yang lalu, anda sanggup menyebutkan perihal dan nama penulis dari surat pembaca yang anda berikan balasan dan begitu juga balasan yang ditujukan untuk pihak redaksi 
Di bawah ini beberapa referensi surat pembaca pada harian kompas namun sebelum lanjut mengenai referensi surat pembaca kompas ini, baca juga artikel wacana contoh opini dan fakta

Surat Pembaca Kompas

 Surat pembaca yaitu surat yang di tulis untuk menunjukkan kritik Contoh Surat Pembaca


 Surat pembaca yaitu surat yang di tulis untuk menunjukkan kritik Contoh Surat Pembaca


Contoh menulis Surat Pembaca



Dan berikut ini yaitu referensi surat pembaca yang isinya konplain dan tanggapan
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saya pemegang kartu Mandiri dengan nomor kartu 4137190304995***. Saya sangat kecewa sekali dengan layanan Bank Mandiri. Khususnya di bab kurir. Dikarenakan tanggal 15 Januari 2014 kartu sudah dikirim ke alamat kantor saya.

Namun anehnya tanggal 23 Januari 2014 kartu diretur dengan alasan aku sudah resign. Dan aku tidak dikenal namanya. Ini yang tidak sanggup mencari kurirnya ataukah memang sengaja tidak dicari saya? Sudah tanyakan ke pada rekan aku yang di kantor. Dan informasi yang aku sanggup ternyata memang tidak ada kartu tiba ke kantor atas nama saya.

Kemudian tanggal 30 aku mencoba untuk menanyakan ke card centre cabang Surabaya dan diinformasikan sama. Lalu aku menungu dan menunggu tanggal 13 Februari 2014 aku menghubungi Mandiri call untuk perihal kartu aku yang belum aku terima ini kelanjutanya bagaimana. Malah aku disuruh buat suarat kuasa jikalau meninggalkan kantor.


Ini tidak efesien. Karena kartu saja belum aku terima. Ini bagaimana kelanjutannya kartu saya. Mudah-mudahan dengan adanya surat yang aku kirim ke Kompas.com aku mendapat informasi yang detail mengenai posisi kartu saya.

Terima kasih, Kompas.com sudah menayangkan keluhan saya.


ahmad farisal nurdiansah

kauman ix/ 20 kampung dalem kota kediri




Tanggapan dari surat pembaca di atas
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mohon maaf atas ketidaknyamanan Bapak Ahmad Farisal Nurdiansah dan terima kasih atas masukannya. Dapat disampaikan bahwa kami telah memproses pengiriman ulang Kartu Kredit Mandiri Bapak, diperlukan Kartu Kredit Mandiri tersebut sanggup diterima paling lambat tanggal 26 Februari 2014.

Apabila Bapak tidak berada di tempat, kami mohon kesediaannya untuk meninggalkan surat kuasa penerimaan kartu beserta fotocopy KTP. Adapun surat kuasa penerimaan kartu tersebut untuk menghindari penyalahgunaan kartu oleh pihak lain.

Jika ada pertanyaan ataupun saran yang ingin disampaikan, sanggup menghubungi Customer Service melalui layanan 24 jam Mandiri Call 14000 atau melalui website www.bankmandiri.co.id dengan menentukan hidangan contact us atau pribadi melalui email customer.care@bankmandiri.co.id.

Nixon L. P. Napitupulu

Plaza Mandiri 3rd Floor

Sumber http://makalahproposal.blogspot.com

0 Response to "Contoh Surat Pembaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel