iklan banner

Cara Menyemai Bibit Hidroponik Dengan 4 Media Yang Berbeda

Hidroponik merupakan salah satu trobosan gres cara bercocok tanam yang ketika ini banyak digemari oleh para pencinta tanaman. Hal ini alasannya yaitu budidaya hidroponik mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan cara   budidaya tumbuhan pada umumnya. Salah satu keunggulan yang dimiliki hidroponik yaitu cara menyemai bibit hidroponik unik dan jadinya lebih cepat serta sangat gampang untuk diaplikasikan.


Pada prinsipnya, cara menyemai bibit hidroponik hampir sama dengan cara konvensional, yang berbeda yaitu teknik cara menyemai bibit hidroponik itu dilakukan, mirip pada teknik hidroponik penyemaian selalu dengan tetap menjaga kebersihan atau tidak kotor, bibit tumbuh dengan cepat, mempunyai pertumbuhan yang seragam dan cara menyemai hidroponik sanggup dilakukan pada aneka macam jenis media tanam.


Hidroponik merupakan salah satu trobosan gres cara bercocok tanam yang ketika ini banyak dig Cara Menyemai Bibit Hidroponik  Dengan 4 Media Yang Berbeda
Teknik Cara Menyemai Bibit Hidroponik

Media tanam sendiri merupakan materi yang dipakai sebagai media tumbuh tumbuhan mirip halnya tanah. Namun dalam budidaya hidroponik Anda tidak akan memakai media tanah, tetapi media-media tanam lainya. Sehingga pemilihan media tanam harus Anda lakukan secara tepat. (Baca Artikel terkait : Jenis jenis Media tanam hidroponik Sederhana). Karena hal ini akan besar lengan berkuasa terhadap pertumbuhan tumbuhan secara langsung.


Pada materi kali ini kami akan membahas secara sepesifik bagaimana cara penyemaian bibit hidroponik dengan 4 media yang berbeda, nah bagaimana carannya? Berikut akan kami bahas secara lengkap mengenai cara jitu cara menyemai bibit hidroponik secara baik dan benar.


1. Cara menyemai bibit hidroponik dengan media rockwool


Rockwool merupakan salah satu media tanam ramah lingkungan, media ini terbuat dari materi dasar watu yang diproses melaluli pembakaran dengan suhu 1600 derajad C. Cara menyemai bibit hidroponik memakai media rockwool sangatlah gampang Anda hanya perlu menyiapkan alat dan materi sebagai berikut:



  1. Pisau yang tajam atau gergaji

  2. Rockwool

  3. Benih tanaman

  4. Tusuk gigi

  5. Plastik

  6. Penampan atau tray semai


Setelah semua materi sudah terkumpul, langkah pertama cara menyemai bibit hidroponik, Anda sanggup eksklusif potong rockwool dengan jumlah dan ukuran yang sudah anda sesuaikan. Potong rockwool dengan diameter 2 x 2 cm mirip dadu, atau anda sanggup sesuaikan potongan dengan ukuran netpot sebagai penyangga tanaman. Langkah kedua masukan setiap potongan rockwool kedalam nampan yang biasa disebut tray semai. Kemudian basahi rockwool kemudian tiriskan biar tidak ada genangan air yang menggenang di tray semai, lubangi hingga kedalaman 1-2 cm dengan memakai tusuk gigi, untuk setiap potongan anda cukup melubangi satu kali biar jadinya lebih efektif.


Hidroponik merupakan salah satu trobosan gres cara bercocok tanam yang ketika ini banyak dig Cara Menyemai Bibit Hidroponik  Dengan 4 Media Yang Berbeda
cara menyemai bibit hidroponik dengan media rockwoll

Langkah selanjutnya cara menyemai bibit hidroponik yaitu masukkan benih yang sudah di siapakan kedalam lubang dengan memakai tusuk gigi, masukkan benih satu persatu hingga semua potongan rockwool terisi semua. Setelah semua terisi tutup benih memakai plastik, simpan ditempat yang gelap dan lembab.


Setelah bibit berumur 2 hari atau sudah berkecambah lakukan penjemuran hingga bibit berdaun 4 atau di sebut sebagai daun sejati.   Dalam perawatan bibit penyiraman dilakukan minimal satu hari 2 kali biar tumbuhan tidak kekeringan pada ketika di jemur. Setelah benih ber daun 4 langkah selanjutnya yaitu pindah tanam ke instalasi yang sudah Anda siapkan.


2. Cara menyemai bibit hidroponik dengan media sekam bakar


Media arang sekam sangat popular dikalangan para petani hidroponik terutama pada kelas hobi, hanya saja dengan memakai media sekam abadi Anda akan bekerja 2 kali, sehabis bibit tumbuh 4 daun, Anda masih harus memindah bibit kedalam instalasi secara hati-hati. Bagaimana cara penyemaian bibit hidroponik dilakukan dan apa saja yang harus disiapkan:



  1. Sekam bakar

  2. Baki/nampan plastik

  3. Air higienis dengan pH netral

  4. Benih


Cara menyemai bibit hidroponik dengan media sekam yaitu langkah pertama taburkan arang sekam ke dalam nampan plastik secara teratur dan merata dengan ketebalan    1-2 cm. kemudian tebar benih dengan jarak tebar ½ cm atau anda sanggup menciptakan lubang terlebih dahulu. Setelah bibit tersebar merata beri taburan sekam kembali untuk menutupi benih, dengan ketebalan ½ hingga 1 cm diatas benih yang di tebar.


Hidroponik merupakan salah satu trobosan gres cara bercocok tanam yang ketika ini banyak dig Cara Menyemai Bibit Hidroponik  Dengan 4 Media Yang Berbeda
Penyemaian dengan media sekam bakar

Kemudian basahi media dengan memakai air hingga media arang sekam terlihat lembab. Simpan ditempat yang lembab dan gelap, sehabis muncul kecambah pada benih, kiprah anda selanjutnya yaitu menjemur benih dan menggontrol kelembapan media, hingga benih siap dipindahkan ke dalam instalasi.


3. Cara menyemai bibit hidroponik dengan media pasir


Teknik cara menyemai bibit hidroponik dengan media pasir cukuplah gampang dan jadinya juga cukup bagus, karna pasir mempunyai lubang pori-pori yang banyak sehingga banyak menghasilkan oksigen yang sangat di butuhkan oleh benih sebagai perangsang pertumbuhan. Berikut kami jelaskan bagaimana caranya.



  1. Pasir

  2. Tray semai

  3. Air

  4. Benih

  5. Plastik sebagai epilog tray semai


Cara menyemai bibit hidroponik yaitu pertama siapkan tray semai isi lubang tray semai dengan pasir yang sudah di basahi, sehabis semua tray semai penuh dengan pasir masukan benih pada masing-masing lubang tray semai, selain benih kangkung dan bayam isi masing-masing lubang dengan satu biji tanaman. Jika biji sudah masuk semua siram memakai air higienis secara merata.


Hidroponik merupakan salah satu trobosan gres cara bercocok tanam yang ketika ini banyak dig Cara Menyemai Bibit Hidroponik  Dengan 4 Media Yang Berbeda
Penyemaian dengan media pasir

Kemudian tutup tray semai yang sudah berisi benih dengan memakai plastik dan simpan hingga benih berkecambah. Biasanya benih akan berkecambah pada usia 2 hari. Jika benih sudah berkecambah eksklusif kenakan sinar matahari dan jaga kelembapan media hingga benih siap pindah tanam, demikian cara menyemai bibit hidroponik dengan memakai media pasir gampang bukan, Anda perlu mencobanya di rumah.


4. Cara meyemai bibit hidroponik dengan media kain flannel


Kain flannel yang biasanya dipakai untuk sumbu pada sistem DFT atau sistem wicksistem ternyata sanggup dimanfaatkan sebagai media semai. Nah bagaimana cara semai bibit hidroponik dengan memakai kain flannel sebagai mediannya.


Langkah cara menyemai bibit hidroponik dengan kain flanel yaitu pertama siapkan kain flanel dengan ukuran 30 x 30 cm, benih, air hangat, wadah semai, rockwool, dan nampan plastik. Sebelum memulai menyemai yang harus Anda ketahui cara menyemai bibit hidroponik dengan media ini hanya untuk dipakai pada tumbuhan biji keras yang usang berkecambah seperti, benih cabe, tomat, sledri dan benih biji keras lainnya. Kemudian Setelah semua materi siap, lakupakan perendaman benih terlebih dahulu dengan memakai air hanggat semala 30 menit, tergantung benih dengan tingkat kekerasannya semakin keras semakin usang dalam perendaman.


Hidroponik merupakan salah satu trobosan gres cara bercocok tanam yang ketika ini banyak dig Cara Menyemai Bibit Hidroponik  Dengan 4 Media Yang Berbeda
Penyemaian dengan media flanel

Setelah benih di rendam tebar benih di kain flannel yang sudah di basahi dengan air dingin, tebar benih di belahan tengah, kemudian lipat bagin pingir kiri dan kanan kain flanel, simpan di kawasan yang lembab dan jauh dari jangkauan sinar matahari.


Setelah benih mulai berkecambah siapkan rockwoll yang sudah di potong membentuk dadu dengan ukuran 2 x 2 cm. lubangi hingga kedalaman 1 cm dengan memakai tusuk gigi, masukkan benih yang sudah berkecambah ke dalam lubang, pastikan penempatan benih tidak tebalik. Jika semua benih sudah dipindah dalam rockwool kenakan ke sinar matahari eksklusif dan jaga kelembapan rockwool hingga benih ber daun sejati.


Demikian materi cara menyemai bibit hidroponik dengan memakai 4 macam media, selamat mencoba.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Menyemai Bibit Hidroponik Dengan 4 Media Yang Berbeda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel