iklan banner

Cara Menciptakan Dosis Memakai Pupuk Organik Cair

Pupuk Organik Cair – Berbicara mengenai pupuk, tentunya pupuk terbagi dalam dua jenisnya yakni pupuk organik dan juga pupuk anorganik. Dulunya sebelum hadir pupuk anorganik, para petani lebih suka memakai pupuk organik yang memang bisa mereka olah sendiri dari banyak sekali macam limbah yang berada di sekitar mereka.


Proses pembuatan pupuk organik pun terbilang gampang sekali. Berbicara mengenai pupuk organik, ternyata pupuk ini telah hadir dalam dua bentuk pilihan yakni pupuk organik padat dan juga pupuk organik cair.


Pastinya anda sudah pernah mendengar perihal pupuk organik cair ini. Memang antara pupuk organik padat dan juga cair ini dari segi tekniknya tentu saja hampir sama. Hanya saja dari materi pembuatannya saja yang membedakan antara keduanya.


Pada dasarnya pembuatan pupuk organik cair ini biasanya di lakukan dengan cara memanfaatkan banyak sekali macam barang organik bekas yang sudah tidak anda pergunakan.


Berbicara mengenai pupuk organik memang ada yang hadir dalam bentuk padat bahkan juga ada pula yang hadir dalam bentuk cair. Sebetulnya dari segi manfaat keduanya mempunyai manfaat yang penting untuk pertumbuhan tanaman. Berbagai macam pupuk organik pun bisa di buat melalui bermacam-macam proses yang terbilang gampang dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.


Manfaat Pupuk Organik Cair (POC)


Sobat tani, sebelum kita kupas mengenai panduan untuk menciptakan pupuk organik cair, ada baiknya juga kalau kita mengetahui apa saja manfaat dari pupuk organik cair. Berikut ini beberapa manfaat pupuk organik cair yang dikutip dari Nur Fitri, Erlina Ambarwati, dan Nasih Widya, 2007 :



  • Manfaat yang pertama adalah, POC ini bisa mendorong dan meningkatkan pembentukan klorofil daun dan pembentukan bintil akar pada tumbuhan leguminosae sehingga meningkatkan kemampuan fotosintesis tumbuhan dan perembesan nitrogen dari udara

  • Selain itu, penggunaan POC ini juga bisa meningkatkan vigor tumbuhan sehingga tumbuhan menjadi kokoh dan kuat, meningkatkan daya tahan tumbuhan terhadap kekeringan, cekaman cuaca dan serangan patogen penyebab penyakit.

  • Merangsang pertumbuhan cabang produksi.

  • Meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah, serta

  • Mengurangi gugurnya daun, bunga dan bakal buah.


Bagaimana? Sangat banyak bukan? Anda tidak perlu ragu lagi untuk memakai POC sebagai peningkat produksi tumbuhan anda.

Penggunaan POC juga sangat mudah, anda bisa pribadi menyemprotkannya ke tanaman, mulai dari batang, daun, bunga dan buah. Ini berbeda dengan pupuk organik padat yang ditaruh dalam tanah secara langsung. Pupuk organik cair juga sebagai alternatif dari mahalnya banyak sekali pupuk kimia. Tanaman sayuran yang memakai pupuk organik cair sangat sehat untuk dikonsumsi, berbeda dengan penggunaan pupuk kimia.


Dengan kisaran harga antara 15.000 hingga 40.000 per liternya, ada baiknya untuk menghemat biaya anda membuatnya sendiri, alasannya yaitu tergolong gampang dan siapapun bisa membuatnya.


Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini panduan singkat untuk menciptakan pupuk organik cair yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah!

Cara Membuat Pupuk Organik Cair


Ternyata sekarang anda bisa menciptakan pupuk organik cair dengan memanfaatkan banyak sekali macam limbah sayuran hijau maupun kotoran ayam. Tentunya materi baku tadi begitu cocok bila anda manfaatkan untuk merangsang tumbuhnya tunas maupun daun tanaman.


Hal ini dikarenakan dari kedua materi tersebut ternyata kaya akan kandungan unsur nitrogennya. Kini sudah banyak sekali para petani yang berkreasi dengan menciptakan sendiri pupuk organik cair tersebut.


Ternyata untuk menciptakan pupuk organik cair, anda juga bisa memanfaatkan gedebog pisang atau batang pisang. Dari segi teknik atau bahkan tata caranya memang tidak jauh berbeda. Jika anda merasa jijik dengan limbah yang berbau, maka anda bisa memanfaatkan batang dari pohon pisang yang telah di panen.


Jika anda merasa kebingungan dengan cara pembuatan pupuk organik cair dengan materi batang pohon pisang. Alangkah baiknya anda perhatikan banyak sekali langkah cara pembuatannya berikut ini:


Bahan pembuatan pupuk organik cair



  • 200 gram gula merah

  • 1kg batang pohon pisang, sebaiknya anda menentukan kepingan dalam batang pohon pisang yang berwarna putih

  • Bioaktivator

  • 3 liter air tanah

  • Ember yang mempunyai tutup

  • Karung bekas


Ketika semua materi yang anda butuhkan untuk menciptakan pupuk organic cair ini sudah anda persiapkan. Kini anda sudah bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti banyak sekali langkah berikut ini:



  • Campurkan gula dengan air ke dalam ember. Kemudian aduklah hingga gulanya bisa larut ke dalam air.

  • Potong debog pisang menjadi beberapa potongan yang kecil. Kemudian anda bisa memasukkannya dalam wadah karung yang bekas.


 tentunya pupuk terbagi dalam dua jenisnya yakni pupuk organik dan juga pupuk anorganik Cara Membuat  Takaran Menggunakan Pupuk Organik Cair
Cacahan Debog Pisang dalam Karung via Bundaberkebun


  • Masukkanlah karung yang sudah berisikan cacahan dari batang pohon pisang tadi ke dalam baskom yang telah berisi adonan gula dan juga air. Ada baiknya karung yang telah berisikan potongan dari batang pohon pisang ini bisa terendam seluruhnya dalam air.

  • Jika sudah anda bisa menutup rapat embernya. Kemudian letakkanlah pada daerah yang tak akan terkena matahari secara langsung.

  • Biarkan saja dalam waktu 8 hingga 10 hari. Ada baiknya anda memastikan untuk membuka baskom tadi sekali dalam sehari biar gas yang sudah terbentuk dari bermacam-macam adonan materi pupuk tadi dengan cara mengaduknya. Jika sudah maka anda bisa menutupnya kembali hingga rapat.

  • Sedangkan untuk pengecekan dari tingkat kematangannya bisa anda lakukan dengan cara mencium busuk adonan. Jika baunya sudah wangi layaknya tapai berarti sudah matang dan siap untuk di pergunakan. Namun sebaliknya bila anda cium namun berbau busuk layaknya limbah, itu artinya proses pembuatan pupuk organic cair ini terbilang gagal sehingga perlu anda buang.

  • Angkatlah karung yang telah berisikan cacahan dari batang pohon pisang tadi. Kemudian anda bisa memisahkan air yang berada dalam ember. Di sini anda bisa mendapat dua jenis pupuk yakni pupuk organik cair yang berasal dari cairan yang ada dalam baskom sekaligus pupuk organik padat yang bisa anda dapatkan dari cacahan batang dari pohon pisang tadi.


Tentunya gampang sekali cara pembuatan pupuk organik cair yang berasal dari batang pohon pisang ini. Anda juga bisa dengan gampang memperoleh bermacam-macam materi yang diharapkan untuk pembuatan pupuk tersebut.


Bahkan proses pembuatan pupuk tersebut juga tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Kaprikornus anda tidak perlu khawatir lagi dengan prosesnya bila ingin mencoba sendiri menciptakan pupuk tersebut di rumah.


 tentunya pupuk terbagi dalam dua jenisnya yakni pupuk organik dan juga pupuk anorganik Cara Membuat  Takaran Menggunakan Pupuk Organik Cair
Cara Membuat Pupuk Organik Cair

Takaran Penggunaan Pupuk Organik Cair


Tentunya anda sebagai petani yang ingin memperlihatkan pupuk organik cair ini untuk tanamannya. Maka petani pun harus tahu berapakah takaran yang paling sempurna untuk di berikan. Jangan hingga takaran yang anda pergunakan melebihi dosisnya.


Nanti yang ada hanya akan merusak tumbuhan maupun kondisi tanahnya. Supaya anda tidak merasa resah lagi dengan takaran penggunaan pupuk ini. Maka anda perlu memperhatikan pertolongan takaran yang tepat.


Sebelumnya anda bisa mengencerkan pupuk yang telah jadi dengan memakai air bersih. Penggunaan dari pupuk ini kebanyakan orang menyarankan untuk memakai pupuk organik cair dengan cara di semprotkan pada kepingan daun, bunga atau bahkan batangnya.


Penyemprotan pun dihentikan melebihi dari 2%. Ini artinya dalam 1 liter pupuk organik cair tadi bisa anda encerkan dengan 50 liter air. Dengan memakai takaran tersebut pastinya tumbuhan anda bisa tumbuh dengan cepat dan juga lebih subur. Memang ada banyak sekali pupuk organik yang bisa anda jadikan pilihan. Dan kali ini anda para petani bisa mencoba pupuk yang satu ini.


Sebetulnya pupuk organik cair ini bisa anda manfaatkan untuk merangsang suatu pertumbuhan daun, menghasilkan biji atau bahkan buah sekalipun. Dalam setiap penyemprotannya, di sarankan dengan interval waktu sekitar satu ahad bila isu terkini kering datang atau bahkan 3 hari sekali bila isu terkini hujan telah tiba. Dengan penggunaan takaran yang sempurna pastinya bisa merubah pertumbuhan tumbuhan yang anda miliki.


Itulah tadi sedikit klarifikasi mengenai pupuk organik cair sekaligus cara pembuatan maupun takaran pertolongan pupuk pada tanaman. Ternyata batang dari pohon pisang saja bisa anda manfaatkan untuk pembuatan pupuk organik yang juga elok untuk pertumbuhan tanaman.


Kini tak ada salahnya bagi anda para petani mencoba memperlihatkan pupuk organik cair ini pada tanamannya. Semoga saja hasil panennya bisa melimpah bahkan tumbuhan bisa tumbuh dengan subur.


****


Bagaimana? Anda sudah tidak sabar ingin menciptakan pupuk organik cair sendiri di rumah? Tunggu apalagi, daripada membeli pupuk yang mengandung pestisida, mending kita buat sendiri pupuk yang kondusif dan sehat tentunya.


Demikianlah ulasan mengenai panduan cara menciptakan pupuk organik cair dan cara aplikasinya yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat bisa menambah produksi hasil pertanian anda ya. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini dengan yang lain, biar yang lain bisa ikut mempraktekkannya. Artikel terkait: Jenis Pupuk Kompos dan Cara Panduan Membuatnya



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Cara Menciptakan Dosis Memakai Pupuk Organik Cair"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel