iklan banner

Budidaya Ikan Cupang Untungnya Memang Memikat

Budidaya ikan cupang – Penggemar ikan cupang dari hari ke hari sanggup dikatakan semakin meningkat. Baik itu dari kalangan anak – anak hingga kalangan dewasa. Ikan cupang selain bagus untuk dilihat sanggup juga untuk diadu, sehingga nama lain ikan cupang sanggup disebut juga ikan laga. Ikan dengan nama latin Anabantidae ini sangat memikant para pecinta ikan hias untuk dijadikan ikan peliharaan. Jika ekor dan sirip ikan cupang mengembang maka akan menghasilkan warna yang memikat mata. Untuk melaksanakan budidaya ikan cupang tidaklah membutuhkan kawasan yang luas sehingga sanggup Anda lakukan di rumah sendiri.


 Penggemar ikan cupang dari hari ke hari sanggup dikatakan semakin meningkat Budidaya Ikan Cupang Untungnya Memang Memikat
Budidaya ikan cupang hias

Modal yang Anda butuhkan untuk melaksanakan budidaya ikan cupang ini tidaklah besar. Anda hanya cukup mengeluarkan biaya Rp 5.000 – Rp 10.000 untuk membeli sepasang ikan cupang sebagai indukan untuk budidaya. Sebagai kawasan budidaya ikan cupang Anda sanggup memakai aquarium dengan ukuran kecil atau jikalau Anda sama sekali tidak mempunyai aquarium maka sanggup memanfaatkan wadah bekas air minum kemasan yang sanggup didapatkan dengan gampang di lingkungan sekitar kawasan tinggal Anda. Sedangkan untuk pakan yang dipakai untuk budidaya ikan cupang sangat gampang untuk Anda dapatkan. Pakan tidak perlu memakai pakan ikan yang mahal – mahal, cukup Anda berikan nyamuk mati, jentik nyamuk ataupun sisa – sisa dari serat daging yang Anda konsumsi sehari – hari.


Jika Anda telah berhasil dalam budidaya ikan cupang dan indukan cupang Anda telah menghasilkan anakan, maka anakan cupang tersebut sanggup Anda tawarkan ke pasaran. Anda sanggup menjual anakan hasil budidaya iakn cupang Anda ke pasaran dengan harga mulai dari Rp 1.000 per ekornya. Dari sepasang indukan cupang Anda sanggup menghasilkan anakan dengan jumlah 100 – 200 anak ikan cupang. Kaprikornus jikalau Anda hitung maka laba yang didapatkan terbilang tidak mengecewakan besar. Bagaimana membangun perjuangan ikan hias biar sanggup berkembang dengan pesat? Baca di sini artikelnya.


Apalagi jikalau indukan cupang Anda menghasilkan ikan cupang dengan kualitas super. Kualitas super di sini ialah kualitas yang dikelompokkan menjadi kualitas aduan, kualitas kontes maupun kualitas ekspor. Dengan memenuhi kualitas tersebut maka anakan ikan cupang Anda sanggup bernilai sampi ratusan ribu rupiah per ekornya. Sungguh bisnis yang sangat menggiurkan bukan?


Namun sebelum hingga pada hal di atas maka tentunya Anda wajib mengetahui atau mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara menentukan ikan cupang jantan dan ikan cupang betina yang baik untuk Anda kawinkan. Ciri – ciri khas dari ikan cupang jantan ialah mempunyai warna yang indah, siripnya pun panjang dan mirip sisir serit. Sehingga cupang jangtan juga biasa disebut dengan nama cupang serit. Sedangkan untuk cupang betina mempunyai ciri yaitu warnanya yang biasa saja atau tidak semenarik cupang jantan dan bentuk siripnya lebih pendek dari pada ikan jantan.


 Penggemar ikan cupang dari hari ke hari sanggup dikatakan semakin meningkat Budidaya Ikan Cupang Untungnya Memang Memikat
Tempat untuk budidaya ikan cupang hias

Adapun beberapa ciri khusus ikan cupang jantan dan ikan cupang betina untuk Anda pijahkan pada budidaya cupang ialah sebagai berikut:


Ciri ikan cupang jantan yang siap untuk Anda pijahkan



  • Umur ikan cupang jantan telah mencapai kurang lebihnya 4 bulan

  • Bentuk dari tubuh ikan cupang jantan memanjang dan mempunyai sirip panjang berwarna sangat indah

  • Mempunyai gerakan yang berangasan dan lincah

  • Kondisi keseluruhan tubuh ikan cupang sehat atau ikan cupang sama sekali tidak terjaingkit penyakit


Ciri ikan cupang betina yang siap untuk Anda pijahkan



  • Umur ikan betina cupang telah mencapai usia kurang lebih 4 bulan

  • Bentuk badannya membulat dan kelihatan besar menunjukan bahwa ikan cupang betina siap untuk dikawinkan

  • Gerakan ikan cupang betina lambat dan cenderung kurang agresif

  • Siripnya pendek dan warna yang dihasilkan tidaklah semenarik ikan cupang jantan

  • Kondisi badang tidak ada yang cacat dan ikan tidak terjangkit penyakit


Catata tambahan:


Pemijahan ikan cupang


Setelah kedua indukan sudah siap untuk memijah, maka sediakanlah kawasan atau wadah berupa aquarium kecil dengan ukuran 20 x 20 x 20 cm. Siapkan juga wadah gelas minum plastik untuk kawasan ikan cupang betina. Tambahkan tumbuhan air pada kawasan ikan cupang betina.


Dalam satu kali perkawinan biasanya ikan cupang menghasilkan 1000 telur. Telur – telur tersebut akan menetas dalam jangka waktu 24 jam sehabis pembuahan. Berdasarkan pengalaman para pembudidaya cupang, tingkat kegagalan pada pembenihan budidaya ikan cupang sangatlah tinggi. Dalam satu kali proses perkawinan biasanya anakan yang sanggup dipanen sekitar 30 – 50 ekor. Indukan jantan sanggup dikawinkan kembali hingga 8 kali dengan interval 2 – 3 minggu. Untuk indukan betina disarankan untuk dikawinkan satu kali saja. Bila Anda paksakan maka kualitas keragaman jenis kelaminnya akan menurun. Dimana nantinya akan terjadi dominasi oleh kelamin betina.


Perawatan Budidaya Ikan Cupang


Ikan cupang ialah ikan yang relatif tahan banting. Anda sanggup memeliharanya pada aquarium tanpa memakai aerator. Walaupun demikian Anda kami sarankan untuk tetap menjaga kualitas air dengan menambahkan aerasi dan filter. Sehingga ikan sanggup berkembang dengan tepat dan selalu bugar. Terutama jikalau Anda melaksanakan budidaya ikan cupang untuk kontes. Tidak juga disarankan untuk memelihara lebih dari satu ikan cupang jantan cukup umur dalam satu akuarium. Karena ikan – ikan tersebut akan saling menyerang satu sama lain dan alhasil sirip – sirip ikan tidak akan mulus dan warna akan kurang keluar.


Khusus bagi budidaya ikan cupang aduan Anda sanggup memasukkannya ke dalam wadah atau toples kaca. Untuk menciptakan ikan lebih berangasan Anda sanggup menyimpannya pada kawasan yang gelap. Hindari meletakkan wadah beling secara berdekatan, alasannya hal ini akan menimbulkan ikan cupang aduan akan terus selalu siap dalam kondisi menyerang dan akan membentur – benturkan dirinya ke kaca. Untuk menghindarinya berilah sekat antara wadah.


 Penggemar ikan cupang dari hari ke hari sanggup dikatakan semakin meningkat Budidaya Ikan Cupang Untungnya Memang Memikat
Ikan cupang aduan siap jual

Gantilah air yang terdapat dalam toples beling secara berkala. Anda sanggup melihat apakah ada penumpukan kotoran atau sisa – sisa pakan di dasar toples. Jangan biarkan penumpukan berlarut – larut alasannya akan menjadikan penyakit sehingga menimbulkan maut pada budidaya ikan cupang aduan kesayangan Anda.


Selain ikan cupang ada beberapa jenis ikan hias lain yang sanggup Anda jadikan perjuangan atau bisnis untuk mencari pendapatan tambahan. Berikut 5 jenis ikan hias air tawar yang potensial untuk dijadikan ladang usaha. Klik di sini


sumber gambar: amskynews, yelp, alamtani


 


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Budidaya Ikan Cupang Untungnya Memang Memikat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel