iklan banner

Analisa Saham Bank Agro: Golden Cross

Analisa saham BANK AGRO

Sekilas PT Bank Agroniaga Tbk (BANK AGRO)

BANK AGRO pada mulanya didirikan atas pemahaman sepenuhnya dari Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) sebagai pengelola dana pensiun karyawan seluruh PT Perkebunan Nusantara, bahwa agrobisnis di Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan. Maka pada dikala pemerintah mengeluarkan kebijakan yang memberi akomodasi untuk membuka perjuangan bank pada tanggal 27 Oktober 1988, DAPENBUN mempergunakan kesempatan ini untuk mendirikan bank yang aktivitas perjuangan utamanya membantu pembiayaan di bidang agrobisnis.

BANK AGRO didirikan dengan maksud untuk menjalankan aktivitas perjuangan di bidang perbankan umum dalam arti yang seluas-luasnya secara profesional, serta berperan menunjang terwujudnya industri agrobisnis yang semakin tumbuh dan berkembang dalam sistem perekonomian nasional yang tangguh dalam masa globalisasi di masa mendatang.

BANK AGRO yang didirikan dengan akte notaris Rd. Soekarsono, SH di Jakarta No. 27 tanggal 27 September 1989, kemudian memperoleh ijin perjuangan dari Menteri Keuangan tanggal 11 Desember 1989, mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Februari 1990.

Terjadinya krisis keuangan Asia pada tahun 1997, menyeret Indonesia memasuki krisis multi-dimensional yang terburuk sepanjang sejarah. Namun BANK AGRO berhasil mempertahankan eksistensinya tanpa pemberian rekapitalisasi dari pemerintah. Keberhasilan ini disebabkan adanya penerapan pengelolaan perbankan yang senantiasa memegang teguh prinsip kehati-hatian, patuh dan taat pada landasan operasional, yang bersandar pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik, termasuk nilai-nilai utama yang dianut, serta memberdayakan sumber dana dan sumber daya guna pengembangan secara dinamis bagi keberhasilan perjuangan BANK AGRO.

Bank Agro mulai terjun ke lantai bursa dengan melaksanakan IPO (Initial Public Offering) pada tanggal 8 Agustus 2003.

Keberhasilan BANK AGRO juga tidak terlepas dari janji yang telah benar-benar ditunjukkan oleh Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) sebagai Pemegang Saham Pengendali, dengan terus ditingkatkannya permodalan BANK AGRO serta penyaluran dana yang terfokus dan selektif pada sektor agrobisnis, ibarat kredit kepada PT Perkebunan Nusantara berikut kelompok perjuangan pendukungnya (rekanan dan kontraktor) maupun penyaluran dana untuk kesejahteraan para petani melalui KKPA dan KKP yang telah direkomendasi oleh PT Perkebunan Nusantara terkait.

Pada tanggal 4 Maret 2011, Bank Agro resmi diakuisisi oleh Bank BRI.

Analisa Fundamental

Dari laporan keuangan yang dipublikasikan di website Bursa Efek Indonesia (BEI) sanggup dirangkum beberapa indokator utama kinerja Bank Agro sebagai berikut:

  2010 2011 2012
Q2
Peningkatan      
  a. EPS 526% 125% 70%
  b. Pendapatan 3% 1% 22%
  c. Laba operasi 145% 62% 63%
ROE 5% 13% 11%
DER         9,97         9,01         7,73

Catatan : ROE 2012 sudah disetahunkan (annualized)

EPS

Dalam 3 tahun terakhir EPS selalu naik. Kenaikan EPS cukup baik, jauh diatas standar minimal 25% (versi SahamOK)

Pendapatan

Kenaikan pendapatan ditahun 2010 dan 2011 kurang meyakinkan. Namun sampai kuartal kedua tahun 2012, peningkatan pendapatan mulai signifikan dan berada diatas standar minimal 20% (versi SahamOK)

Laba Operasi

Kenaikkan keuntungan operasi cukup seimbang dengan kenaikan EPS. Ini mencerminkan bahwa pendapatan secara mayoritas diperoleh dari perjuangan inti perusahaan.

ROE

ROE berada dibawah standar minimal 20% yang dibutuhkan (versi SahamOK).  Bahasa awamnya, prosentase keuntungan yang diperoleh sangat kecil jikalau dibandingkan dengan modal yang dimiliki.

DER

DER (Dept to Equity Ratio) atau rasio hutang terhadap modal sangat tinggi dan di tahun 2012 masih diatas 7 kali. DER yang baik harus nya kecil, tetapi lantaran ini ialah bank, maka semakin besar DER semakin baik lantaran itu mengindikasikan meningkatnya jumlah tabungan nasabah yang dikelola bank.

Secara keseluruhan Bank Agro mempunyai kinerja yang tumbuh.

Likuwiditas di bursa

Awal oktober 2012 Bank Agro mempunyai kapitalisasi pasar sebesar 430 milyar (lihat Kapitalisasi Pasar 2012). Dari laporan keuangan kuartal kedua tahun 2012 kepemilikan saham Bank Agro ialah :

  1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk :  79,78%
  2. Dana Pensiun Perkebunan : 14%
  3. Publik : 6,22%

Sehingga kapitalisasi yang ada di publik sekitar 26,7 milyar saja.  Jumlah yang kecil ini sangat rentan dengan manipulasi harga oleh pasar (istilah kerennya digoreng atau dikerjain bandar).  Namun lantaran ditopang oleh kinerja keuangan yang cukup baik, kenaikkan harga saham Bank Agro masih memungkinkan tanpa dimanipulasi pasar.

PER (Price Earning Ratio)

EPS pada laporan kuartal kedua 2012 tercatat sebesar Rp 5,6 (dilusi).  Bila disetahunkan (annualized) menjadi Rp 11,2.  Dengan harga penutupan tanggal 16 Oktober 2012 dimana AGRI ditutup diharga Rp 120, maka saham bank AGRO memilik PER sekitar 9,3 kali.

Analisa Teknikal

Secara umum dalam 3 tahun terakhir pergerakan harga saham Bank Agro masih dalam tren bearish (tren turun).  Namun ada tanda bahwa penurunan tidak lagi memcapai terendah baru.

 pada mulanya didirikan atas pemahaman sepenuhnya dari Dana Pensiun Perkebunan  Analisa saham Bank Agro: Golden Cross

Grafik harga saham Bank Agro 2010-2012

Tren harga mulai mengerucut (konvergen). Terlihat bahwa harga sudah berada diatas MA40 (moving average 40 hari).  Dalam waktu dekat, harga saham bank AGRO akan mecoba menebus resistennya di MA100.

 pada mulanya didirikan atas pemahaman sepenuhnya dari Dana Pensiun Perkebunan  Analisa saham Bank Agro: Golden Cross

Grafik tren harga saham Bank AGRO – Golden cross

Bila bisa menembus MA100 sehingga terbentuk golden cross, maka saham Bank AGRO mencoba mendekati resisten berikutnya disekitar harga 150.

Beli ga yaaaaa…..

 


Sumber https://www.sahamok.com

0 Response to "Analisa Saham Bank Agro: Golden Cross"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel