iklan banner

6 Langkah Membangun Bisnis Budidaya Udang Galah

Budidaya udang galah – Pada tahun 2015 Indonesia disebut – sebut mencetak rekor sebagai penguasa ekspor udang ke Negara Amerika Serikat. Berdasarkan data perdagangan yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat maret 2015, Indonesia yaitu negara yang menguasai pangsa pasar udang AS sebesar 22,7 persen dengan nilai devisa mencapai US$ 93,5 juta. Komoditas ekspor udang andalan Indonesia yaitu udang vaname dan udang windu. Untuk artikel cara lengkap budidaya udang windu sanggup Anda klik di sini


Meski demikian jenis udang air tawar udang galah juga memiliki potensi yang cukup tinggi untuk menghasilkan laba yang besar.  Hal inilah yang mendorong mulainya para peternak udang mulai melaksanakan budidaya udang galah walaupun nilai produksinya belum sebesar udang vaname dan udang windu. Tetapi dari tahun ke tahun budidaya udang galah di Indonesia sudah mulai menawarkan perkembangan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.


 sebut mencetak rekor sebagai penguasa ekspor udang ke Negara Amerika Serikat 6 Langkah Membangun Bisnis Budidaya Udang Galah
Panen budidaya udang galah

Hal yang menjadikan udang galah ini berpotensi sebagai barang ekspor alasannya udang galah memiliki ukuran yang besar kalau dibandingkan dengan jenis udang air tawar lainnya. Selain itu udang jenis ini memiliki nilai hemat yang penting alasannya udang galah memiliki banyak penggemar baik di dalam negeri maupun di luar negeri, menyerupai di beberapa negara Eropa dan Jepang.


Konsumen Udang Galah


Semua orang niscaya membutuhkan protein hewani untuk memenuhi kesehatan tubuhnya. Udang galah yaitu salah satu sumber protein hewani. Sehingga jenis udang ini banyak diburu oleh penggemar masakan udang. Namun alasannya nilainya yang tinggi, udang dengan rasa gurih dan elok ini banyak dikonsumsi oleh kalangan menengah keatas.


Tips Memulai Bisnis 


Budidaya udang galah ini sanggup Anda mulai pada kolam ataupun tambak. Untuk menunjang keberhasilan ternak udang galah maka Anda membutuhkan teknologi yang benar – benar sesuai dengan kebutuhan budidaya dan juga sesuai dengan skala perjuangan yang Anda miliki. Saat ini budidaya udang galah sudah mulai meluas ke banyak sekali kawasan menyerupai Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Untuk memulai bisnis budidaya udang galah, Anda harus memperhatikan beberapa langkah cara budidaya udang galah berikut ini:



  • Pilihlah lokasi perjuangan budidaya udang galah bersahabat dengan sumber air. Air memiliki pH 7,5 – 8,5 dengan suhu sekitar 24 – 32 derajat celcius. Oksigen yang terlarut dalam air minimal 3 ppm. Jangan memakai air yang tercemar.

  • Siapkanlah segala peralatan yang dibutuhkan untuk budidaya udang galah Anda. Seperti pH meter, termometer dan tes kit untuk mengecek kualitas air.

  • Buatlah kolam dengan ukuran 400 m2.

  • Olahlah tanah dasar kolam. Caranya yaitu dengan mencangkul tanah, kemudian balikkan dan kemudian keringkanlah tanah. Kemudian lakukan pengapuran 150 gram/m2. Lalu lakukan pemupukan dengan pupuk sangkar dengan dosis 250 gram/m2, pupuk urea serta TSP masing – masing sebanyak 5 gram/m2.

  • Pasanglah rumah – rumahan yang terbuat dari pecahan bambu. Rumah – rumahan ini dibentuk sebagai tempat berlindung udang.

  • Isi kolam yang akan dipakai untuk budidaya udang galah dengan air setinggi 80 cm. Pengisian air dilakukan beberapa hari sebelum penebaran benur (bibit udang galah).

  • Tebarlah benur dengan kepadatan sekitar 10 – 20 ekor/m2.


Keuntungan Berbisnis 


Prospek untuk perjuangan budidaya udang galah diprediksi cukup cerah kedepannya, alasannya kalau Anda bandingkan dengan budidaya ikan air tawar maka budidaya udang jenis ini harganya relatif lebih tinggi. Selain itu laba lainnya yaitu udang galah ini sudah banyak diekspor ke luar negeri sepeti Jepang dan beberapa negara di Eropa. Keunggulan lainnya yaitu udang galah memiliki cita rasa gurih dan elok yang banyak disukai oleh penggemar masakan udang.


Hambatan Bisnis 


Untuk memenuhi kebutuhan pasar tentunya sangat dibutuhkan cara yang sempurna sehingga ternak udang galah ini akan menghasilkan produk yang melimpah dengan skala yang besar dan waktu yang terukur. Akan tetapi setiap perjuangan yang dibangun tentunya ada kendala yang nantinya harus Anda siap hadapi. Beberapa kendala dalam budidaya udanga galah yang sanggup sering Anda temui adalah:



  • Ketersediaan benur atau bibit udang galah yang seringkali tidak berkelanjutan.

  • Perawatan yang kurang maksimal serta kualitas air yang jelek sanggup menjadikan benih udang galah banyak yang mati.


Strategi Pemasaran 


Untuk memasarkan udang galah para petani udang biasanya bekerja sama dengan para pelaku bisnis kuliner. Seperti bisnis katering, warung makan atau restoran – restoran seafood. Selain itu hasil panen udang galah biasanya akan diambil oleh pedagang – pedagang di pasar. Mereka lebih menyukai mengambil pribadi ke petani alasannya harga belinya yang lebih murah. Promosi dari verbal ke verbal juga efektif untuk mengenalkan bisnis udang galah yang Anda bangun. Strategi lainnya yaitu dengan memasang plakat nama dan informasi mengenai keberadaan lokasi budidaya udang galah Anda. Sehingga orang – orang yang melintas lokasi tersebut akan mengetahui perjuangan yang sedang Anda jalankan. Anda juga sanggup memakai media umum atau media online untuk meliputi pasaran yang lebih luas lagi.


Kunci Sukses 


Jagalah kualitas udang Anda dengan baik dan selalu perhatikan bagaimana cara merawat udang galah dan kolam dengan baik dan benar. Lakukanlah perawatan secara rutin menyerupai membersihkan kolam, menyidik kondisi air dan mengatur populasi udang galah dalam kolam. Dengan demikian diperlukan resiko – resiko untuk kegagalan panen sanggup Anda tekan, sehingga hasil ternak udang galah Anda akan cukup memuaskan.


 sebut mencetak rekor sebagai penguasa ekspor udang ke Negara Amerika Serikat 6 Langkah Membangun Bisnis Budidaya Udang Galah
Kolam budidaya udang galah

Untuk jenis udang yang sanggup Anda jadikan peluang perjuangan sanggup di baca pada artikel kami berikut ini, klik di sini.


sumber gambar: faunadanflora, peternakan, lalaukan




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "6 Langkah Membangun Bisnis Budidaya Udang Galah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel