iklan banner

2 Cara Membagi File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Part

 cara membagi file berukuran besar menjadi beberapa part 2 Cara Membagi File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Part

Dalam mengelolah sebuah file ada banyak sekali macam aktifitas yang sering dilakukan, salah satunya yaitu membagikan file tersebut ke teman-teman anda. Untuk membagikan sebuah file ada banyak sekali macam cara, contohnya saja anda sanggup membuatkan pribadi melalui sosial media atau mengupload ke situs cloud kemudian membagikan link file yang sudah diupload.

Jika anda hendak membagikan file dengan cara mengupload file ke situs penyimpanan online terlebih dahulu, maka ada banyak situs gratisan yang sanggup digunakan. Situs atau website penyimpanan online tersebut sanggup anda gunakan untuk mengupload file apa saja, baik itu berupa dokumen, musik, video, gambar, dll. Sayangnya, kebanyakan situs penyedia layanan penyimpanan online yang gratis membatasi kapasitas file yang diupload. Misalnya saja, ada yang membatasi setiap file hanya boleh berukuran maksimal 300MB, 500MB, 150MB, dll.

Hal ini tentu saja akan menjadi problem jikalau anda hendak mengupload file dengan ukuran besar untuk dibagikan. Biasanya situs penyedia layanan online tersebut akan memperlihatkan layanan premium yang tidak membatasi ukuran file yang diupload. Masalahnya, tentu saja anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli layanan premium hanya untuk membuatkan file. Solusi alternatif yaitu dimana anda sanggup membagi atau memecah file berukuran besar tersebut menjadi beberapa part. Dengan demikian, anda tetap mengupload file berukuran besar dan tidak melewati kapasitas yang sudah ditentukan alasannya yaitu sudah dipecah menjadi beberapa file.

Praktek ini tentu saja sangat sering dilakukan, terutama bagi pengguna komputer yang sering mengupload file game, aplikasi, film, atau file berukuran besar lainnya. Sehingga, ketika pengguna mend0wnl0ad file tersebut, maka harus mengunduh semua part file kemudian menggabungkan file part tersebut supaya sanggup digunakan.

Membagi atau Memecah File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Part

Jika anda hendak mengupload sebua file namun ukurannya sangat besar, maka anda sanggup memecah file tersebut menjadi beberapa bagian. Misalnya saja, anda mempunyai file dengan ukuran 1GB maka anda sanggup memecahnya menjadi file berukuran 200MB sehingga akan diperoleh 5 buah file. File-file tersebut nantikan akan mempunyai ekstensi berupa 3 digit angka setiap file, menyerupai .001, .002, .003, dst.

Untuk membagi file yang mempunyai kapasitas besar menjadi beberapa bagian, maka ada banyak sekali macam cara yang sanggup anda gunakan. Dua cara yang sangat gampang untuk anda lakukan yaitu dengan memakai WinRAR dan memakai software khusus yaitu HJ-Split.

1. Memecah File Berukuran Besar Menggunakan WinRAR

Cara pertama yang sanggup anda gunakan untuk menciptakan file part yaitu dengan memakai software kompresi WinRAR. Software ini merupakan software yang sangat disarankan alasannya yaitu sebagian besar komputer Windows di seluruh dunia sudah memasang software ini. Dengan demikian anda tidak perlu repot memasang software lagi hanya untuk melaksanakan pekerjaan memecah atau membagi file berukuran besar. Untuk melakukannnya, silahkan anda ikuti petunjuk atau langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu memastikan bahwa pada Laptop yang anda gunakan sudah terinstall WinRAR. Jika ternyata belum, maka silahkan anda install terlebih dahulu.

Selanjutnya, silahkan klik kanan pada file yang akan anda pecah menjadi beberapa bagian. Setelah itu klik Add to archive… pada context menu.

 cara membagi file berukuran besar menjadi beberapa part 2 Cara Membagi File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Part

Pada jendela WinRAR, anda akan melihat bab Split to volumes, size dibagian bawah. Silahkan isi bab tersebut sesuai dengan kapasitas maksimal dari file yang sudah dipecah nantinya. Misalnya saja, jikalau anda hendak membagi file yang nantinya masing-masing akan berukuran 200MB, maka silahkan masukkan 200 pada bab ini. Anda juga sanggup mengubah jenis atau satuan dari angka yang dimasukkan, mulai dari B, KB, MB, dan GB. Jika sudah selesai mengatur semuanya, silahkan klik Ok untuk memulai proses pembagian file.

 cara membagi file berukuran besar menjadi beberapa part 2 Cara Membagi File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Part

Selanjutnya anda hanya perlu menunggu sampai proses membagi file menjadi beberapa part selesai. Jika sudah selesai, maka anda akan menemukan beberapa file yang masing-masing mempunyai pelengkap kata part1, part2, part3, dst pada nama filenya.

2. Memecah File Berukuran Besar Menggunakan HJ-Split

Cara kedua yang sanggup anda gunakan jikalau hendak membagi atau memecah file berukuran besar menjadi beberapa part yaitu dengan memakai software HJ-Split. Software ini merupakan sofware khusus untuk melaksanakan proses pembagian atau penggabungan file. Untuk sanggup melaksanakan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu pastikan bahwa pada penyimpanan Laptop yang ketika ini dipakai sudah terdapat software ini. Jika belum, silahkan d0wnl0ad software HJ-Split terlebih dahulu.

Setelah itu, silahkan pribadi jalankan file hjsplit.exe, anda tidak perlu menginstallnya alasannya yaitu ini merupakan software portable. Kemudian pada jendela HJ-Split, untuk membagi (split) file, silahkan klik Split.

 cara membagi file berukuran besar menjadi beberapa part 2 Cara Membagi File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Part

Selanjutnya pada jendela Split, silahkan klik Input File untuk menambahkan file yang akan dibagi menjadi beberapa part. Setelah itu silahkan cari dan klik file yang akan anda tambahkan kemudian klik Open di jendela Select the input file. Kemudian, pada bab Split file size silahkan masukkan ukuran file yang anda inginkan, jangan lupa mengubah satuan menjadi Mbytes. Jika sudah beres, silahkan klik Start untuk memulai proses split file.

 cara membagi file berukuran besar menjadi beberapa part 2 Cara Membagi File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Part

Setelah itu anda hanya perlu menunggu proses memecah file menjadi beberapa bab selesai yang ditandai dengan munculnya isu Splitting Complete. Jika sudah selesai, maka anda akan menemukan file yang sudah dipecah menjadi beberapa bab dan ditandai dengan ekstensi .001, .002, .003, dst. Langkah terakhir yaitu silahkan tutup software HJ-Split jikalau tidak ingin memecah file lain.

 cara membagi file berukuran besar menjadi beberapa part 2 Cara Membagi File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Part

Itulah cara membagi file berukuran besar menjadi beberapa part atau beberapa bagian. Cara ini sanggup anda gunakan jikalau hendak mengupload file-file tersebut sementara dibatasi kapasitas maksimal file yang sanggup diupload. Cara menyerupai ini juga akan sangat membantu pengguna yang mempunyai koneksi internet kurang stabil, alasannya yaitu sanggup mengunduh file bertahap atau part demi part.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "2 Cara Membagi File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Part"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel