iklan banner

2 Cara Mematikan Windows Update Di Windows 8/8.1 Secara Permanen

Cara mematikan Windows Update di Windows  2 Cara Mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 Secara Permanen

Bagi pengguna komputer di Indonesia, sistem operasi Windows merupakan pilihan terbaik bagi kebanyakan orang. Tidak heran bila pengguna Windows di negara Indonesia sangat besar bila dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, ibarat Linux atau MacOS. Salah satu edisi Windows yang sangat digemari sampai ketika ini yaitu Windows 8 maupun Windows 8.1.

Meskipun sekarang sudah hadir Windows 10 yang merupakan edisi terakhir dari semua keluaran Windows, namun tentu saja masih banyak pengguna yang tetap menginstall Windows 8.1 di komputernya. Alasannya sanggup beragam, mulai dari sudah sangat terbiasa dengan Windows 8.1, ataupun alasannya yaitu malas melaksanakan upgrade ke versi yang lebih gres yaitu Windows 10.

Sudah menjadi diam-diam umum bahwa setiap agenda yang ada di dunia komputer akan terus melaksanakan update fitur, termasuk pada OS Windows 8.1. Update Windows intinya mempunyai tujuan yang sama ketika melaksanakan update pada software atau OS lainnya, yaitu untuk mendapatkan fitur gres yang telah ditambahkan oleh pengembang dan juga untuk memperbaiki bug pada versi sebelumnya. Tidak hanya itu saja, bila ditinjau secara teliti, masih banyak kelebihan yang akan diperoleh ketika melaksanakan Update Windows 8.1. Tapi, tentu saja anda juga harus mendapatkan resiko atau kekurangan dari melaksanakan Update Windows 8.1.

Kelebihan dan Kekurangan Windows Update pada Windows 8/8.1

Bagi anda yang belum tahu, bahwa secara default sistem operasi Windows akan melaksanakan pembaharuan secara otomatis meskipun anda tidak perintahkan. Hal ini alasannya yaitu pada Windows sudah ditanamkan fitur Auto Update yang akan segera melaksanakan update ketika anda terkoneksi ke internet dan terdapat pembaharuan. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi anda yang hendak melaksanakan update secara rutin alasannya yaitu akan selalu mendapatkan manfaat Update Windows 8.1 berikut tanpa melaksanakan update manual.

  • Mendapatkan fitur gres yang gres saja dikeluarkan oleh pengembang, dalam hal ini Microsoft.
  • Membersihkan atau memperbaiki semua bug yang terdapat pada Windows yang anda gunakan ketika ini.
  • Melakukan pembaharuan jenis virus atau malware sehingga komputer anda akan terjaga dari virus-vrus baru.

Meskipun demikian, tentu saja banyak juga yang tidak suka melaksanakan Update Windows pada Windows 8.1 yang digunakan. Sebagian besar merasa terganggu dengan adanya fitur Auto Update yang sering kali mengganggu pekerjaan. Tidak hanya itu, ketika anda melaksanakan Update Windows pada Windows 8.1, maka anda akan mencicipi efek negatif ketika proses dan sehabis melaksanakan Update Windows berikut ini.

  • Komputer akan bekerja lebih keras ketika proses Update Windows, sehingga menambah beban kerja Laptop atau PC Desktop.
  • Setelah melaksanakan Update Windows, komputer akan selalu bekerja lebih berat bila ternyata terdapat fitur gres yang cukup menguras tenaga komputer.
  • Jika anda memakai kuota berbayar dan tidak unlimited, maka anda akan kehilangan banyak kuota internet tanpa disadari alasannya yaitu fitur Auto Update.
  • Ruang penyimpanan kosong pada hardisk akan terus berkurang, terutama pada partisi C. Sehingga bila sudah sangat minim, maka anda terpaksa harus menambah kapasitas partisi C tersebut.
  • Proses mematikan dan menghidupkan Laptop akan lebih usang sehabis anda melaksanakan proses Update Windows, alasannya yaitu semua file dan proses Update diselesaikan ketika dalam proses restart.
  • Komputer anda akan menerima problem bila anda mencoba menghentikan paksa proses Update yang sudah berjalan sangat lama.

Oleh alasannya yaitu itu, bila anda tidak suka ketika Windows 8.1 yang dipakai melaksanakan Update Windows secara otomatis akhir adanya fitur Auto Update, maka anda sanggup mematikan fitur Windows Update tersebut. Terlebih lagi bila anda tidak suka ketika Windows membutuhkan waktu yang sangat usang untuk melaksanakan booting sehabis terjadi proses Update Windows.

Mematikan Windows Update di Windows 8/8.1

Jika anda sudah nyaman memakai versi Windows 8.1 yang ketika ini dan tidak ingin melaksanakan update Windows, maka anda jangan kahwatir alasannya yaitu anda sanggup menonaktifkannya. Ada aneka macam cara yang sanggup anda gunakan untuk mematikan Windows Update di Windows 8.1.

1. Mematikan Windows Update di Windows 8.1 Melalui Control Panel

Cara pertama yang sanggup anda gunakan untuk mematikan atau menonaktifkan fitur Windows Update di Windows 8.1 yaitu melalui Control Panel. Cara ini merupakan metode yang paling gampang dan sanggup dipraktekkan oleh siapa saja yang tidak suka bila Windows 8.1 yang dipakai melaksanakan update. Untuk melaksanakan cara ini, anda sanggup mengikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mematikan Windows Update yaitu membuka Control Panel di Windows 8.1 yang ketika ini digunakan. Anda sanggup melakukannya dengan mencari dan klik Control Panel pada daftar sajian Windows 8.1. Selain itu, anda juga sanggup klik kanan pada ikon Windows di pojok kiri bawah kemudian klik Control Panel.

Pada jendela Control Panel, silahkan klik System and Security untuk membuka pengaturan sistem dan keamanan pada Windows 8.1 yang anda gunakan.

Cara mematikan Windows Update di Windows  2 Cara Mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 Secara Permanen

Selanjutnya, pada laman System and Security di Control Panel, silahkan klik Turn automatic updating on or off untuk membuka pengaturan Windows Update di Windows 8.1.

Cara mematikan Windows Update di Windows  2 Cara Mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 Secara Permanen

Langkah terakhir pada cara pertama ini yaitu silahkan ubah select box pada bab Important updates dan pilih Never check for update (not recomended) untuk mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 secara permanen. Setelah itu, silahkan klik Ok untuk menyimpan perubahan.

Cara mematikan Windows Update di Windows  2 Cara Mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 Secara Permanen

Pada waktu selanjutnya, Windows 8.1 anda tidak akan pernah melaksanakan update sama sekali. Namun, bila anda hendak mengaktifkannya kembali maka cukup ubah kembali bab Important update menjadi Install updates automatically (recomended) biar Windows Update berjalan secara otomatis.

Opsi Download Updates but let me choose whether to install them bila anda hendak Windows mengunduh file Update namun anda sanggup mengatur kapan harus menginstall Update Windows tersebut. Sementara opsi Check for updates but let me choose whether to d0wnl0ad and install them yaitu bila hendak mengatur kapan harus mengunduh dan menginstall Update Windows.

2. Mematikan Windows Update di Windows 8.1 Melalui Local Services

Cara kedua yang sanggup anda lakukan bila hendak menonaktifkan Windows Update pada Windows 8.1 yaitu dengan memakai Local Services. Local services merupakan fitur bawaan Windows 8.1 yang akan menampilkan semua proses yang berjalan pada komputer anda. Salah satunya yaitu proses Windows Update yang sanggup anda matikan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama untuk mematikan Windows Update yaitu silahkan buka Windows Services di Windows 8.1 yang anda gunakan. Anda sanggup melakukannnya dengan cara mencari dengan kata kunci “service” di Start Windows kemudian klik View local services.

Cara mematikan Windows Update di Windows  2 Cara Mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 Secara Permanen

Pada jendela Services, silahkan scroll kebawah dan cari service yang berjulukan Windows Update. Anda sanggup menekan karakter W pada keyboard untuk melaksanakan pencarian lebih cepat. Selanjutnya, silahkan klik kanan pada Windows Update kemudian klik Properties.

Cara mematikan Windows Update di Windows  2 Cara Mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 Secara Permanen

Pada jendela Windows Update Properties, silahkan ubah Startup type menjadi Disabled biar Windows Update tidak akan aktif secara otomatis ketika komputer dihidupkan. Sementara itu, untuk mematikan proses Windows Update silahkan klik Stop dibawah bab Service status. Setelah semuanya sudah selesai, silahkan klik Apply untuk menyimpan perubahan.

Cara mematikan Windows Update di Windows  2 Cara Mematikan Windows Update di Windows 8/8.1 Secara Permanen

Setelah anda melaksanakan langkah-langkah tersebut, maka Windows 8.1 anda tidak akan lagi melaksanakan Updating Windows secara otomatis. Namun, bila anda hendak mengaktifkan kembali Windows Update di Windows 8.1, silahkan ubah Startup type menjadi Automatic dan klik Start dibawah Service status.

Itulah cara mematikan atau menonaktifkan fitur Windows Update yang terdapat pada Windows 8/8.1. Cara ini akan sangat cocok bagi anda yang tidak bahagia ketika Windows yang dipakai melaksanakan Update, apalagi bila proses Update berjalan secara otomatis. Selain itu, anda juga tidak akan kehilangan kuota internet yang tidak disadari alasannya yaitu fitur Auto Update ini. Anda juga sanggup memakai cara ini bila hendak mematikan Windows Update di Windows 7.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "2 Cara Mematikan Windows Update Di Windows 8/8.1 Secara Permanen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel