iklan banner

Teori Dan Konsep Perencanaan

Pendekatan (strategi) perencanaan pendidikan terkait erat dengan struktur penduduk. Ada empat pendekatan dalam perencanaan pendidikan, yaitu; 
  • Pendekatan kebutuhan sosial (social demand approach), 
  • Pendekatan ketenagakerjaan (manpower approach), 
  • Pendekatan untung rugi (cost and benefit), 
  • Pendekatan cost eefectiveness, dan 
  • Pendekatan terpadu. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan.

1. Pendekatan kebutuhan sosial (sosial demand approach)
Pendekatan model ini didasarkan atas keperluan masyarakat ketika ini dan menitik beratkan pada pemerataan pendidikan menyerupai wajib berguru (wajar 9 tahun). Kekurangannya pendekatan model ini adalah; 
  • Mengabaikan alokasi dalam skala nasional, 
  • Mengabaikan kebutuhan perencanaan ketenagakerjaan, 
  • Cenderung hanya menjawab persoalan pemerataan dengan lebih mengutamakan kuantitas daripada kualitas pendidikan.

2. Pendekatan ketenagakerjaan (manpower approach)
Pendekatan ini mengutamakan keterkaitan system pendidikan dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja. Membengkaknya angka pengangguran contohnya menjadi pendorong untuk mempertemukan gape antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Upaya untuk hal ini contohnya diberlakukannya system link and match, magang, pendidikan profesi, pengembangan smk dsb.

3. Pendekatan untung rugi (cost and benefit)
Dalam pendekatan ini dibentuk perhitungan perbandingan antara biaya yang dikeluarkan untuk penyelengaraan pendidikan serta laba yang akan siperoleh dari hasil pendidikan. Pendekatan ini melihat pendidikan sebagai upaya investasi yang harus memperlihatkan laba kasatmata pada ketika nanti.

4. Pendekatan cost efectiveness
Pendekatan ini menitikberatkan pada pemanfaatan biaya secermat mungkin untuk mencapai hasil pendidikan seoptimal mungkin, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Pendidikan ini diadakan bila benar-benar memperlihatkan laba yang relative pasti. Seperti dibukannya kegiatan magister management, magister bisnis administrasi, kursus-kursus dsb.

5. Pendekatan terpadu
Yaitu dengan memadukan keempat pendekatan diatas sunaryo (2000)
Dalam irit kami, pendekatan terpadu sanggup dipakai untuk menjembatani aneka macam kepentingan akan tujuan output pendidikan. Apalagi dalam islam dikenal akan adanya dua kebutuhan duniawi dan ukhrowi sehingga pendekatan yang dipakai untuk pendidikan tentu semestinya meliputi kedua kebutuhan tersebut.




Sumber http://dominique122.blogspot.com

0 Response to "Teori Dan Konsep Perencanaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel