iklan banner

Teknik Penyerangan Sepak Bola


 
 Sepak bola ialah permainan beregu yang terdiri dari sebelas pemain inti.permainn ini mengutamakan kerjasama antar pemain seregu untuk memperoleh hasil yang maksimal atau memenangkan pertandingan.Selain kerjasama taktik dan taktik bermain termasuk gugusan ( sistem ) yang diterapkan oleh suatu tim akan memilih keberhasilan tim tersebut dalam memenangkan pertandingan.formasi dalam permainan sepak bola ialah penempatan,ruang gerak serta pembagian kiprah dari setiap pemain dengan posisi yang ditempatinya.Kerjasama dan gugusan ini berlaku dalam situasi menyerang maupun dalm keadaan bertahan.Banyak gugusan yang sanggup digunakan/terapkan dalam permainan sepak bola diantaranya gugusan 3-4-3, 3-5-2, WM atau 4-4-2, 4-3-3, dan 2-4-2.

1. FORMASI WM atau 4-2-4
          Tujuan utama dalam membuat/menyusun taktik contoh penyerangan ialah memasukkan bola kegawang lawan sebanyak mungkin,salah satu caranya ialah dengan memperbanyak jumlah pemain penyerang.Pada permainan sepak bola,formasi susunan permainan dibedakan menjadi 3macam yaitu:

a. Formasi pemain dari barisan pertahanan (belakang) tanpa atau dengan libero.

b. Formasi pemain dari barisan penghubung (tengah).

c. Formasi pemain dari barisan penyerang (depan).

          Formasi 4-2-4 lahir di inggris dan lalu berkembang luas.Pola penyerangan WM atau 4-2-4 dipakai oleh tim Brasil pada tahun 1958 yang mengantarkanya menjadi juara dunia dalam piala dunia (FIFA).

          Cara melaksanakan gugusan 4-2-4 ialah sebagai berikut :
a. Empat barisan belakang merupakan pertahanan yang baik dan besar lengan berkuasa untuk menjaga gawang.

b. dua center back (poros belakang) bermain saling bersisian dan saling menolong, salah satu dari mereka      maju ke depan apabila temanya melaksanakan penyerangan.

c. Kedua wing back (belakang kanan dan kiri) msing-masing bertugas untuk melindungi kedua center back    (poros belakang) dan harus memiliki kemungkinan untuk berkonsentrasi terhadap pemain sayap awan.

d. Kedua pemain tengah (gelandang) harus bekerja keras untuk beroperasi pada lapangan yang mempunyai   radius luas.Mereka ditugaskan untuk membangun serangan dan menciptakan pertahanan.

e. Keempat barisan depan dipersiapkan terutama untuk penyerangan,kedua sayap turut serta di dalam membangun penyerangan,memulai dari lapangan tengah.

Sumber http://pelatih-olahraga.blogspot.com

0 Response to "Teknik Penyerangan Sepak Bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel