iklan banner

Silabus Mtk Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1


SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nama Sekolah           :           SDN ..............................
Kelas / Semester       :           IV / 1
Mata Pelajaran          :           Matematika
Bab 1                          :           Pecahanan Senilai
KompetensiDasar
Indikator
MateriPokok
Kegiatan Pembelajaran
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4.1 Mengindetifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
3.1.1 Menyebutkan unsur-unsur pecahan.
4.1.1 Menunjukkan bentuk pecahan dari suatu gambar atau model konkret.

   Mengenal Pecahan
   Guru memberi teladan yang berkaitan dengan pecahan
   Guru membimbing siswa menciptakan potongan kertas menjadi 8 bagian
   Guru membimbing siswa mengisi tabel 1.1 di buku siswa
   Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4.1 Mengindetifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
3.1.2 Membandingkan pecahan.
4.1.2 Mengurutkan beberapa pecahan.
Menentukan Letak Pecahan pada Garis Bilangan

   Mengelompokkan bilangan pecahan menurut penyebut yang sama
   Siswa menuliskan pecahan-pecahan tersebut pada garis bilangan menurut kelompoknya
   Mengurutkan pecahan-pecahan yang diberikan pada langkah-langkah acara 1.2 dari yang paling kecil hingga paling besar

3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4.1 Mengindetifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
3.1.3 Menjelaskan pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4.1.3 Mengidentifikasi pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
         Menentukan Pecahan Senilai
   Menggambar 3 persegi panjang 8 cm dan lebar 1 cm
   Memotong persegi panjang tersebut
1.  menjadi 2 bagian
2.  menjadi 4 bagian
3.  menjadi 8 bagian
Membuat kesimpulan bahwa    ,     dan     merupakan pecahan-pecahan yang senilai
              


           
Mengetahui,
Kepala Sekolah





.........................................
            NIP. .................................
......................., 17 Juli 2017
Guru Kelas IV





.........................................
NIP. .................................

















































SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nama Sekolah           :           SDN ................................
Kelas / Semester       :           IV / 1
Mata Pelajaran          :           Matematika
Bab2                           :           Bentuk-Bentuk Pecahan
KompetensiDasar
Indikator
MateriPokok
Kegiatan Pembelajaran
3.2 Menjelaskan aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya.
4.2 Mengindetifikasi aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya.
3.2.1 Menjelaskan hubungan antara pecahan biasa dan pecahan campuran.
4.2.1 Mengidentifikasi pecahan adonan dalam suatu permasalahan.
   Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran

   Bersama kelompok siswa memotong buah sama besar
   Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada langkah 4 acara 2.1
   Menarik kesimpulan perihal hubungan pecahan biasa dengan pecahan campuran
   Menyampaikan hasil kerja dihadapan guru dan teman-teman
3.2 Menjelaskan aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya.
4.2 Mengindetifikasi aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya.
3.2.2 Menjelaskan hubungan antara pecahan biasa dan pecahan desimal.
4.2.2 Mengidentifikasi bentuk desimal dalam suatu permasalahan.
   Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal
   Bersama kelompoknya siswa mencari buku di perpustakaan perihal meteri pecahan biasa dan pecahan yang berbentuk desimal
   Guru mengarashkan siswa untuk membaca dan memahami bahan yang diperoleh
   Melakukan penilaian perihal mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal
   Membahas soal cerita
3.2 Menjelaskan aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya.
4.2 Mengindetifikasi aneka macam bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya.

3.2.3 Menjelaskan hubungan antara pecahan biasa dan bentuk persen.
4.2.3 Mengidentifikasi bentuk persen dalam permasalahan.
   Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen
   Mempelajari cara mengubah pecahan biasa ke bentuk persen
   Melakukan penilaian perihal mengubah pecahan biasa ke bentuk persen
   Membimbing siswa dalam menjelaskan permasalah diskon
   Siswa mempresentasikan perhitungannya
              


           
Mengetahui,
Kepala Sekolah





.........................................
            NIP. .................................
......................., 17 Juli 2017
Guru Kelas IV





.........................................
NIP. .................................






























SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nama Sekolah           :           SDN ..............................
Kelas / Semester       :           IV / 1
Mata Pelajaran          :           Matematika
Bab3                             :           Penaksiran Hasil Operasi Hitung
KompetensiDasar
Indikator
MateriPokok
Kegiatan Pembelajaran
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
4.3 Menyelesaikan duduk kasus penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
3.3.1 Menentukan hasil operasi hitung.
4.3.1 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung
         Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
   Siswa bekerjasama dengan kelompoknya dalam mendiskusikan perihal operasi hitung pada pecahan
   Menyampaikan hasil kerja kelompok
   Guru mendampingi siswa dalam menyusun langka-langkah penyelesaian permasalahan dengan rapi
   Melakukan evaluasi
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
4.3 Menyelesaikan duduk kasus penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
3.3.2 Menjelaskan hukum perkalian antara dua buah pecahan.
4.3.2 Menerapkan hukum perkalian antara dua buah pecahan
   Perkalian Pecahan, Pembagian, dan Membulatkan Bilangan
§  Membimbing siswa dalam mempelajari perkalian dua bilangan pecahan
§  Mengadakan evaluasi
§  Membimbing siswa dalam mempelajari pembagian dua bilangan pecahan
§  Mengadakan evaluasi
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
4.3 Menyelesaikan duduk kasus penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
3.3.3 Menentukan hasil taksiran dari suatu operasi hitung.
4.3.3 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan penaksiran hasil operasi hitung.
   Menaksir Hasil Operasi Hilang
   Mendiskusikan hasil penaksiran biaya pembuatan taman
   Mengumpulkan jenis penaksiran yang paling mendekati biaya sesungguhnya
   Berdiskusi untuk menyimpulkan cara mencari taksiran terbaik
   Mebuliskan hasil diskusi pada selembar kertas dan di baca di depan kelas.
              




Mengetahui,
Kepala Sekolah





.........................................
            NIP. .................................
......................., 17 Juli 2017
Guru Kelas IV





.........................................
NIP. .................................

















SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nama Sekolah           :           SDN .....................................
Kelas / Semester       :           IV / 1
Mata Pelajaran          :           Matematika
Bab 4                          :           Kelipatan dan Faktor Bilangan Cacah
KompetensiDasar
Indikator
MateriPokok
Kegiatan Pembelajaran
3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan.
4.4 Mengidentifikasi faktor dan keliptan suatu bilangan.
3.4.1 Menjelasakan pengertian kelipatan bilangan.
4.4.1 Menunjukkan kelipatan bilangan dengan garis bilangan.
   Kelipatan Bilangan Cacah
   Dengan kelompoknya siswa menawarkan bilangan loncat
   Siswa menceritakan hasil kerja kelompoknya di depan kelas
   Siswa menawarkan bilangan loncat pada beberapa garis bilangan yang ada di langkah acara 2
   Membuat kesimpulan mengenai bilangan-bilangan loncat
3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan.
4.4 Mengidentifikasi faktor dan keliptan suatu bilangan.
3.4.2 Menjelasakan pengertian faktor bilangan.
4.4.2 Menuliskan faktor bilangan dari suatu bilangan asli.
   Faktor Bilangan
   Mengamati tabel perkalian 1 hingga 10 pada tabel 4.1
   Melengkapi tabel 4.1
Menyatakan bilangan 8,9,10 dan 12 dalam suatu perkalian dua atau lebih bilangan menurut tabel 4.1
              


           
Mengetahui,
Kepala Sekolah





.........................................
            NIP. .................................
......................., 17 Juli 2017
Guru Kelas IV





.........................................
NIP. .................................












SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nama Sekolah           :           SDN .......................................
Kelas / Semester       :           IV / 1
Mata Pelajaran          :           Matematika
Bab5                           :           Bilangan Prima
KompetensiDasar
Indikator
MateriPokok
Kegiatan Pembelajaran
3.5 Menjelaskan bilangan prima.
4.5 Mengindetifikasi bilangan prima.
3.5.1 Menjelaskan sifat bilangan prima.
4.5.1 Memberikan teladan bilangan prima.
   Pengertian Bilangan Prima
§  Membuat tabel 5.1 mengisi dengan bilangan 1 hingga 100
§  Bersama kelompoknya menandai kelipatan berkaitan dengan langkah acara 3 di acara 5.1
§  Menentukan bilangan yang tersisa (yang tidak ditandai)
§  Mencari keistimewaan bilangan tersebut
3.5 Menjelaskan bilangan prima.
4.5 Mengindetifikasi bilangan prima.
3.5.2 Menjelaskan Faktor Prima.
4.5.2 Menunjukkan faktor prima suatu bilangan.
   Faktor  Prima
  Guru membimbing siswa dalam melengkapi tabel 5.3
  Menemukan bilangan prima dari masing-masing faktor bilangan pada tabel 5.3
  Menentukan bilangan prima dari masing-masing faktor bilangan
  Membuat kesimpulan mengenai pengertian faktor prima
              







Mengetahui,
Kepala Sekolah





.........................................
            NIP. .................................
......................., 17 Juli 2017
Guru Kelas IV





.........................................
NIP. .................................




SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nama Sekolah           :           SDN ..................................
Kelas / Semester       :           IV / 1
Mata Pelajaran          :           Matematika
Bab6                           :           Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)
KompetensiDasar
Indikator
MateriPokok
Kegiatan Pembelajaran
3.6 Menjelaskan dan memilih faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari.    .
4.6 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari.
3.6.1 Menjelaskan faktor komplotan dua bilangan.
4.6.1 Menyebutkan faktor komplotan dua bilangan.
3.6.2 Menentukan faktor komplotan terbesar dari dua bilangan atau lebih.
4.6.2 Menggunakan faktorisasi prima untuk memilih FPB dari beberapa bilangan.
   Faktor Persekutuan Dua Bilangan
   Faktor Persekutuan Terbesar
   Mengamati bilangan dan faktor-faktornya
   Menentukan faktor bilangan yang sama dari dua bilangan
Menentukan KPK dari pasangan bilangan pada langkah acara 1 dengan menuliskan seluruh faktor prima pasangan bilangan tersebut
3.6 Menjelaskan dan memilih faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari.    .
4.6 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari.
3.6.3 Menjelaskan kelipatan komplotan dua bilangan
4.6.3 Menyebutkan kelipatan komplotan dua bilangan.
3.6.4 Menentukan kelipatan prsekutuan terkecil dari dua bilangan atau lebih.
4.6.4 Menggunakan faktorisasi prima untuk memilih KPK dari beberapa bilangan.
   Kelipatan Persekutuan Dua Bilangan
   Kelipatan Persekutuan Terkecil
   Menyelesaikan permasalahan yang diberikan bersama kelompok
   Menceritakan hasil kerja kelompok

3.6 Menjelaskan dan memilih faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari.    .
4.6 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor komplotan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan komplotan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari.
3.6.5 Menentukan penyelesaian duduk kasus yang berkaitan dengan FPB dan KPK.
4.6.5 Menggunakan FPB dan KPK dalam menuntaskan suatu duduk kasus nyata.
   Hal yang Berkaitan dengan FPB dan KPK
§  Menyelesaikan soal-soal latihan yang berafiliasi dengan FPB dan KPK
              





Mengetahui,
Kepala Sekolah





.........................................
            NIP. .................................
......................., 17 Juli 2017
Guru Kelas IV





.........................................
NIP. .................................









Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

0 Response to "Silabus Mtk Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel