iklan banner

Rpp Mtk Kelas 4 Krikulum 2013 Semester Genap Pengukuran Sudut Dengan Busur Derajat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)


Satuan Pendidikan      : SDN 1 Srati
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Materi Pokok              : Pengukuran sudut dengan busur derajat
Alokasi Waktu                        : 18 JP (6 Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan sesudah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan akseptor didik diharapkan sanggup
1.      Memahami cara membandingkan besar sudut
2.      Memahami cara mengukur sudut dengan busur derajat
3.      Mampu Menggunakan pengukuran sudut dengan busur derajat untuk menyelsaikan masalah
4.      Dapat Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan pengukuran sudut dengan busur derajat

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.12Menjelaskan dan memilih ukuran sudut pada berdiri datar dalam satuan baku dengan memakai busur derajat
3.12.1    Menganalisis dan memilih ukuran sudut pada berdiri datar dalam satuan baku dengan memakai busur derajat
3.12.2    Memahami Pengertian Sudut
3.12.3    Mengidentifikasi cara Membandingkan Besar Sudut
3.12.4    Menganalisis cara Mengukur Sudut dengan Busur Derajat
3.12.5    Menganalisis Menentukan Besar Sudut Putar
4.12Mengukur sudut pada berdiri datar dalam satuan baku dengan memakai busur derajat
4.12.1    Menggunakan pengukuran sudut dengan busur derajat untuk menyelsaikan masalah
4.12.2    Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan pengukuran sudut dengan busur derajat

C.     Materi Pembelajaran
1.      Fakta:
v  Busur drajat
2.      Konsep
v  Sudut yaitu suatu kawasan yang terbentuk dari pertemuan duagaris pada satu titik.
3.      Prinsip
v 
4.      Prosedur
v  Menggunakan pengukuran sudut dengan busur derajat untuk menyelsaikan masalah
v  Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan pengukuran sudut dengan busur derajat

D.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)


E.     Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

F.      Sumber Belajar
1.      Buku Mata PelajaranMatematika Kelas IV SD Kurikulum 2013
2.      Modul/bahan ajar
3.      Internet
4.      Sumber lain yang relevan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Religius)
2.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin)
3.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Pengertian Sudut.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
2.    Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Pengertian Sudutdengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut iniPengertian Sudut.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan:

v  Membaca
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama denganPengertian Sudut.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan denganPengertian Sudut.
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran  mengenai : Pengertian Sudutuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaantentang :Pengertian Sudutyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Pengertian Sudut.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaituPengertian Sudut.
v  Aktivitas
1.      Peserta didik diminta untuk mengamati Pengertian Sudut pada aktivitas mengamati
2.      Peserta didik diminta untuk bertanya perihal Pengertian Sudut pada aktivitas bertanya
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangPengertian Sudutdengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: Pengertian Sudut.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Pengertian Sudut.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.    Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Pengertian Sudut.
3.    Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Pengertian Sudut.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

2. Pertemuan Ke-2 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Displin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Pengertian Sudut.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Membandingkan Besar Sudut.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
2.    Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Membandingkan Besar Sudutdengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini: Membandingkan Besar Sudut.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan:

v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama denganMembandingkan Besar Sudut.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Membandingkan Besar Sudut.
v  Menyimak,
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran  mengenai : Membandingkan Besar Sudut
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan perihal : Membandingkan Besar Sudut
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Membandingkan Besar Sudut.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Membandingkan Besar Sudut.
v  Aktivitas
1.      Peserta didik diminta untuk mengamati caraMembandingkan Besar Sudut.
2.      Peserta didik diminta untuk mengerjakan kiprah yang telah guru sajikan sepertii berikut!
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangMembandingkan Besar Sudutdengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.      Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: Membandingkan Besar Sudut.
3.      Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.      Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.      Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Membandingkan Besar Sudut.
6.      Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.      Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.      Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.     Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.     Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Membandingkan Besar Sudut.
3.     Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Membandingkan Besar Sudut.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
·    Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·    Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·    Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·    Mengagendakan pekerjaan rumah.
·    Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

3. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Membandingkan Besar Sudut.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajat.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
2.    Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung.
3.    Pembagian kelompok belajar.
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajatdengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan:
3.     

v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama denganMengukur Sudut baku dengan Busur Derajat.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajat.
v  Menyimak,
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran  mengenai : Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajatuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan perihal : Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajatyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal
4.      Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajat
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajat.
v  Aktivitas
1.      Peserta didik diminta untuk mengamati cara Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajat pada aktivitas mengamati
2.      Peserta didik diminta untuk bertanya perihal cara Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajat
3.      Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang telah guru sajikan atau menyerupai berikut!

v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration)
Saling tukar informasi tentangMengukur Sudut baku dengan Busur Derajatdengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.      Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajat.
3.      Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.      Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.      Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajat.
6.      Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.      Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.      Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.    Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajat.
3.    Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajat.
75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15
menit

4. Pertemuan Ke-3 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Mengukur Sudut baku dengan Busur Derajat.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Menentukan Besar Sudut Putar.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
2.    Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Pembagian kelompok belajar.
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Menentukan Besar Sudut Putardengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini: Menentukan Besar Sudut Putar.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan:
v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama denganMenentukan Besar Sudut Putar.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Menentukan Besar Sudut Putar.
v  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran  mengenai : Menentukan Besar Sudut Putaruntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaantentang :Menentukan Besar Sudut Putaryang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Menentukan Besar Sudut Putar.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Menentukan Besar Sudut Putar.
v  Aktivitas
1.      Peserta didik diminta untuk mengamati cara Menentukan Besar Sudut Putar pada aktivitas mengamati
2.      Peserta didik diminta untuk bertanya perihal Menentukan Besar Sudut Putar
3.      Peserta didik diminta untuk mengerjakan kiprah yg elah guru sediakan
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Communication)
Saling tukar informasi tentangMenentukan Besar Sudut Putardengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.     Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.     Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang: Menentukan Besar Sudut Putar.
3.     Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.     Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.     Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Menentukan Besar Sudut Putar.
6.     Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.     Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.     Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa &mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.    Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Menentukan Besar Sudut Putar.
3.    Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Menentukan Besar Sudut Putar.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

5. Pertemuan Ke-5 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya: Menentukan Besar Sudut Putar.
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Perputaran/Rotasi pada Bangun Datar.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
2.    Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Perputaran/Rotasi pada Bangun Datardengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini: Perputaran/Rotasi pada Bangun Datar.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan:

v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama denganPerputaran/Rotasi pada Bangun Datar.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Perputaran/Rotasi pada Bangun Datar.
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran  mengenai : Perputaran/Rotasi pada Bangun Dataruntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan perihal : Perputaran/Rotasi pada Bangun Dataryang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Perputaran/Rotasi pada Bangun Datar.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Perputaran/Rotasi pada Bangun Datar.
v  Aktivitas
1.      Peserta didik diminta untuk mengamati Perputaran/Rotasi pada Bangun Datar pada aktivitas mengamati
2.      Peserta didik diminta untuk mengerjakan kiprah menyerupai berikut!

v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Communication)
Saling tukar informasi tentang  Perputaran/Rotasi pada Bangun Datardengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal :Perputaran/Rotasi pada Bangun Datar.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Perputaran/Rotasi pada Bangun Datar.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF)
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.    Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Perputaran/Rotasi pada Bangun Datar.
3.    Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Perputaran/Rotasi pada Bangun Datar.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan. (HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

6. Pertemuan Ke-6 (3 x 35 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran. (PPK: Spiritual)
2.    Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak akseptor didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak akseptor didikmenyanyikan lagu daerah/nasional yang sesuai dengan tema pelajaran. (PPK: Nasionalis)
3.    Memeriksa kehadiran akseptor didik. (PPK: Disiplin)
4.    Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Apersepsi
1.    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,Perputaran/Rotasi pada Bangun Datar
2.    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
3.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
1.    Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
2.    Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Perputaran pada Jarum Jam
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
4.    Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
2.    Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Pembagian kelompok belajar
4.    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi akseptor didik kepada masalah
MENGAMATI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Perputaran pada Jarum Jamdengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini: Perputaran pada Jarum Jam.
v  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb yang bekerjasama dengan:

v  Membaca(Literasi)
Dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung, materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama denganPerputaran pada Jarum Jam.
v  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Perputaran pada Jarum Jam.
v  Menyimak,
Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran  mengenai : Perputaran pada Jarum Jamuntuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan akseptor didik
MENANYA (4C: CRITICAL THINKING)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan perihal : Perputaran pada Jarum Jamyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi)
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Perputaran pada Jarum Jam.
v  Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration)
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau aktivitas lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Perputaran pada Jarum Jam.
v  Aktivitas
1.      Peserta didik diminta untuk mengamati Perputaran pada Jarum Jam pada aktivitas mengamati
2.      Peserta didik diminta untuk mengerjakan kiprah menyerupai berikut ini

v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan(4C: Collaboration)
v  Saling Tukar Informasi (4C: Communication)
Saling tukar informasi tentangPerputaran pada Jarum Jamdengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1.    Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
2.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal :Perputaran pada Jarum Jam.
3.    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
4.    Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.    Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Perputaran pada Jarum Jam.
6.    Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
7.    Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
8.    Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, jawaban dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
1.    Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
2.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Perputaran pada Jarum Jam.
3.    Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan: Perputaran pada Jarum Jam.

75
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan.
·      Melakukan refleksi terhadap aktivitas yang sudah dilaksanakan.(HOTS: Reflektif)
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
·      Merencanakan aktivitas tindak lanjut dalam bentuk kiprah kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
a)      Pilihan ganda
b)      Uraian/esai
2)      Tes Lisan
b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)      Proyek, pengamatan, wawancara
a)      Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
b)      Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
c)      Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)      Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3)      Produk

2.      Instrumen Penilaian
a.       Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d.      Pertemuan Keempat (Terlampir)

3.      PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1)      Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bab : remedial alasannya yaitu belum mencapai KKM dan remedial alasannya yaitu belum mencapai Kompetensi Dasar
2)      Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan menunjukkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut.
v  Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melaksanakan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang diubahsuaikan contoh: pada dikala jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit sesudah jam pelajaran selesai).

b.      Pengayaan
1)      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)      Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
3)      Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya
v  Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan menunjukkan suplemen nilai bagi akseptor didik yang berhasil dalam pengayaan.





Mengetahui                                                         Ciburahol, 2 Januari 2018
Kepala SDN Ciburahol,                                       Guru Mata Pelajaran,




Jajang Sulaeman, S.Pd.                                     Siti Nurlaelasari, S.Pd.
NIP. 19650817 199501 1006                              NIP. 19780517 200801 2001


Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

0 Response to "Rpp Mtk Kelas 4 Krikulum 2013 Semester Genap Pengukuran Sudut Dengan Busur Derajat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel