iklan banner

√ Pola Soal Pembahasan Ruang Lingkup Biologi Un Sma

Contoh Soal & Pembahasan Ruang Lingkup Biologi UN SMA





style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="5411244982"
data-ad-format="link"
data-full-width-responsive="true">



Soal No.1 (UN 2014)


Fenomena maut ikan secara massal di suatu perairan pantai yang disertai perubahan fisik air maritim menjadi kemerahan dan kemunculan organisme bersel tunggal yang melimpah merupakan problem yang harus dipecahkan oleh jago Biologi. Penanganan problem tersebut melibatkan objek Biologi dengan pendekatan cabang ilmu dan tingkat organisasi Biologi….


  1. iktiologi-populasi

  2. toksikologi-populasi

  3. fisiologi-komunitas

  4. sitologi-sel

  5. ekologi-individu


PEMBAHASAN :

Fenomena adanya maut ikan sanggup diindikasikan adanya pencemaran racun dalam air. Ilmu yang mempelajari perihal pencemaran yaitu toksikologi. Karena yang mengalami maut hanya jenis ikan saja maka tingkat organisasi biologinya yaitu pada tingkat populasi, populasi merupakan sekumpulan individu dengan ciri-ciri yang sama (spesies) yang hidup di tempat yang sama dan mempunyai kemampuan bereproduksi di antara sesamanya. Penjelasan pilihan lainnya:



  • iktiologi : cabang ilmu zoologi yang mempelajari kehidupan (biologi) ikan.

  • fisiologi : salah satu dari cabang-cabang biologi yang mempelajari berlangsungnya sistem kehidupan.

  • sitologi : ilmu yang mempelajari perihal sel

  • ekologi : ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya.

  • sel :  kumpulan materi paling sederhana yang sanggup hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup.

  • komunitas : sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang membuatkan lingkungan, umumnya mempunyai ketertarikan dan habitat yang sama.

  • individu : organisme tunggal


Jawaban B


DOWNLOAD CONTOH SOAL UN BAB RUANG LINGKUP BIOLOGI DALAM BENTUK PDF KLIK DISINI




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">



Soal No.2 (UN 2014)


Penggunaan stem cell (sel punca) untuk terapi diabetes melitus tipe 1 dilakukan berdasar pada prinsip pluripotensi stem cell dalam hal kemampuan berdiferensiasi. Terapi tersebut melibatkan objek biologi yang dikaji dalam cabang ilmu dan tingkat organisasi….


  1. anatomi-sel

  2. fisiologi-organ

  3. embriologi-jaringan

  4. genetika-molekul

  5. histologi-jaringan


PEMBAHASAN :

Penggunaan stem cell merupakan kajian biologi mengenai jaringan yang dipelajari melalui ilmu histologi. Yaitu ilmu yang mempelajari perihal struktur jaringan secara detail memakai mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis. Sel punca mempunyai kemampuan untuk membentuk jaringan yang gres menggantikan jaringan usang salah satunya dipakai dalam pengobatan diabetes melitus tipe 1. Maka objek biologi yang dikaji ada pada tingkat jaringan.

Jawaban E



Soal No.3 (UN 2014)


Alelopati merupakan prosedur kimiawi flora dalam menghadapi kompetisi dengan flora lain. Fenomena tersebut dipelajari pada tingkat organisasi dan objek biologi yang dikaji melalui cabang ilmu….


  1. komunitas-fisiologi

  2. individu-ekologi

  3. populasi-evolusi

  4. organ-morfologi

  5. komunitas-ekologi


PEMBAHASAN :

Alelopati merupakan cara kerja flora menghadapi persaingan dengan flora lainnya. Ilmu yang mempelajari prosedur suatu makhluk hidup yaitu fisiologi atau ilmu mekanis, fisik, dan biokimia fungsi makhluk hidup, organ-organ mereka, dan sel-sel yang mereka tersusun. Alelopati tersebut dipakai flora untuk menghadapi kompetensi dari flora yang lain atau dari kumpulan populasi yang terdiri dari aneka macam spesies flora yang saling berinteraksi dalam suatu habitat, dengan kata lain berada dalam suatu komunitas. Penjelasan lain pilihan jawaban:



  • ekologi : ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya.

  • evolusi : perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya

  • morfologi : cabang biologi yang mempelajari bentuk dan struktur organisme dan fitur struktural spesifik mereka.


Jawaban A


Soal No.4 (UN 2014)


Kontribusi biologi dalam pemecahan problem pangan, antara lain sanggup dilakukan melalui teknik poliploidisasi memakai kolkisin untuk menghasilkan tumbuhan pangan unggul dengan produktivitas tinggi. Penelitian untuk tujuan tersebut dilakukan terhadap objek flora dengan melibatkan perpaduan cabang ilmu Biologi….


  1. Biokimia-Genetika

  2. Biokimia-Morfologi

  3. Sitologi-Anatomi

  4. Genetika-Evolusi

  5. Taksonomi-Evolusi


PEMBAHASAN :

Tanaman pangan unggul yang dihasilkan memakai kolkisin yaitu buah tanpa biji yang sanggup menghambat pententukan benang spindel dari mikrotubulus. Proses ini melibatkan proses kimiawi dan ilmu yang mempelajarinya yaitu biokimia. Sedangkan untuk mempelajari genetika dan hereditasnya perlu dipelajari memakai ilmu genetik

Jawaban A




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">




Soal No.5 (UN 2014)


Fenomena merebaknya keong emas yang semula diintroduksi sebagai binatang hias, tetapi menjelma hama pertanian merupakan problem yang perlu ditangani dengan pendekatan biologi. Objek Biologi tersebut diteliti dalam cabang ilmu dan tingkat organisasi Biologi….


  1. taksonomi-populasi

  2. ekologi-biosfer

  3. evolusi-ekosistem

  4. ekologi-populasi

  5. evolusi-komunitas


PEMBAHASAN :

Keberadaan keong emas yang berubah tugas dari binatang hias menjadi hama pertanian sanggup dikaji dengan ilmu yang membahas hubungan antara makhluk hidup dan hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya yaitu ekologi sedangkan tingkat organisasinya lantaran hanya melibatkan kumpulan keong emas maka dikatakan berada pada tingkat populasi yaitu sekumpulan individu sejenis yang menempati suatu kawasan pada waktu tertentu.

Jawaban D


Soal No.6 (UN 2014)


Terjadinya reaksi penolakan badan setelah transplantasi hati merupakan permasalahan yang memerlukan penanganan menurut kajian biologis. Kajian tersebut dilakukan pada objek Biologi dalam cabang ilmu dan tingkat organisasi….


  1. Imunologi-Organ

  2. Teratologi-Jaringan

  3. Onkologi-Sel

  4. Histologi-Jaringan

  5. Anatomi-Sel


PEMBAHASAN :

Terjadinya penolakan badan sehabis transplantasi hati disebabkan lantaran perbedaan hati yang akan di transplantasikan dengan sistem kekebalan badan (imun) orang tersebut. Cabang ilmu yang mempelajari sistem imun yaitu Imunologi sedangkan tingkat organisasinya berada pada tingkat organ yaitu hati.  Penjelasan pilihan lainnya:



  • Teratologi : ilmu embriologi yang khusus mempelajari perihal akibat, prosedur dan manifestasi embrionik yang cacat (abnormal).

  • Onkologi : sub-bidang medis yang mempelajari dan merawat kanker.

  • Histologi : ilmu yang mempelajari perihal struktur jaringan secara detail memakai mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis.

  • Anatomi : cabang dari biologi yang berafiliasi dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup.


Jawaban A


Soal No.7 (UN 2014)


Salah satu upaya penanganan problem sampah sanggup ditempuh melalui rekayasa genetika untuk menghasilkan basil pendegradasi plastik. Upaya tersebut melibatkan objek Biologi yang dikaji pada cabang ilmu dan tingkat organisasi Biologi….


  1. Mikrobiologi-Sel

  2. Biokimia-Molekul

  3. Genetika-Molekul

  4. Mikrobiologi-Ekosistem

  5. Ekologi-Komunitas


PEMBAHASAN :

Cabang ilmu biologi yang mengkaji basil menyerupai dalam soal dipelajari oleh Mikrobiologi yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai mikroorganisme salah satunya yaitu bakteri. Sedangkan tingkat organisasi biologi yang dipelajari berkaitan gen yang berada di dalam sel. Sehingga tingkat organisasi biologinya berada pada tingkat sel.

Jawaban A


Soal No.8 (UN 2013)


Perkembangan ilmu Biologi molekular di bidang peternakan melalui teknik fertilisasi in vitro bermanfaat untuk….


  1. pemenuhan pangan berupa protein

  2. mencegah penularan penyakit

  3. pembuatan biogas

  4. menghasilkan antibiotik

  5. membuat binatang tahan penyakit


PEMBAHASAN :

Pada teknik fertilisasi in vitro embrio sanggup dihasilkan di luar uterus induk betina dalam jumlah tertentu. Dan sebelum embrio ini ditanam dalam uterus induk betina sanggup disimpan dalam jangka waktu tertentu pada nitrogen cair bersuhu –196 derajat celcius. Embrio dari jenis unggul ini kemudian sanggup diimplantasikan ke induk sapi betina yang tidak unggul bunting semu dari species yang sama. Dengan demikian akan cepat diperoleh banyak sapi unggul. Sapi unggul salah satunya yaitu tahan terhadap aneka macam penyakit

Jawaban E


Soal No.9 (UN 2013)


Taksonomi, Anatomi, dan Fisiologi flora merupakan cabang ilmu Biologi yang sanggup dimanfaatkan oleh insan untuk….


  1. mengembangkan industri jamu sebagai alternatif obat-obatan herbal

  2. menemukan vaksin dan antibiotik dari tumbuhan

  3. mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada manusia

  4. memproduksi jenis masakan yang bernilai gizi tinggi

  5. mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit.


PEMBAHASAN :

Taksonomi berkaitan dengan ilmu yang mempelajari prinsip dan cara penjabaran makhluk hidup, anatomi berkaitan dengan cabang dari biologi yang berafiliasi dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup., sedangkan fisiologi berkaitan dengan berlangsungnya sistem kehidupan. Pengembagan industri jamu memanfaatkan ketiga ilmu tersebut. Dengan taksonomi sanggup diketahui jenis flora yang bisa dibentuk sebagai jamu, dengan ilmu anatomi sanggup mengetahui struktur organ flora yang akan dipakai sebagai jamu dan dengan ilmu fisiologi sanggup diketahui zat-zat bermanfaat apa yang terkandung dalam flora tersebut sehingga sanggup dimanfaatkan dalam penyembuhan lewat jamu.

Jawaban A




style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="8126346735">



Soal No.10 (UN 2013)


Ilmu Biologi berkembang pesat di aneka macam bidang kehidupan. Salah satu cabang Biologi yang termasuk ilmu terapan yaitu Bioteknologi. Contoh peranan bioteknologi di bidang lingkungan adalah….


  1. pembuatan dan penggunaan obat sintetik

  2. mengontrol proses kimia dalam badan makhluk hidup

  3. mendeteksi penyakit yang menyerang binatang dan tumbuhan

  4. mengendalikan penyebaran penyakit pada suatu daerah.

  5. penggunaan basil untuk mengurai tumpahan minyak di pantai.


PEMBAHASAN :

Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Pada pilihan tanggapan yang paling sesuai yaitu penggunaan basil untuk mengurai tumpahan minyak di pantai

Jawaban E


Soal No.11 (UN 2013)


Perkembangan ilmu Biologi di bidang Anatomi dan Fisiologi dalam dunia kedokteran sanggup dipakai untuk mengatasi penyembuhan aneka macam penyakit pada insan yaitu….


  1. identifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit pada insan atau hewan

  2. pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang, dan hati.

  3. pengaturan rujukan makan bergizi memakai teknik rasio

  4. rekombinasi susunan gen virus flu burung buatan

  5. penemuan vaksin dan antibiotik


PEMBAHASAN :

Anatomi cabang dari biologi yang berafiliasi dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup. Sedangkan fisiologi berkaitan dengan ilmu yang mempelajari perihal fungsi dan juga prosedur kerja aneka macam organ badan makhluk hidup. Kedua ilmu tersebut sanggup mengatasi penyembuhan yang berkaitan dengan pencangkokan ginjal, jantung, sumsung tulang belakang dan hati. Anatomi menjelaskan struktur dan organisasi organ-organ tersebut sedangkan fisiologi memaparkan fungsi dan prosedur organ-organ tersebut ketika pencangkokan

Jawaban B


Soal No.12 (UN 2013)


Teknologi kultur jaringan diterapkan dalam memenuhi kebutuhan tumbuhan pertanian yang bermanfaat untuk….


  1. menciptakan tumbuhan yang tahan terhadap hama dan penyakit

  2. membentuk tumbuhan yang produktivitasnya tinggi

  3. menghasilkan hibrida dalam jumlah banyak dengan sifat yang bervariasi

  4. menghasilkan bibit tumbuhan dalam jumlah banyak dengan sifat seragam

  5. menciptakan tumbuhan transgenik dengan sifat yang berbeda dari induknya.


PEMBAHASAN :

teknologi kultur jaringan merupakan metode guna mengisolasi belahan dari tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik, sehingga belahan tumbuhan tersebut sanggup memperbanyak diri tumbuh menjadi tumbuhan lengkap kembali. Metode ini dipakai salah satunya untuk menghasilkan bibit tumbuhan dalam jumlah yang banya dengan sifat yang sama dengan induknya (seragam).

Jawaban D


Soal No.13 (UN 2013)


Manfaat kemajuan perkembangan Bioteknologi untuk mengungkap kasus kejahatan di bawah ini adalah….


  1. identifikasi korban kejahatan melalui investigasi golongan darah.

  2. visum badan korban untuk mengetahui jenis peluru yang ditembakkan

  3. pemanfaatan anjing pelacak untuk menemukan narkotik yang diselundupkan

  4. pemanfaatan anjing pelacak untuk mencari pelaku kasus pencurian

  5. sidik DNA untuk memilih terdakwa kasus kejahatan


PEMBAHASAN :

Bioteknologi merupakan ilmu terapan biologi yang memanfaatkan makhluk hidup dalam teknologi untuk kepentingan manusia. Sidik DNA merupakan serangkaian tes untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi informasi genetik melalui asam deoksiribonukleat atau yang lebih sering disingkat DNA. Sidik DNA ini dimanfaatkan untuk memecahkan problem aturan melalui sidik jari seseorang yang dimiliki setiap individu yang berbeda-beda. Selain itu, Sidik DNA pun sanggup dipakai untuk memilih hubungan kekerabatan

Jawaban E


Soal No.14 (UN 2012)


Perkembangan ilmu Biologi pada bidang Mikrobiologi dan Patologi sangat berkhasiat bagi dunia kedokteran untuk….


  1. Mengidentifikasi DNA manusia

  2. pencangkokan organ tubuh

  3. melakukan fertilisasi in vitro

  4. pengaturan rujukan makan yang baik

  5. mengidentifikasi mikroba penyebab penyakit


PEMBAHASAN :

Mikrobiologi merupakan ilmu cabang dari biologi yang mempelajari perihal mikroorganisme. Sedangkan Patologi mempelajari penyakit dan penyebabnya. Pilihan yang sempurna yaitu mengidentifikasi mikroba yang merupakan belahan dari mikroorganisme yang merupakan penyebab penyakit yang dipelajari oleh patologi

Jawaban E


Soal No.15 (UN 2012)


Dahulu orang beranggapan bahwa penyakit malaria disebabkan udara buruk. Berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran/kesehatan, penyakit ini sanggup dibasmi dan diupayakan penyembuhannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara efektif pencegahan malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles sp adalah….


  1. melepas predator nyamuk Anopheles

  2. memutus daur hidup nyamuk Anopheles

  3. mengobati penderita malaria hingga tuntas

  4. mengisolasi penderita malaria di ruang khusus

  5. memproduksi obat kimia sebanyak mungkin


PEMBAHASAN :

Proses pencegahan dilakukan sebelum terjadinya gigitan nyamuk Anopheles terhadap manusia. Pilihan C dan D merupakan cara sehabis terjadi gigitan nyamuk tersebut ke manusia. Pencegahan yang paling sempurna yaitu memutus daur hidup nyamuk Anopheles. Nyamuk Anopheles bertelur dalam air dan akan menetas menjadi jentik-jentik. Maka cara memutus daur hidupnya yaitu dengan menguras kolam mandi dan mengubur benda-benda yang tergenang air.

Jawaban B


DOWNLOAD CONTOH SOAL UN BAB RUANG LINGKUP BIOLOGI DALAM BENTUK PDF KLIK DISINI







style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7930840207405626"
data-ad-slot="5411244982"
data-ad-format="link"
data-full-width-responsive="true">




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Pola Soal Pembahasan Ruang Lingkup Biologi Un Sma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel