iklan banner

Pengertian Perencanaan Dalam Administrasi Dan Penjelasannya

Perubahan tidak sanggup dielakkan dalam kehidupan manusia. Perubahan mulai disadari menjadi serpihan yang penting dari suatu organisasi diawali sekitar 40 tahun yang lalu. Dimulai oleh dunia perjuangan yang lebih dulu menyadari pentingnya perubahan bagi peningkatan kualitas produksi yang dihasilkan. Berbagai upaya dan pendekatan telah dilakukan untuk memecahkan persoalan yang timbul akhir adanya perubahan.

PENGERTIAN 
Manajemen Perubahan ialah upaya yang dilakukan untuk mengelola akibat-akibat yang ditimbulkan lantaran terjadinya perubahan dalam organisasi. Perubahan sanggup terjadi lantaran sebab-sebab yang berasal dari dalam maupun dari luar organisasi tersebut

TUJUAN DAN MANFAAT 
Perubahan memiliki manfaat bagi kelangsungan hidup suatu organisasi, tanpa adanya perubahan maka sanggup dipastikan bahwa usia organisasi tidak akan bertahan lama. Perubahan bertujuan biar organisasi tidak menjadi statis melainkan tetap dinamis dalam menghadapi perkembangan jaman, kemajuan teknologi dan dibidang pelayanan kesehatan ialah peningkatan kesadaran pasen akan pelayanan yang berkualitas 

TIPE PERUBAHAN 
Perubahan terdiri dari 3 tipe yang berbeda, dimana setiap tipe memerlukan taktik administrasi perubahan yang berbeda pula. Tiga macam perubahan tersebut adalah: 
  1. Perubahan Rutin, dimana telah direncanakan dan dibangun melalui proses organisasi; 
  2. Perubahan Peningkatan, yang meliputi laba atau nilai yang telah dicapai organisasi; 
  3. Perubahan Inovatif, yang meliputi cara bagaimana organisasi menunjukkan pelayanannya. 
Tidak ada satupun pendekatan yang sesuai untuk Manajemen Perubahan. Metoda-metoda yang dipakai untuk komunikasi, kepemimpinan, dan koordinasi kegiatan harus diubahsuaikan dalam menemukan kebutuhan masing-masing situasi perubahan. 

Beberapa pertanyaan yang perlu ditanyakan untuk mengakses jenis-jenis perubahan yang ditemukan dalam organisasi adalah: 
  1. Apakah perubahan itu bersifat siklis ?
  2. Apakah para karyawan mengantisipasi perubahan ini ?
  3. Apakah perubahan itu berarti terjadi pergerakan dari rutinitas ke lainnya ? Jika jawabannya “ya”, berarti terjadi perubahan rutinitas
  4. Akankah perubahan tersebut menunjukkan jalan yang lebih baik dalam pelaksanaan kegiatan ketika ini ?
  5. Apakah perubahan mempertinggi intensitas kegiatan yang ada ? Jika jawabannya “ya”, berarti terjadi peningkatan perubahan
  6. Apakah perubahan merupakan pendekatan gres secara keseluruhan atau sebuah wangsit untuk organisasi ?
  7. Apakah perubahan tersebut memerlukan fatwa ulang dari prosedur-prosedur organisasi ketika ini ? Jika jawabannya “ya”, berarti terjadi sebuah perubahan inovatif
LANGKAH-LANGKAH MANAJEMEN PERUBAHAN 
1. Identifikasi Tipe Perubahan
Ketika anda harus memanaj perubahan, pertama-tama perlu mengidentifikasi tipe dari perubahan tersebut.

Contoh : anda sebagai kepala keperawatan/kebidanan memperkenalkan standar gres wacana kerja keras. 

Tipe Peningkatan Perubahan 
Seperti penggunaan waktu secara moderat, ini akan memerlukan waktu untuk mencapainya, lantaran kebiasaan jelek dari staf. Untuk mencapai sukses akan memerlukan administrasi waktu untuk memonitor secara reguler. 
Tujuan dari Standar : 
  1. Setiap staf perawat dan bidan harus selalu mencuci tangan sebelum dan sehabis menyentuh pasen (dewasa maupun anak-anak)
  2. Penyebaran penyakit dan bisul silang akan berkurang dengan tindakan ini
  3. Staf akan mendapatkan tanggung jawab klinis dari standar ini 
Beberapa Pernyataan tujuan yang lebih Spesifik lagi sanggup berupa : 
  • Mengurangi bisul dengan cara staf melaksanakan basuh tangan 
2. Identifikasi Tujuan Perubahan
Tugas kedua ialah mengidentifikasi tujuan-tujuan perubahan. Kemudian merencanakan tujuan-tujuan tersebut secara terperinci dan menunjukkan batasan antara waktu dengan perubahan mana yang sanggup diterima. 

Kesulitan perubahan, ialah upaya lebih lanjut yang harus dimasukkan dalam perencanaan tujuan. Perencanaan tujuan mengklarifikasi kebutuhan akan situasi dan meningkatkan ketelitian respon. Ini akan menunjukkan fleksibilitas yang lebih, dalam administrasi perubahan. Kejelasan tujuan menunjukkan isyarat dan petunjuk dalam mengambil keputusan mengenai apa yang harus dilakukan. Dengan menciptakan perencanaan untuk mencapai tujuan-tujuan yang spesifik akan mengurangi pemborosan waktu dan upaya.

Sumber http://dominique122.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Perencanaan Dalam Administrasi Dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel