iklan banner

Pandangan Para Jago Wacana Manajemen Dan Manajemen

Ditinjaudari aneka macam sudut pandang, maka terdapat beberapa kesamaan konsep antara manajemen dan manajemen. Hal-hal inilah yang memungkinkan beberapa jago memandang sama antara manajemen dan manajemen. Hal-hal yang dimaksud berdasarkan Silalahi (1989) yaitu sebagai berikut:
1.  Kesamaan sifat.
Baik manajemen maupun manajemen mempunyai sifat-sifat yang sama antara lain: 
  • bersifat seni dan ilmu; 
  • dinamik, artinya keduanya berkembang sejalan dengan perkembangan kehidupan manusia, kebudayaan, teknologi; 
  • integratif, artinya keduanya mempunyai kemampuan mengintegrasikan diri dari kecenderungan munculnya disintegrasi dan spesialisasi dari aneka macam disiplin keilmuan; 
  • bersifat normatif, artinya kegiatan-kegiatannya didasarkan pada nilai-nilai, etika, prosedur, tata urutan; 
  • bersifat teleologi, artinya keduanya memberi kemampuan memprediksi kemumgkinan yang akan timbul dari kegiatan kerjasama sehingga apa yang direncanakan cenderung akan tercapai.

     2. Kesamaan prinsip
Prinsip yang dimaksud di sini ialah efisiensi dan efektivitas perjuangan kegiatan kerjasama dalam pencapaian tujuan.
     3. Kesamaan Ciri atau karakteristik
         Dalam hal, ini antara lain adanya:
a.    Sekelompok orang
b.    Kerja sama atas dasa pembagian kerja
c.    Berlangsung dalam organisasi
d.    Adanya tujuan      
     4.  Kesamaan Sarana (tools)
            Baik manajemen maupun manajemen keduanya memakai sarana ibarat orang, metode, uang, peralatan, mesin, serta organisasi sebagai wadah berlangsungnya kegiatan.
     5. Kesamaan fungsi
          Administrasi dan manajemen dalam mencapai tujuan berlangsung dalam proses kegiatan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi seperti: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan.

Meskipun terdapat kesamaan konsep  diantara keduanya, akan tetapi  keduanya mempunyai perbedaan kiprah dan fungsi di dalam organisai. Administrasi mempunyai kiprah dan fungsi yang lebih luas dari pada manajemen, yakni memilih tujuan menyeluruh yang hendak dicapai organisasi, dan memilih budi umum yang mengikat seluruh organisasi. Sedang manajemen melaksanakan semua kegiatan yang diharapkan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapka pada tingkat administrasi. Pandangan yang demikian ini di anut oleh orang-orang akademis. Bagi orang-orang praktisi, banyak yang melihat keduanya sama–sama diguanakan dalam organisasi, dimana istilah manajemen lebih luas digunakan dalam aktivitas-aktivitas oraganisasi non provit ibarat organisasi pemerintahan, organisasi sosial. Sedang istilah manajemen banyak digunakan oleh organisasi profit atau pada organisasi-organisasi perusahaan.



Sumber http://dominique122.blogspot.com

0 Response to "Pandangan Para Jago Wacana Manajemen Dan Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel