iklan banner

Mengajarkan Teknik Dan Ketrampilan Sepak Bola

       
Dalam perkembanganya diera jaman modern ini teknik dan ketrampilan sepak bola di bagi menjadi 3 (tiga) kategori teknik

       Ada tiga jenis teknik permainan sepak bola yang harus di ajarkan kepada pemain. Istilah yang dipakai untuk menyebutkan teknik-teknik itu sangat bervariasi dan berbeda-beda. Khusus dalam ini saya gunakan akronim FIG supaya gampang di ingat.Berikut ini definisinya akronim tersebut :

 a.  Foundation (F) atau Teknik Dasar.
 Teknik-teknik yang tergolong sebagaifondation (dasar) tersebut merupakan hidangan latian yang paling fundamental atau paling rendah tingkatanya. Latian-latian teknik itu ditujukan untuk pengembangan keterampilan dasar yang diharapkan oleh semua pemain, namun hidangan latian itu tidak ditujukan untuk menghadapi kondisi pertandingan yang sesungguhnya.Membangun dasa yang kokoh yaitu keharusan. Layaknya orang membangun rumah, semakin berpengaruh fondasinya,maka semakin besar dan bervariasi pula ukuran dan bentuk bangunan yang sanggup didirikanya.Jadi ketrampilan dasar ibarat itu terperinci sangat dibutuhkan oleh para pemain.

b.. Intermediate (I) atau Teknik Lanjutan.
 Teknik ini merupakan teknik lanjut atau tingkat menengah yang diprlukan untuk membuat relevansi antara ketrampilan dasar dengan ketrampilan-ketrampilan bermain yang sesungguknya.Teknik-teknik ini bukanlah teknik bermain yang sesungghnya, namun merupakan dasar yang diharapkan untuk menyebarkan ketrampilan bermain yang sebenarnya.

c. Game (G) Teknik Bermain.
Ketrampilan-ketrampilan bersepak bola yang sesungguhnya,yang diharapkan oleh setiap pemain sebelum mereka bebar-benar bertanding melawan tim lain.Teknik-teknik permainan ini memperlihatkan cara membawakan diri di dalam pertandingan yang sesungguhnya.Beritahukan kepada pemain wacana teknik atau ketrampilan yang akan anda ajarkan,dan berikan alasan kepada pemain mengapa itu harus dilakukan,dan apa saja keuntungannya bagi pemain.

Penanaman Konsep Dasar
1.       Teranglkan kepada pemain wacana teknik atau ketrampilan yang akan mreka pelajari.

2.       Peragakan teknik atau ketrampilan yang harus mereka kuasai atau praktekkan.

3.       Perintahkan para pemain mempratekkan ketrampilan atau teknik tersebut,selagi mereka berlatih.Beri komentar seperlunya supaya mereka sanggup melaksanakannya dengan lebih baik dan benar.Anda sanggup memberiaba-aba sederhana ibarat “terus,jangan berhenti,” atau yang lebih komplek,misal”gelindingkan bola dengan jari kakimu,jangan ditendang.” Selama latihan berjalanlah mengelilingi para pemain dan berikan koreksi yang spesifik sambil terus menyemangati mereka. Anda sanggup memompa smangat meraka dengan memperlihatkan komentar seperti,”itu bagus,tapi kalao kalian melaksanakan dengan cara begini,pasti lebih mudah.” Jika pemain berhasil melakukanya dengan benar, Anda sanggup memperlihatkan pujian,” Bagus sekali,sempurna.” Atau “hebat!”. Dan jangan lupa menyebut nama mereka.
Sumber http://pelatih-olahraga.blogspot.com

0 Response to "Mengajarkan Teknik Dan Ketrampilan Sepak Bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel