iklan banner

Cara Menanam Sawi Putih Ini Jadinya Bikin Untung Besar

Cara menanam sawi putih – Sawi putih atau dikenal dengan nama lain petsai yakni tumbuhan sayuran daun yang berasal dari family Cruciferae ( kubis – kubisan ). Tanaman ini bernilai hemat tinggi dan memiliki rasa yang enak. Sawi putih yakni sumber vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Untuk melaksanakan budidaya sawi putih ada sejumlah syarat yang harus Anda perhatikan. Antara lain kondisi iklim, kelembaban udara, curah hujan dan kondisi dari tanah yang akan digunakan. Suhu atau iklim yang cocok untuk budidaya sawi putih yakni 19 – 21 derajat celcius, kelembaban berkisar antara 80 – 90%, curah hujan mencapai 1.000 – 1.500 mm/tahun dan kondisi permukaan tanah ketinggiannya sekitar 1.000 m.


Jika syarat tersebut kurang terpenuhi maka pertumbuhan sawi putih tidak akan sempurna. Selain persyaratan di atas, untuk mendapat hasil sawi putih yang maksimal maka cara menanam sawi putih haruslah memperhatikan teknik dan penerapannya. Berikut cara menanam sawi putih yang baik dan benar :


Mempersiapkan Bibit


Menyemaikan Benih


Untuk tiap hektar lahan membutuhkan benih sekitar 200 – 250 gram. Siapkan media semai berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk sangkar dengan memakai perbandingan 3 : 1. Setelah media semai Anda campur dengan merata, ayak adonan tersebut dengan memakai ayakan pasir dan masukkan ke dalam polybag. Kemudian masukkan benih ke dalam polybag. Anda juga sanggup memakai bumbungan dari daun pisang sebagai ganti polybag.


Langkah selanjutnya yakni menyiapkan bedengan. Bedengan persemaian ini sanggup Anda buat dengan memakai ukuran 100 cm dan tinggi 15 – 20 cm. Lengkapi bedengan dengan pembatas pada sisi – sisinya. Pembatas sanggup memakai kayu atau bilah bambu. Fungsi pembatas ini yakni semoga tumbuhan tidak dirusak oleh hewan peliharaan Anda menyerupai ayam atau bebek.


Jika benih telah siap dipindah tanam maka siramlah terlebih dahulu polybag hingga lembab. Penyiraman dilakukan sehari sebelum pindah tanam. Setelah semua siap, pindahkan benih satu persatu secara berurutan di tengah bedengan. Sobek polybag secara perlahan semoga tanah tidak rusak. Proses penanaman dilakukan dari ujung ke ujung. Setelah benih final ditanam maka timbunlah permukaan media dengan media semai dengan ketebalan 0,5 cm. Tutup bedengan persemaian dengan memakai daun pisang atau plastik. Tutup selama kurang lebih 4 – 5 hari hingga benih mulai berkecambah.


Merawat Persemaian


Setelah benih mulai berkecambah, bukalah epilog dan lakukan penyiraman secara rutin semoga kelembaban bedengan tetap terjaga. Apabila terdapat serangan penyakit maka segera lakukan penanggulangan dengan melaksanakan penyemprotan fungisida benlate dengan takaran 1 gram/liter air. Setelah bibit berumur 18 – 20 hari tumbuhan sanggup Anda pindahtanam ke lahan yang telah disiapkan.


 Sawi putih atau dikenal dengan nama lain petsai yakni tumbuhan sayuran daun yang berasal  Cara Menanam Sawi Putih Ini Hasilnya Bikin Untung Besar
Persemaian benih sawi putih-cara menanam sawi putih

Mengelola Lahan


Lakukan penggemburan lahan dengan cara dicangkul, sehingga aerasi sanggup berjalan baik dan zat beracun pada tanah hilang. Hilangkan gulma dan tumbuhan pengganggu lainnya sehingga tumbuhan sawi putih sanggup tumbuh dengan maksimal alasannya yakni tidak bersaing dengan tumbuhan gulma. Berikan pengapuran kalau pH tanah kurang dari 5. Minimal 1 ton untuk tiap hektarnya.


Pemupukan


Cara menanam sawi putih selanjutnya yakni pemupukan. Jenis pupuk yang sanggup Anda gunakan yakni pupuk kompos atau pupuk kandang. Fungsi dilakukannya pemupukan pada cara menanam sawi putih yakni untuk menyediakan unsur hara, memperbaiki struktur tanah dan menahan air yang ada di dalam tanah. Jika dibituhkan, Anda sanggup menambahkan pupuk Nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium (K).


Proses Penanaman


Dalam proses cara menanam sawi putih, terlebih dahulu buatlah lubang tanam dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm dengan jarak tanam 50 x 60 cm. Waktu yang baik untuk memulai proses penanaman yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Pilih bibit yang segar dan sehat untuk dipindah tanam ke lahan. Setelah ditanam tutup lubang tanam dengan rapat kemudian tekan perlahan hingga tumbuhan bangun dengan tegak. Setelah itu siram bibit hingga benar – benar basah.


Pemupukan Susulan


Anda sanggup melaksanakan pemupukan susulan sebanyak 2 kali. Yaitu pada dikala tumbuhan sawi putih berumur 2 ahad dan pada dikala tumbuhan sawi putih berumur 4 minggu. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara melingkar pada tajuk tumbuhan sejauh 15 – 20 cm dengan kedalaman 10 – 15 cm. Dosis yang sanggup Anda gunakan pada pemupukan susulan ini yakni 55 kg urea, 117 kg ZA dan 56 kg KCL.


Pemeliharaan Tanaman


Cara menanam sawi putih selanjutnya yakni melaksanakan perawatan tanaman.  Ada beberapa tahap dalam pemeliharaan tumbuhan sawi putih, antara lain yaitu:


Penjarangan Dan Penyulaman


Lakukan penjarangan dikala tumbuhan sawi putih berumur 10 – 15 hari dan lakukan penyulaman dikala tumbuhan ada yang mati. Penyulaman sanggup Anda ambilkan dari bedengan daerah persemaian.


Sanitasi Lahan


Sanitasi lahan pada cara menanam sawi putih sanggup Anda lakukan 1 – 2 kali sebelum proses pemupukan dilakukan atau pada dikala umur tumbuhan 2 – 4 minggu. Sanitasi harus Anda lakukan dengan hati – hati alasannya yakni sanggup merusak perakaran tanaman.


Pengairan Tanaman


Pada tahap cara menanam sawi putih selanjutnya yakni pengairan. Pengairan atau penyiraman sanggup Anda lakukan 1 – 2 kali sehari pada awal fase pertumbuhan sawi putih. Waktu ideal untuk melaksanakan penyiraman yakni di waktu pagi dan sore hari.


Penyemprotan Pestisida


Sebelum hama dan penyakit menyerang tanaman, Anda sanggup melaksanakan pencegahan dengan melaksanakan penyemprotan pestisida. Penyemprotan sanggup Anda lakukan secara rutin tiap 1 – 2 ahad sekali. Untuk dosis, Anda sanggup melihat dari populasi hama yang menyerang tumbuhan sawi putih.  


Panen Dan Pascapanen


Petsai yang telah berumur 25 – 65 hari sudah sanggup Anda panen, tergantung dari jenis varietas yang Anda gunakan. Sawi putih yang siap panen memiliki ciri krop yang kompak serta berukuran besar.


 Sawi putih atau dikenal dengan nama lain petsai yakni tumbuhan sayuran daun yang berasal  Cara Menanam Sawi Putih Ini Hasilnya Bikin Untung Besar
Panen tumbuhan sawi putih-cara menanam sawi putih

Cara memanen saw putih sanggup dilakukan dengan memotong penggalan batang dengan memakai pisau yang tajam. Hasil panen pada kebun yang dirawat dengan baik sanggup berkisar 2 – 3 kg pertanaman. Letakkan hasil panen pada daerah yang teduh dan terlindungi dari panas dan hujan. Budidaya tumbuhan sawi pakcoy sanggup Anda baca di sini. Klik di sini


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Menanam Sawi Putih Ini Jadinya Bikin Untung Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel