iklan banner

Beragam Manfaat Pupuk Organik Cair – Baca Di Sini

Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan kalau Anda memakai pupuk organik cair. Diantaranya yaitu menyehatkan lingkungan, menekan biaya produksi, memperbaiki struktur  dari tanah, dan sanggup meningkatkan produktivitas tumbuhan budidaya Anda. Tips cara menciptakan pupuk organik cair dari materi urine ternak, baca di sini. Berikut yaitu beberapa manfaat pupuk organik cair secara lengkap serta keunggulan dari pupuk organik cair.


Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan kalau Anda memakai pupuk organik cair Beragam Manfaat Pupuk Organik Cair – Baca Di sini
Pembuatan pupuk organik cair dari urine ternak- manfaat pupuk organik cair

Mampu Menyehatkan Lingkungan


Manfaat pupuk organik cair yang pertama yaitu bisa menyehatkan lingkugan. Saat ini produksi sampah di Indonesia sangat meningkat sekali, baik itu untuk sampah organik maupun non organik. Untuk menanggulangi sampah kadang-kadang Anda hanya membuangnya ke kawasan pembuangan sampah final  ataupun eksklusif membakarnya. Padahal cara – cara ini kurang bisa mengatasi problem persampahan di Indonesia. Pasalnya sampah yang dihasilkan setiap harinya terus meningkat dan bisa beresiko menjadikan banyak problem ke depannya.


Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi problem sampah yang efisien dan efektif yaitu dengan mendaur ulangnya. Sampah non organik bisa didaur ulang menjadi biji – biji plastik sedangkan sampah organik bisa didaur ulang menjadi pupuk kompos ataupun pupuk organik cair. Mendaur ulang sampah organik untuk dijadikan pupuk organik terutama menjadi pupuk organik cair tidak hanya sanggup menyuburkan tumbuhan saja, manfaat pupuk organik cair juga bisa menyehatkan lingkungan dan tidak akan meninggalkan residu yang berbahaya pada tumbuhan budidaya Anda sehingga kondusif untuk dikonsumsi.


Mampu Merevitalisasi Produktivitas Tanah


Penggunaan pupuk kimia atau anorganik secara berlebihan dan terus menerus akan berakibat jelek bagi kondisi hara tanah. Pupuk kimia akan terakumulasi di dalam tanah dan bisa mengakibatkan tanah menjadi kekurangan unsur hara. Selain itu usang kelamaan tanah akan menjadi keras sehingga sulit untuk Anda olah dan sanggup mengganggu pertumbuhan tanaman.


Manfaat pupuk organik cair kalau Anda gunakan pada tahapan budidaya akan membantu memperbaiki struktur dari tanah, menambah permeabilitas tanah dan meminimalisir ketergantungan lahan pada penggunaan pupuk anorganik. Selain itu manfaat pupuk organik cair lainnya yaitu bisa dipakai sebagai sumber pakan bagi mikroorganisme tanah. Sehingga kedepannya sanggup meningkatkan jumlah dan acara mikroorganisme tanah, tanah menjadi gembur dan gampang dalam menyerap air.


Mampu Menekan Biaya Produksi


Petani di Indonesia umumnya menyukai penggunaan pupuk anorganik kalau dibandingkan dengan penggunaan pupuk organik cair. Menurut para petani penggunaan pupuk kimia ( anorganik ) lebih mudah kalau dibandingkan dengan penggunaan pupuk organik. Dengan memakai pupuk anorganik hasil yang didapatkan akan lebih cepat terlihat hasilnya. Sehingga pada alhasil  petani menjadi ketergantungan dalam penggunaan pupuk anorganik. Padahal harga pupuk, jumlah atau ketersediaan pupuk anorganik di pasaran tidak stabil. Jika pupuk anorganik sulit dijumpai di pasaran maka harganya pun akan mahal, namun para petani akan sangat terpaksa untuk tetap membelinya dikarenakan telah terbiasa dengan pupuk anorganik tersebut. Kondisi menyerupai ini kalau terjadi tentunya akan sangat memberatkan.


Untuk menghindari hal tersebut diharapkan sosialisasi yang berkelanjutan untuk memperkenalkan petani ihwal manfaat pupuk organik cair serta keunggulannya kalau dibandingkan dengan pupuk anorganik. Harga pupuk organik cair di pasaran juga terbilang lebih murah kalau dibandingkan dengan pupuk anorganik. Sehingga diharapkan dengan memakai pupuk organik maka sanggup menekan biaya operasional dan juga sanggup meningkatkan hasil panen. Pupuk organik juga sanggup Anda jual dan bisa menjadi pemasukan tambahan. Bagaimana peluang dan analisis bisnis pupuk organik? klik di sini.


Pupuk Organik Cair Dapat Meningkatkan Kualitas Produk


Manfaat pupuk organik cair lainnya yaitu tumbuhan yang dihasilkan akan lebih berkualitas. Contohnya pada tumbuhan sayuran, dengan memakai pupuk organik hasilnya akan lebih segar, lezat dan daya simpan akan lebih lama. Pada produk wortel organik memiliki daya simpan kurang lebih 3 – 4 ahad sedangkan wortel non organik daya simpannya hanya 1 – 2 ahad saja. Pada sayuran kubis tidak hanya daya simpannya saja yang usang tetapi bobot yang dihasilkan pun akan lebih berat kalau dibandingkan dengan kubis non organik. Bobot pada kubis organik bisa mencapai 2 kg/buahnya.


Selain pada tumbuhan sayuran. Manfaat pupuk organik cair juga sanggup dilihat pada tumbuhan buah. Contoh pada tumbuhan salak, buah yang dihasilkan dengan memakai pupuk organik akan lebih anggun kalau dibandingkan dengan memakai pupuk anorganik. Selain itu persentase bunga yang akan menjadi buah lebih banyak. Begitu juga dengan makanan yang diolah dari materi organik. Nasi yang diolah dari beras organik memiliki daya simpan yang lebih usang kalau dibandingkan dengan nasi dari beras anorganik.


Secara umum berikut keunggulan dan manfaat pupuk organik cair kalau dibandingkan dengan pupuk anorganik.


Pupuk Organik Cair



  • Kandungan unsur hara makro dan mikro lengkap tetapi jumlahnya sedikit.

  • Dapat memperbaiki keadaan struktur tanah, sehingga kondisi tanah menjadi gembur.

  • Mempunyai daya simpan air / water holding capasity yang tinggi.

  • Ada beberapa jenis tumbuhan yang kalau di beri pupuk organik cair maka akan tahan terhadap serangan penyakit.

  • Meningkatkan tingkat acara mikroorganisme tanah yang menguntungkan bagi budidaya Anda.

  • Manfaat pupuk organik cair lainnya yaitu memiliki imbas residu yang positif, sehingga tumbuhan yang akan Anda tanam pada demam isu berikutnya pertumbuhan dan produktivitasnya akan tetap baik.


Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan kalau Anda memakai pupuk organik cair Beragam Manfaat Pupuk Organik Cair – Baca Di sini
Pengaplikasian POC pada lahan-manfaat pupuk organik cair

Pupuk Anorganik



  • Hanya memiliki satu atau beberapa kandungan unsur hara tertentu tetapi jumlahnya sangat banyak.

  • Pupuk anorganik tidak sanggup memperbaiki struktur tanah. Justru kalau dipakai dalam waktu yang usang akan mengakibatkan kondisi fisik tanah menjadi keras.

  • Dapat menjadikan tumbuhan budidaya Anda rentan terhadap penyakit.

  • Pupuk anorganik akan sangat gampang tercuci dan menguap. Sehingga kalau penggunaannya tidak sempurna akan menjadi sia – sia.


sumber gambar manfaat pupuk organik cair: rabukwit, growveg,8village





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Beragam Manfaat Pupuk Organik Cair – Baca Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel