iklan banner

6 Tips Budidaya Sayur Kailan Sanggup Anda Dapatkan Di Sini

Kailan ialah merupakan tumbuhan sayuran yang sangat terkenal di Negara Cina. Kailan juga sering disebut dengan nama brokoli Cina atau kale Cina. Tanaman sayur kailan mempunyai bentuk daun yang tebal, berwarna hijau, berbatang tebal dan mempunyai bunga dengan ukuran kecil pada cuilan atas ibarat yang sering dijumpai pada tumbuhan brokoli. Kailan diklasifikasikan di dalam keluarga Brassica oleraceae, sama dengan pembagian terstruktur mengenai kembang kol dan brokoli.


Kailan ialah merupakan tumbuhan sayuran yang sangat terkenal di Negara Cina 6 Tips Budidaya Sayur Kailan Bisa Anda Dapatkan Di Sini
Tanaman kailan

Sayur kailan sering dijumpai sebagai materi baku pada masakan khas negara Cina. Sayuran ini biasanya diolah dengan cara ditumis dengan memakai bumbu pendamping ibarat jahe dan bawang putih. Sayur kailan juga bisa diolah dengan cara direbus dengan ditambahkan saus tiram. Bagian tumbuhan kailan yang sering kali dipakai untuk diolah ialah cuilan batang dan bunganya. Saat ini penggunaan kailan sebagai materi masakan sudah menyebar luas, khususnya di tempat Asia. Budidaya tumbuhan sayur lainnya ibarat budidaya caisim bisa Anda baca di sini


Sayur kailan mempunyai banyak manfaat bila Anda konsumsi alasannya ialah mempunyai kandungan gizi yang baik ibarat mineral, vitamin B, vitamin C, serat, kalsium, antioksidan, zat besi dan beberapa kandungan baik lainnya. Keunggulan tumbuhan ini bila Anda budidayakan ialah proses pertumbuhannya yang cepat sehingga proses pemanenan akan lebih cepat pula.


Tanaman sayur kailan ini mempunyai prosepek manis untuk pasar ekspornya. Selain itu menjamurnya restoran Chinese Food di Indonesia menciptakan permintaan sayur kailan segar menjadi tinggi. Hal ini ialah sebuah peluang bisnis yang sanggup Anda bidik. Berikut ialah cara menanam sayur kailan yang baik dan benar.


Syarat Tumbuh


Sayur kailan sanggup tumbuh pada media tanah yang cukup mempunyai kandungan zat organik, cahaya yang bisa menerangi seluruh media tanam, pengairan yang cukup, kelembabab tinggi dan mempunyai suhu hidup sekitar 23 – 35 derajar celcius. Ukuran pH tanam ideal tumbuhan kailan ialah 5 – 6,5. Jika kandungan pH tanah yang akan dipakai kurang maka sanggup Anda antisipasi dengan pengapuran.


Mempersiapkan Lahan


Lahan yang dipakai untuk menanam sayur kailan haruslah tanah yang subur dan gembur. Untuk mendapat tanah yang gembur, Anda bisa melakukannya dengan cara dicangkul atau membajak dengan kedalaman kurang lebih 15 – 20 cm. Untuk mendapat hasil yang baik maka proses pembajakan bisa Anda lakukan dua kali yakni pembajakan pertama dengan kedalaman 30 cm dan biarkan selama satu minnggu semoga tanah cuilan bawah tersebut terkena sinar matahari. Setelah itu tanah dibajak kembali sambil membersihkan lahan dari hal yang sanggup mengakibatkan potensi mengganggu pertumbuhan tumbuhan kailan.


Berikan pupuk organik ke dalam media tanam sayur kailan. Anda sanggup memakai pupuk yang terbuat dari kotoran hewan. Pemberian pupuk sanggup memakai takaran 15 – 20 ton/ha. Untuk media tumbuhan Anda sanggup menciptakan bedengan dengan ukuran lebar kurang lebih 120 cm dan panjang 3 – 5 meter. Untuk lebar drainase, Anda bisa membuatnya dengan ukuran 50 cm.


Mempersiapkan Bibit Kailan


Persemaian bibit kailan idealnya bisa Anda lakukan dua ahad sebelum waktu tanam. Semai biji ke dalam baris yang mempunyai jarak 5 cm. Bibit kailan yang telah berumur 3 ahad – 1 bulan sanggup Anda pindahkan ke bedengan dengan memakai jarak tanam 40 x 30 cm. Dibutuhkan benih sebanyak 150 – 300 gram untuk setiap satu hektar.


Proses Penanaman


Penanaman sayur kailan sanggup Anda lakukan sehabis usia bibit kailan 3 – 4 minggu. Berikan jarak tanam sekitar 40 x 30 cm setiap bibitnya. Waktu ideal untuk melaksanakan pindah tanam ialah di sore hari alasannya ialah cuaca cenderung tidak panas dan manis untuk bibit. Akhir animo penghujan ialah waktu yang pas untuk menanam sayur kailan alasannya ialah tumbuhan ini tidak suka dengan banyak air yang menggenang ibarat yang terjadi pada animo penghujan.


Pemeliharaan Tanaman


Adapun beberapa langkah pemeliharaan atau perawatan tumbuhan semoga sayur kailan sanggup tumbuh maksimal ialah sebagai berikut:


Pemupukan


Pemupukan sanggup Anda lakukan dikala sayur kailan berumur 2 ahad sehabis pindah tanam. Anda bisa memakai pupuk Urea dan TSP. Selain itu Anda juga bisa memakai pupuk beragam NPK dengan takaran kandungan N yang tinggi. Sehingga dibutuhkan cuilan batang dan daun kailan sanggup tumbuh subur.


Selain memakai pupuk NPK pilihan pupuk lainnya yang bisa Anda gunakan ialah pupuk urea dengan takaran 35 gram, SP – 36 takaran 10 gram dan KCL takaran 10 gram. Ketiga jenis pupuk tadi Anda campur dengan merata kemudian di taburkan pada sekeliling tumbuhan kailan dengan jarak tabur antara 5 – 7 cm.


Penyiraman, Penyulaman dan Penyiangan


Penyiraman pada budidaya sayur kailan bisa Anda lakukan di waktu pagi dan sore hari. Intensitas penyiraman bisa Anda lakukan dengan menyesuaikan kebutuhan air pada tanaman. Untuk penyiraman Anda bisa memakai gembor. Jika ada tumbuhan yang mati segera lakukan penyulaman semoga tumbuhan sanggup tumbuh dengan seragam. Lakukan juga penyiangan secara rutin untuk mencegah gangguan gulma dan tumbuhan pengganggu lainnya.


Pengendalian Hama Dan Penyakit


Hama yang sering dijumpai menyerang tumbuhan sayur kailan ialah ulat, serangga, kutu daun dan kumbang. Untuk pengendalian Anda bisa menyemprotkan pestisida dengan takaran yang dianjurkan. Untuk mencegah penyakit Anda diharuskan lebih memperhatikan kondisi serta kelayakan sanitasi dari parit gelengan maupun bedengan.


Proses Pemanenan


Tanaman kailan sudah sanggup Anda panen dikala tumbuhan berumur 7 – 8 ahad dari waktu tanam. Cara pemanenannya ialah dengan mencabut kailan dengan akarnya dan kemudian bersihkanlah dengan memakai air bersih. Berhati – hatilah dikala melaksanakan proses pencabutan batang dan daun kalian jangan hingga tergores dikala pemanenan alasannya ialah akan menghipnotis mutu.


Kailan ialah merupakan tumbuhan sayuran yang sangat terkenal di Negara Cina 6 Tips Budidaya Sayur Kailan Bisa Anda Dapatkan Di Sini
Benih kailan pada lahan

Sayur kailan yang telah dipanen jangan terlalu usang dibiarkan terlalu usang tanpa penanganan, segera angkut kailan yang sudah dipanen dan letakkan di dalam sebuah ruangan yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari pribadi alasannya ialah bisa menimbulkan kailan menjadi tidak segar lagi. Budidaya tumbuhan sawi pakcoy bisa Anda baca pada artikel kami berikut ini, klik di sini


sumber gambar: essenceofthailand, bukapalak, homevegetable





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "6 Tips Budidaya Sayur Kailan Sanggup Anda Dapatkan Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel