iklan banner

Jalankan Roadmap E-Commerce, Ini Langkah Pemerintah

Foto: Lamhot AritonangFoto: Lamhot Aritonang

Jakarta - Guna menjalankan roadmap e-Commerce yang sudah dicetuskan, pemerintah kemudian membentuk Kelompok Kerja (Pokja). Ini tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) wacana Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (SPNBE) atau e-Commerce yang diundangkan pada Agustus 2017 lalu.

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatka (Menkominfo) Rudiantara bahwa pemerintah telah membahas e-Commerce di Kementerian Koordinator Ekonomi.

"Rapat tadi membahas wacana review Perpres roadmap e-Commerce. Salah satu kesimpulannya untuk lebih efektif dan fokus, dibuat pokja sebab inisiatifnya ada 31," ungkapnya dalam sosialisasi dan pelantikan interoperabilitas sistem registrasi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Aston Kuningan Suites, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Pembentukan pokja tersebut, lanjut Rudiantara, berada di bawah steering committee. Adapun pokja itu difokuskan kepada tiga hal. Pertama, berkaitan dengan perdagangan yang dipimpin oleh Menteri Perdagangan. Kedua, berkaitan dengan infrastruktur, platform, dan ekosistem dilakukan Menkominfo. Ketiga, berkaitan dengan sistem pembayaran, pajak, cukai, dan lain-lain.

"Karena ada cross border segala rupa. Orang beli di mana, orang beli software di luar negeri terus download di mana, itu ada cross border-nya. Jadi, tiga fokus itu pokjanya," tambah Rudiantara.

Pria yang disapa Chief RA ini menyebutkan pokja tersebut sudah dapat pribadi berjalan kini juga semoga roadmap e-commerce dapat diimplementasikan segera.

"Sehingga pokja ini fokus kerjanya. Dengan dibentuknya pokja diperlukan adanya akselerasi," ucapnya.

Dikeluarkannya Perpres roadmap e-Commerce ini bukti keseriusan pemerintah dalam mendorong pencapaian ekonomi digital senilai USD 130 miliar pada 2020 mendatang.

Roadmap e-Commerce ini juga menyangkut wacana pendanaan, perpajakan, dukungan konsumen, pendidikan dan sumber daya manusia, infrastruktur komunikasi, logistik, dan keamanan siber.

Sumber detik.com

0 Response to "Jalankan Roadmap E-Commerce, Ini Langkah Pemerintah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel