iklan banner

Ditantang Jokowi, Kaesang Luncurkan Aplikasi

Foto: detikINET/Angling Adhitya PurbayaFoto: detikINET/Angling Adhitya Purbaya

Semarang - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, meluncurkan aplikasi berbasis Android wacana dunia kuliner. Hal itu merupakan tanggapan Kaesang atas tantangan sang ayah.

Bekerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Kaesang menyebarkan aplikasi yang diberi nama madhang.id. Peluncuran dilakukan di ruang aula Balai Kota Semarang, Jalan Pemuda.

"Awalnya saya ditantang bapak (Jokowi) untuk memajukan UMKM. Contoh kemarin menciptakan Sang Pisang, asalnya Makassar. Kalau satu-satu gitu, kapan selesainya? Modalnya juga enggak banyak," kata Kaesang usai sosialisasi di depan ibu-ibu pelopor PKK di auditorium Balai Kota Semarang, Senin (11/12/2017).

Aplikasi tersebut memungkinkan tidak hanya pelaku perjuangan masakan namun juga ibu-ibu rumah tangga bergabung dan memasarkan masakan rumahan. Kaesang juga berharap kuliner orisinil Indonesia sanggup lebih terangkat daripada kuliner 'impor'.

"Saya sendiri tahu kuliner rumahan lebih digemari dari pada kuliner dari luar negeri. Makanan rumahan sanggup dijaga kesehatannya. Kita ingin orang Indonesia makan kuliner Indonesia," ujar Kaesang.

Di tim madhang.id Kaesang berposisi sebagai marketing. Ia akan mencari tenant yang akan bergabung. Kaesang mengaku hal itu akan menjadi tantangan berat alasannya ialah mengajak bergabung di awal mulainya aplikasi berjalan akan sulit.

"Saya di tim bab marketing, cari tenant. Kesulitan pertama itu mengajak bergabung, tapi akan terus kita genjot," jelasnya.

Kaesang merasa dirinya terbantu dengan berafiliasi dengan Udinus untuk menjawab tantangan ayahnya. Aplikasi tersebut dibentuk oleh mahasiswa Udinus dan ada 10 orang dalam 1 tim dan jabatan CEO dipegang oleh Maulana Bayu Samudra.

Jawab Tantangan Jokowi, Kaesang Luncurkan Aplikasi MadhangFoto: detikINET/Angling Adhitya Purbaya


"Awalnya ditantang bapak, tapi bapak tidak berikan apapun ke saya. Teman-teman dari Udinus membantu," ujar Kaesang.

Sementara itu Bayu mengatakan, teknisnya, dalam aplikasi itu pelanggan sanggup menentukan masakan sesuai kategori yang tersedia. Pelanggan sanggup memesan atau preorder lalu akan dikabari kalau pesanan sudah jadi.

"Kalau kuliner sudah jadi nanti dikabari. Makara kita sanggup tiba eksklusif makan. Tergantung tenant menyiapkan kawasan di mana," pungkas Bayu.

Pembayaran sanggup dilakukan cash atau lewat aplikasi. Untuk keamanan, aplikasi memungkinkan review dua arah, sehingga tenant maupun konsumen sanggup memperlihatkan komentar.

"Kalau ada yang curang kan sanggup di-tracking," tandasnya.

Promosi Kaesang pun menarik perhatian ibu-ibu PKK. Ketua PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi menyampaikan menyambut baik aplikasi tersebut alasannya ialah sanggup memperlihatkan embel-embel pendapatan bagi ibu-ibu rumahtangga.

"Ini aplikasi sangat mudah. Makara ibu-ibu opload foto kuliner dan nanti dipasarkan oleh manajemen," kata perempuan yang bersahabat disapa Tia itu.

Sedangkan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi alias Hendi juga menyambut baik madhang.id alasannya ialah ibu-ibu sanggup mengurus keluarga sekaligus berbisnis.

"Ibu-ibu sanggup tetap membesarkan anak, urus rumah tangga, dan sanggup dapatkan sesuatu. Keren ini, positif thinking dulu," kata Hendi.

Aplikasi tersebut sudah ada di playstore dengan kata kunci "madhang" yang dibentuk oleh PT Madhang Sak Indonesia. Kaesang menyampaikan dalam waktu dekat madhang.id gres akan meliputi Kota Semarang dulu.

Sumber detik.com

0 Response to "Ditantang Jokowi, Kaesang Luncurkan Aplikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel