iklan banner

Cara Menciptakan Judul Di Microsoft Excel Tidak Bergerak Ketika Digeser

Teknosmash - Cara menciptakan judul di Microsoft Excel tidak bergerak ketika digeser ke bawah sangatlah gampang dilakukan. Kita melakukannya dengan memakai salah satu fitur yang dimiliki Excel yaitu fungsi Freeze Panes.
Fungsi Freeze Panes ini merupakan salah satu fitur Excel yang mana mempunyai fungsi untuk mempermudah kita bila kita ingin melihat judul ketika lembar kerja digeser atau di-scroll ke bawah maupun ke atas. Fungsi ini akan membiarkan beberapa bab area kerja atau sel akan tetap terlihat alias membisu tampaknya namanya ‘Freeze’ ketika kita menggeser lembar kerja pada microsoft excel.

Tentunya hal ini sangatlah membantu kita dalam memasukan data, bila lembar kerja terlalu banyak dan panjang sampai ke bawah. Jika kita tidak memakai fitur Freeze Panes, maka kita akan kesulitan memasukan daat ketika di-scroll ke bawah maupun ke atas alasannya yakni judlu kolom pada tabel maupun baris tidak akan terlihat. Tentunya mempersulitkan kita memasukan data dalam pekerjaan kita.

Fungsi ini akan membantu para pekerja, khususnya admin, sekretaris, bendahara, maupun akuntan dalam perusahaan, ketika beliau ingin memasukan data pada Excel.
Masih banyak orang atau pengguna Microsoft Excel yang masih galau dan kesulitn dalam memasukan dan melihat sebuah data pada lembar kerja Excel. Data tersebut dapat berupa rincian suatu perhitungan atau daftar-daftar yang sangat panjang sekali.
Jika ada judul atau hal penting di dalam lembar kerja Excel yang ke bawah atau ke samping, kita tidak akan dapat melihatnya lagi ketika kita geser ke samping atau ke bawah. Di sinilah fungsi Freeze Panes bekerja untuk Anda.

Cara Menggunakan Fitur Freeze Panes


Berikut ini yakni langkah-langkah dalam memakai fungsi Freeze Panes dalam Microsoft Excel untuk memperlihatkan judul atau bab penting dalam lembar kerja, ketika kita scroll ke bawah atau ke samping. Caranya sangatlah mudah!

   1.Atur tampilan pada lembar kerja sampai pada bab kepala tabel terlihat pada bab atas.

   2.Klik pada bab sel yang mana sel tersebut merupakan sel awal yang dapat digeser atau di-scroll ke bawah atau ke samping. Maksudnya adalah, bahwa sel dalam gugusan di atas dan di kiri sel yang dipilih tersebut akan dibekukan alias Freeze;


   3.Jika Anda memakai Microsoft Excel 2010 ke bawah, Anda klik Tab view, lalu carilah pada bab group sajian Windows, klik Freeze Panes, pilih Freeze Panes lagi. Berikut ini yakni klarifikasi dari ketiga pilihan tersebut:

a.      Freeze Panes. Untuk membekukan pada bab yang dipilih tadi;
b.      Freeze Top Row. Untuk membekukan baris yang paling atas saja;
c.       Freeze First Column. Untuk membekukan pada kolom pertama saja.


Warna merah muda yakni bab sel yang dibekukan.

   4.Selesai. Sekarang Anda dapat geser atau scroll ke bawah atau ke samping tapi masih dapat melihat bab yang dibekukan menyerupai judul contohnya.
Bagaimana? Cukup gampang bukan? Jadi, Anda sudah tidak perlu lagi menggeser-geser terus ke samping, ke atas, ke bawah, ke atas lagi, ribet deh pokoknya. Cukup bekukan bab terpenting alias bab yang dibekukan dengan memakai Freeze Panes, maka judul di Excel dapat terlihat walaupun digeser-geser. 

Anda juga dapat mengembalikan menyerupai semula alias menghilangkan pembekuan dengan langkah yang sama menyerupai yang di atas dengan klik Unfreeze Panes pada bab yang sama menyerupai di atas. Selamat mencoba dan selamat menyebarkan ilmu pengetahuan komputer. 

Sumber http://teknosmash.blogspot.com

0 Response to "Cara Menciptakan Judul Di Microsoft Excel Tidak Bergerak Ketika Digeser"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel