iklan banner

√ 10 Tips Diet Penggunaan Plastik Biar Lingkungan Lebih Bersih

Sudahkah kau memulai diet kantong plastik? Plastic campaign atau yang disebut kampanye diet kantong plastik sudah sangat gencar dilakukan di seluruh dunia. Tujuan kampanye ini tentu saja untuk mengurangi pencemaran sampah terutama sampah plastik yang berakhir di lautan.


Kasihan kan maritim dan ekosistem di dalamnya? Tapi, diet kantong plastik bukan hanya untuk maritim dan ekosistemnya saja yang terkena dampaknya lho, insan juga terkena dampaknya alasannya mengonsumsi binatang dan tanaman maritim yang mungkin saja sudah terkontaminasi sampah plastik.


Masih mau, kan, makan seafood yang lezat, bergizi, dan sehat tidak terkontaminasi sampah plastik? Jadi, sudah sepatutnya kau mengikuti atau berpartisipasi dalam plastic campaign ini untuk mencegah ancaman yang ditimbulkan sampah plastik.


Bagaimana caranya? Kamu sanggup mengurangi konsumsi atau penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Nah, kau sanggup ikuti poin-poin di bawah ini sebagai peranan untuk mengurangi sampah plastik. Yuk, simak!


10 Cara Mengurangi Penggunaan Plastik


1. Gunakan Tas Belanja Reusable


Sudahkah kau memulai diet kantong plastik √ 10 Tips Diet Penggunaan Plastik biar Lingkungan Lebih Bersih

* sumber: www.papermart.com


Mulai sekarang, bawa selalu tas belanjamu, alasannya hal ini membantu mengurangi konsumsi kantong plastik yang biasa dipakai sehabis kita berbelanja. Terlebih dikala kau berbelanja bulanan, yang biasa membawa banyak sampah kantong plastik ketika hingga rumah.


Tas belanja atau shopping bag ini mudah untuk dibawa dan digunakan, alasannya sanggup juga dilipat dan disimpan tanpa memakan banyak tempat. Biasanya terdapat ukuran yang beragam, sehingga sanggup kau sesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Sebenarnya, tas belanja ini sanggup berupa tas apapun, yang penting sanggup menampung barang belanjaan kamu.


Kamu belum punya shopping bag yang reusable ini? Jangan khawatir, kau sanggup beli tas ini secara online di Bukalapak lewat link ini.


2. Gunakan Kardus atau Paper Bag


Sudahkah kau memulai diet kantong plastik √ 10 Tips Diet Penggunaan Plastik biar Lingkungan Lebih Bersih

* sumber: www.europages.co.uk


Ini ialah alternatif dari tas belanja, kau sanggup gunakan kardus atau paper bag untuk menampung barang belanjaan kamu. Selain ramah lingkungan, paper bag ini juga cukup gampang dibawa dan tidak memakan banyak tempat. Bahkan, paper bag ini juga tergolong reusable dan sanggup dipakai kembali untuk menampung belanjaan kau yang lain di kemudian hari. Paper bag juga sanggup kau beli secara online di Bukalapak lewat link ini.


3. Gunakan Dustbag


Sudahkah kau memulai diet kantong plastik √ 10 Tips Diet Penggunaan Plastik biar Lingkungan Lebih Bersih

* sumber: www.blanja.com


Kamu tahu kan kain tipis yang biasa kita dapatkan dikala membeli tas? Nah, dustbag ini sanggup kita pakai sebagai pengganti kantong plastik lho. Dustbag biasanya memang tidak mempunyai jinjingan, tetapi tetap sanggup kau gunakan untuk menampung barang belanjaan, menyerupai buah-buahan, sayuran, atau telur dikala di supermarket.


Dustbag juga sanggup kau gunakan untuk memisahkan jenis barang belanjaan, menyerupai alat mandi biar tidak bercampur dengan materi masakan ketika dimasukkan dalam tas belanja. Dengan begini, kau sanggup mengurangi penggunaan kantong plastik dikala berbelanja. Kalau kau belum punya dustbag, maka silakan beli secara online melalui Bukalapak di link ini.


4. Manfaatkan Kantong Plastik Bekas


Sudahkah kau memulai diet kantong plastik √ 10 Tips Diet Penggunaan Plastik biar Lingkungan Lebih Bersih

* sumber: theoutline.com


Jika kau memang terpaksa menggunakan kantong plastik, maka gunakan kantong plastik bekas. Kamu sanggup menyimpan kantong plastik bekas tersebut untuk dipakai kembali bila diperlukan. Usahakan menggunakan kantong plastik bekas dalam jangka waktu yang lama, sehingga kantong plastik tidak cepat menjadi sampah dan tidak menghamburkan kantong plastik lainnya.


5. Kreasikan Jus dan Snack Sendiri


Sudahkah kau memulai diet kantong plastik √ 10 Tips Diet Penggunaan Plastik biar Lingkungan Lebih Bersih

* sumber: www.rebootwithjoe.com


Kebanyakan jus siap minum yang dijual di supermarket dikemas dalam botol plastik dengan aneka macam ukuran. Nah, makanya di sini kami sarankan untuk mulai menciptakan jus sendiri sehingga sanggup memangkas penggunaan botol plastik. Jus buatan sendiri juga lebih segar, sehat, dan tanpa ada materi pengawet tentunya.


Kamu juga harus mulai mengurangi konsumsi snack dalam kemasan dan kantong plastik yang bermacam-macam dan tak terhitung jumlahnya. Pilihlah snack yang dibungkus dalam paper bag, atau cobalah menciptakan snack atau kudapan sendiri untuk kau makan sendiri ataupun bersama sobat dan keluarga.


6. Gunakan Tumbler


Sudahkah kau memulai diet kantong plastik √ 10 Tips Diet Penggunaan Plastik biar Lingkungan Lebih Bersih

* sumber: www.stashtea.com


Mulailah menggunakan tumbler sebagai daerah minum yang gampang dan mudah untuk kau bawa dikala bepergian, baik itu ke sekolah, kampus, kantor, hingga dikala kau pergi berjalan-jalan atau berlibur.


Mengapa? Karena dengan menggunakan tumbler, kau sanggup mengurangi penggunaan botol minum plastik yang pada balasannya akan dibuang dan menjadi sampah plastik. Sekarang ini di kemudahan publik sudah banyak disediakan air galon atau air isi ulang, sehingga kau sanggup mengisi kembali air minum bila tumbler yang kau bawa sudah kosong. Belum punya tumbler yang OKE? Yuk, beli di Bukalapak lewat link ini.


7. Mulailah Menggunakan Sedotan Reusable


Sudahkah kau memulai diet kantong plastik √ 10 Tips Diet Penggunaan Plastik biar Lingkungan Lebih Bersih

* sumber: www.amazon.fr


 


Kalian tahu, kan, kalau sedotan plastik yang ukurannya bermacam-macam itu sangat sulit untuk dihancurkan? Pernah dengar perihal sedotan reusable? Yap, sedotan yang sanggup kita pakai berulang-ulang ini kini sudah mulai banyak diproduksi lho. Sedotan ini dibentuk dari materi yang tahan usang dan kondusif digunakan, di antaranya dari materi bambu, kaca, dan stainless. Warna dan bentuk dari sedotan ini juga cukup bermacam-macam dan eye-catching lho.


Jika kita membeli sedotan reusable ini, biasanya akan disertai wadah penyimpanan dan sikat kecil untuk mencuci dan membersihkan sedotan sehabis pemakaian. Jadi, yang perlu kau lakukan ialah membawa wadah tersebut bila diharapkan dan jangan lupa untuk merawat kebersihannya. Ingin punya sedotan reusable ini? Yuk, segera dapatkan barangnya di Bukalapak lewat link ini.


8. Mulailah Gunakan Utensil Non-plastik (Eco friedly)


Sudahkah kau memulai diet kantong plastik √ 10 Tips Diet Penggunaan Plastik biar Lingkungan Lebih Bersih

* sumber: id.pinterest.com


Penggunaan utensil berbahan non-plastik ialah alternatif yang harus kau coba. Peralatan atau perkakas berbahan non-plastik menyerupai dari kayu, bambu, dan stainless biasanya lebih baka dan lebih kondusif digunakan. Selain itu, perawatannya juga mudah, jadi tidak ada salahnya kan mengganti utensil berbahan plastik untuk di rumah ataupun di kantor kamu.


Dari beberapa poin di atas pastilah ada yang sanggup kau lakukan. Mulailah dari diri sendiri, mengingatkan keluarga, teman, dan orang sekitar juga sanggup kau lakukan sebagai bentuk plastic campaign lho. Jangan malas memungut sampah yang berceceran di jalan atau daerah publik lainnya, biar nantinya sampah yang kita pungut sanggup berakhir di TPS (Tempat Pembuangan Sampah) bukan di lautan.


Hilangkan pikiran bahwa menggunakan plastik ialah hal yang praktis, alasannya alasan mudah itulah yang menciptakan sampah plastik menumpuk dan berakhir di lautan menyerupai dikala ini. Intinya penggunaan plastik seminimal mungkin harus diusahakan.


So, sudah siap berpartisipasi dalam diet kantong plastik ini, kan? Tunggu apalagi? Mau hingga kapan maritim dan biotanya menunggu untuk diselamatkan?



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 10 Tips Diet Penggunaan Plastik Biar Lingkungan Lebih Bersih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel