iklan banner

√ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon Yang Terkenal Fenomenal

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata Sungai Amazon? Apakah kau eksklusif terpikir ikan piranha dan ular anaconda? Tak mengherankan bila ingatanmu eksklusif terkoneksi dengan dua binatang fenomenal penghuni Sungai Amazon tersebut. Kedua mahluk ini sangat populer di dunia bahkan sudah difilmkan di layar lebar.


Selain piranha, ternyata masih ada ikan-ikan lain yang menghuni Sungai Amazon. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di ResearchGate, ada sekitar 2.500 spesies ikan yang sudah ditemukan dan diperkirakan masih ada sekitar 1.000 spesies ikan gres yang belum digali keberadaannya. Penasaran ikan apa saja yang ada di Sungai Amazon? Baca terus paparan berikut.


10 Jenis Ikan yang Ada di Sungai Amazon


1. Alligator Gar (Atractosteus spatula)


Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata  √ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon yang Populer  Fenomenal

* sumber: withkidswego.blogspot.com


Alligator gar yakni ikan yang berbentuk mirip torpedo panjang. Ikan ini mempunyai moncong yang panjang dan lebar. Terdapat dua baris gigi tajam di mulutnya. Ciri fisik lain dari ikan alligator gar yakni sisiknya yang tebal dan tumpang-tindih. Umumnya, ikan ini bisa tumbuh hingga hampir 2 meter dengan berat lebih dari 100 kilogram.


Ikan ini mempunyai katup spiral usus yang merupakan salah satu struktur yang dimiliki oleh ikan primitif sehingga alligator gar pun mendapat julukan “Ikan primitif” atau “fosil hidup”. Ikan ini yakni salah satu ikan tertua yang masih hidup hingga dikala ini.


Walaupun fosil ikan gar ditemukan di Amerika Utara dan Tengah, Asia, dan Eropa, tetapi tujuh spesies ikan gar yang masih hidup hingga kini hanya sanggup dijumpai di Amerika Utara dan Tengah. Lima dari tujuh spesies hidup di Amerika Serikat. Ikan gar sangat berjasa bagi insan alasannya yakni mereka menjaga keseimbangan ekologi.


Giginya yang tajam serta ukurannya yang besar menciptakan ikan ini berbahaya bagi manusia. Orang yang digigit ikan gar akan mendapat luka gigitan yang serius. Walaupun demikian, hingga dikala ini belum ada dokumentasi mengenai serangan gar pada manusia. Hal berbahaya lain dari gar yakni telurnya yang mengandung racun sehingga sanggup menjadikan penyakit bila dimakan oleh manusia.


2. Arapaima


Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata  √ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon yang Populer  Fenomenal

* sumber: www.tripadvisor.at


Arapaima hidup di air tawar di sungai Amazon serta rawa dan danau di dekatnya. Menyandang peringkat sebagai ikan air tawar terbesar kedua di dunia, sehabis beluga sturgeon, panjang ikan arapaima bisa mencapai 2,75 meter dengan berat kira-kira hingga 200 kilogram. Kepala arapaima runcing dengan badan yang lebar dan mempunyai sisik berwarna abu-abu.


Mereka lebih bahagia tinggal di bersahabat permukaan air walaupun bisa tinggal di bawah air untuk 10 hingga 20 menit. Karena itu, mereka rentan ditangkap oleh manusia. Arapaima bernafas dengan menghidup udara sehingga mereka sering muncul ke permukaan dengan bunyi batuknya yang khas. Arapaima memangsa ikan lain tapi terkadang menangkap burung yang berada bersahabat permukaan air.


Beberapa suku orisinil Amazon mengonsumsi daging juga lidahnya. Sisik arapaima yang besar dijadikan sebagai suplemen dan barang lainnya. Arapaima juga dikenal dengan nama Piracucu.


3. Candiru


Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata  √ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon yang Populer  Fenomenal

* sumber: allthatsinteresting.com


Tidak hanya ikan berukuran besar yang hidup di Sungai Amazon, tetapi ada juga ikan berukuran kecil. Meskipun kecil, ikan ini sangat menakutkan. Candiru yakni nama lele benalu kecil yang hidup di air tawar. Keahlian paling populer dari ikan ini yakni sanggup meluncur dan masuk ke dalam uretra orang yang buang air kecil di sungai.


Ketika candiru masuk ke dalam uretra, binatang ini akan tersangkut di kanal kemih dan susah dikeluarkan alasannya yakni ada duri di punggungnya. Walaupun kasus ini jarang terjadi, tapi ada satu kasus yang berhasil didokumentasikan. Seorang laki-laki harus menjalani operasi untuk mengeluarkan candiru dari uretranya. Oleh alasannya yakni itu, disarankan untuk tidak buang air di Sungai Amazon.


Umumnya, candiru memangsa ikan yang lebih besar dengan menempelkan dirinya pada insang ikan itu dan mengonsumsi darah ikan yang dimangsanya.


4. Tambaqui


Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata  √ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon yang Populer  Fenomenal

* sumber: www.cpt.com.br


Tambaqui yakni jenis ikan vegetarian yang memakan biji-bijian dan buah-buahan. Pacu yakni nama lain untuk ikan yang dikenal sebagai ikan tawar dengan rasa terbaik di dunia. Tambaqui termasuk dalam keluarga ikan piranha dengan panjang mencapai 0.91 meter dan berat hingga 45.36 kilogram. Ikan ini biasa ditemui di perairan bersahabat Manaus Brasil.


Umumnya, spesies ikan ini yakni tipe ikan penyendiri. Ikan remaja biasanya hidup di hutan yang digenangi banjir selama lima bulan pertama dari periode banjir. Di sana mereka hanya makan buah-buahan dan biji-bijian. Sementara, ikan tambaqui yang masih muda hidup di kubangan air hitam di dataran yang dibanjiri air hingga mencapai fase kematangan secual.


Giginya yang berpengaruh bisa menghancurkan dan menggiling buah keras, mirip buah pohon palem dan karet. Ikan ini bisa bertahan hidup selama periode air dangkal alasannya yakni simpanan lemak yang terdapat dalam makanan. Sementara itu, biji-bijian yang tersebar di seluruh pedoman sungai, mereka makan dengan cara ditelan langsung.


5. Piranha Perut Merah


Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata  √ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon yang Populer  Fenomenal

* sumber: kids.nationalgeographic.com


Salah satu ikan sungai yang paling ditakuti yakni piranha perut merah. Sering sekali ikan ingi digambarkan sebagai ikan yang paling mengerikan, bahkan hingga dibentuk filmnya. Di dunia perfilman Hollywood, ikan ini digambarkan sanggup melucuti mangsanya hingga ke tulang-tulangnya hanya dalam hitungan menit. Sebenarnya kejadian mirip itu hanya terjadi ketika mereka kelaparan.


Makanan utama ikan spesies ini yakni bangkai. Ketika akan memakan mangsanya, piranha akan membuka mulutnya dan menawarkan formasi gigi segitiga yang sangat tajam. Kemudian, mereka akan menjebak mangsanya di rahangnya yang berpengaruh dan menelan seluruh mangsanya. Setelah memakan mangsa pertamanya, mereka akan mencari masakan lain.


Piranha perut merah bisa tumbuh hingga sekitar 30.48 sentimeter dan mereka biasanya berenang secara berkelompok. Diperkirakan jumlah spesies piranha mencapai 30 hingga 60 jenis. Hanya ada lima jenis spesies piranha yang sangat berbahaya bagi manusia, yaitu piranha merah, piranha putih serrasalmus piraya, piranha perak, dan serrasalmus hollandi.


6. Payara


Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata  √ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon yang Populer  Fenomenal

* sumber: pescamoscas.blogspot.com


Dikenal juga dengan nama ikan vampir, payara sanggup ditemukan di sebagian besar wilayah Amazon yang berada di Brasil, Peru, Bolivia dan Ekuador. Ikan ini populer sebagai ikan tawar yang sangat berangasan dan mirip dengan vampir. Seringnya, ikan vampir dijumpai di air yang bergerak cepat dan deras sehingga susah untuk ditemukan.


Untuk ikan payara yang sangat ganas, mereka bisa memakan mangsa berupa ikan dengan ukuran yang melebihi ukuran mereka. Panjang ikan ini biasanya mencapai 1.19 meter dan beratnya sekitar 18.14 kilogram. Payara dilengkapi dengan dua buah gigi taring di depan. Mereka lebih suka berburu di air yang lebih dalam dibandingkan di permukaan.


7. Hiu Banteng (Carcharhinus leucas)


Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata  √ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon yang Populer  Fenomenal

* sumber: fishesofaustralia.net.au


Sebenarnya hiu banteng yakni jenis ikan air asin, tapi mereka telah mengikuti keadaan dan bisa hidup di air tawar. Sebagian besar hiu banteng ditemukan di Brasil dikarenakan kedekatan wilayah tersebut dengan laut. Hiu banteng mempunyai ginjal yang sanggup mengubah salinitas air yang mereka simpan.


Pada dasarnya, ginjal hiu banteng mendaur ulang garam vital yang mereka butuhkan di seluruh badan mereka. Dengan demikian, mereka sanggup bergerak secara permanen ke kawasan air tawar. Hiu banteng sanggup tumbuh hingga total panjang sekitar 340 cm.


Hiu banteng mempunyai warna abu-abu terperinci di bab atas, dengan perut berwarna pucat hingga putih. Mereka mempunyai moncong bundar lebar dan mata berukuran kecil. Hiu banteng memangsa ikan bertulang, burung, kura-kura, lumba-lumba, hiu, dan mamalia terrestrial.


8. Belut Listrik (Electrophorus electricus)


Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata  √ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon yang Populer  Fenomenal

* sumber: www.facts-about.info


Walaupun namanya belut, tapi tolong-menolong binatang ini yakni ikan. Belut listrik bisa mencapai sekitar 2,74 meter panjangnya dan beratnya sekitar 50 kilogram. Seperti namanya, belut listrik bisa menghasilkan listrik sekitar 650 volt yang sanggup menciptakan orang tersengat. Bahkan sehabis mati selama delapan jam, belut listrik masih bisa menyengat orang.


Spesies ini umum ditemukan di Sungai Amazon dan bawah umur sungai yang berlumpur. Belut listrik mempunyai keterbatasan penglihatan sehingga mereka mengandalkan kekuatan listriknya untuk berburu dan membela diri. Bentuk tubuhnya panjang, berbentuk silinder serta bisa meliuk-liuk  dan bisa tumbuh rata-rata 1,8 hingga 2,5 meter dan berat 20 kilogram.


9. Ikan Pari ‘Pancake’


Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata  √ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon yang Populer  Fenomenal

* sumber: id.pinterest.com


Bentuk ikan pari ini ibarat pancake. Spesies pari pancake ditemukan tahun 2012 di wilayah Rio Nanay, bersahabat Iquitos, Peru. Pari pancake merupakan ikan pari yang tinggal di air tawar yang sanggup tumbuh hingga mencapai berat sekitar 453,59 kilogram dan mempunyai lebih dari 40 spesies berbeda. Tiap tahun, spesies lainnya ditemukan di Sungai Amazon.


Pari pancake lebih menyukai area yang dangkal. Jadi, ketika berjalan di perairan Amazon harus hati-hati supaya tidak menginjaknya alasannya yakni sengatannya bisa sangat menyakitkan. Saking menyakitkannya sengatan pari ini, penduduk lokal Amazon menyebut ikan dengan nama “aku harap kau mati”.


10. Armored Catfish (Lele Lapis Baja)


Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata  √ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon yang Populer  Fenomenal

* sumber: coastalanglermag.com


Ikan lele lapis baja merupakan bab dari keluarga Loricariid. Mereka hidup di air tawar dan mempunyai penghisap yang memungkinkan mereka untuk makan, bernafas dan melekat dengan memakai hisapan yang luar biasa.


Lele lapis baja sanggup menghirup udara sehingga sanggup bertahan hidup di perairan dengan oksigen rendah. Tulang belakangnya tidak mengandung racun dan biasanya dipakai sebagai alat pertahanan supaya sanggup mengusir predator. Ikan lele lapis baja akan memanjang siripnya ketika takut atau terancam sehingga terhindar dari tertelan predator.


Ukuran panjang ikan lele lapis baja remaja sekitar 30,48 hingga 50,8 sentimeter. Adapun beratnya berkisar 1,5 hingga 2,5 kilogram. Mereka mahluk malam sehingga aktif di malam hari dan mempunyai kemampuan mata yang sanggup menyesuaikan dengan cahaya rendah. Masyarakat di kawasan Amerika Selatan mengonsumsi lele lapis baja dengan cara dimakan utuh, dibentuk sup, atau dipanggang.


Amazon tak hanya kaya dengan bermacam-macam jenis floranya tapi juga faunanya. Bermacam binatang menjadi penghuni hutan hujan terbesar di dunia tersebut. Dari 10 jenis ikan yang hidup di Sungai Amazon, manakah berdasarkan kau yang paling mengerikan? Atau kau ingin tahu gosip ikan terbesar di dunia? Baca selengkapnya di artikel 10 Jenis Ikan Terbesar di Dunia ini.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 10 Ikan Penghuni Sungai Amazon Yang Terkenal Fenomenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel