iklan banner

Tips Memilih Prodi Semoga Tidak Salah Urutan!

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi telah dibuka. Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online  melalui website resmi web.snmptn.ac.id dan tidak dikenai biaya registrasi (Gratis). Jumlah peminat SNMPTN dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Serta ketentuan dan prosedur nya pun juga berubah, menyerupai teladan pada tahun 2016 ini kuota SNMPTN dipangkas dari 50% menjadi 40%. 10% tersebut dialihkan pada jadwal Mandiri. Makara perbandingan kuota antara SNMPTN, SBMPTN dan MANDIRI yakni 40% : 30% : 30%.Tentu ini sangat disayangkan bagi sebagian banyak orang, 
Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Tips Menentukan Prodi Agar Tidak Salah Urutan!
Tips Menentukan Prodi Agar Tidak Salah Urutan!


Hati-hati dalam menentukan jadwal studi!

Peserta SNMPTN sanggup menentukan sebanyak-banyak 2 PTN, dengan syarat 1 Perguruan Tinggi Negeri harus berada di tempat asal SMA-nya. Namun bila hanya menentukan 1 PTN, maka Perguruan Tinggi Negeri tersebut sanggup berada di provinsi manapun. Pada dasarnya SNMPTN yakni suatu proses seleksi untuk mencari siswa dengan nilai terbaik sesuai dengan prodi dan daya tampung PTN. Panitia SNMPTN mempunyai banyak variabel untuk menyeleksi nilai siswa yang mendaftar SNMPTN. Variabel evaluasi tersebut meliputi: Akreditasi sekolah, prestasi sekolah, prestasi siswa, rasio antara jumlah pendaftar dengan yang diterima dari penerima SNMPTN sebelumnya, rerata IPK alumni."Siswa yang bijak tentu tidak akan menentukan Perguruan Tinggi Negeri dan prodi yang sama dengan siswa lain yang mempunyai nilai yang lebih tinggi darinya". Kemungkinannya akan kecil apabila 2 anak tersebut akan diterima di suatu Perguruan Tinggi Negeri dengan prodi yang sama. Tentu ada satu yang harus tersingkirkan, yaitu siswa yang mempunyai nilai yang lebih rendah dari pesaingnya. 

Setiap siap berhak mendaftar, namun hanya siswa terbaik yang akan lolos!

Mekanisme seleksi SNMPTN dilakukan 2 tahap. Tahap pertama yaitu siswa diseleksi di pilihan Perguruan Tinggi Negeri pertama menurut urutan prioritasnya. Apabila siswa tersebut dinyatakan tidak lulus pada piliha Perguruan Tinggi Negeri pertama. Maka akan dilanjutkan ke tahap seleksi Perguruan Tinggi Negeri pilihan ke 2. 

Jadi, tips untuk adik-adik yang akan mengikuti SNMPTN 2016, kau tidak perlu buru-buru mendaftar. Carilah info sebanyak-banyaknya mengenai peringkat kau di sekolah, dan teman-teman yang mempunyai peringkat yang lebih baik dari kamu, dan pilihan prodi yang dipilih teman-teman kamu, sehingga kau sanggup menghindari pilihan yang sama dengan mereka.

Beberapa kiat untuk membantu menentukan pilihan di SNMPTN 2016 nanti:
  1. Minat dan ketertarikan
  2. Detail prodi dan universitas
  3. Biaya Kuliah
  4. Konsultasi
  5. Prospek Karier

Sumber http://novarin88.blogspot.com

0 Response to "Tips Memilih Prodi Semoga Tidak Salah Urutan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel