Tips / Cara Merumuskan Alat Pengukur Keberhasilan Berguru
Pembelajaran yang kita lakukan haruslah diukur apakah tujuan sudah tercapai atau tidak? Untuk mengukur hal tersebut, maka diharapkan alat pengukur hasil mencar ilmu yang berupa tes, penguasaan atau daftar cek perilaku. Alat pengukur keberhasilan mencar ilmu ini perlu dikembangkan dengan berpijak pada tujuan yang telah dirumuskan dan harus sesuai dengan bahan yang sudah disiapkan.
Yang perlu diukur ialah tiga kemampuan utama yaitu: pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang telah dirumuskan secara rinci dalam tujuan. Dengan demikian terdapat kekerabatan yang akrab antara tujuan, bahan dan tes pengukur keberhasilan.
Penyusunan bahan didasarkan atas rumusan tujuan, sesudah bahan final dirumuskan selanjutnya menciptakan item tes menurut tujuan dan bahan tersebut, untuk lebih jelasnya, lihatlah teladan penulisan tujuan, materi, dan tes sesuai teladan diatas.
Mata Pelajaran : IPS
Media : Peta dan Global
Sasaran : Siswa Kelas IV
TUJUAN | POKOK MATERI | TES |
Siswa sanggup menyebutkan minimal 5 pulau yang ada di indonesia dengan benar. | Nama pulau-pulau besar yang ada di indonesia. | Sebutkan minimal 5 nama pulau besar yang ada di indonesia |
Siswa sanggup mengurutkan pulau-pulau yang ada menurut ukuran luas, jumlah penduduk, dan kekayaan alam. | Pulau-pulau yang ada menurut ukuran luas, jumlah penduduk, dan kekayaan alam. | Tunjukkan pulau yang ada di indonesia yang menghasilakan minyak bumi |
Siswa sanggup mengumpulkan suara musik khas yang da di setiap pulau yang ada di indonesia | Jenis suara dan musik khas yang ada disetiap pulau yang ada di indonesia | Sebutkan jenis suara dan musik khas yang ada disetiap pulau yang ada di indonesia |
0 Response to "Tips / Cara Merumuskan Alat Pengukur Keberhasilan Berguru"
Posting Komentar