iklan banner

Teaching Grammar To Young Learners

Apakah Grammar Perlu Diajarkan?
Anak-anak masih belum mempunyai kemampuan yang cukup untuk memahami konsep grammar yang sulit Pengajaran grammar tidak relevan dengan pembelajaran anak-anak

Percakapan antara Guru (G) dan Siswa (S) perihal gambar T-Rex yang dibentuk oleh siswa
G: What’s that?
S: It’s T-Rex
G: is it big or small?
S: big
G: how big?
S: (diam)
G: this big? (memetakan dengan tangan beberapa sentimeter tingginya dari tanah)
S: (menggelengkan kepalanya)
G: this big? (setinggi pinggang)
S: (menggelengkan kepala)
G: this big? (setinggi orang)
S: (menggelengkan kepala)
G: THIS big? (setinggi langit-langit)
S: (mengangguk)
G: Yes, it was VERY big!

Grammar, di mana tempatmu?
•Untuk memberikan makna dengan akurat
•Berkait bersahabat dengan vocabulary

Pentingkah?? So What’s Next?
Grammar sebaiknya diajarkan tidak secara terpisah terutama untuk very young learners, tunggu hingga mereka siap (diatas 8-9 tahun)
Belajar grammar sanggup dimulai dari menghapal ‘formulaic chunks’
Membicarakan sesuatu yang bermakna dengan anak sanggup dijadikan cara yang jitu untuk memperkenalkan grammar
Grammar sanggup diajarkan tanpa perlu menjelaskan label-label teknis (seperti: intensifying adverb, past tense, etc.)

Tren Pengajaran Grammar
•Grammar Translation Method
accuracy
•Communicative approaches: no grammar needed
fluency
•Focus on form: kebangkitan pengajaran grammar
Noticing—structuring—proceduralizing

Teknik-Teknik
CLASSROOM LANGUAGE
Give out the scissors the small scissors
Collect the books the green writing books
Tidy the pencils
Find the paper the paper from the cupboard
Put away the crayons
TALKING WITH CHILDREN
S: My mummy hospital
G: oh! Your mummy’s in hospital. Why?
S: Bird tree
G: Yes. The bird’s in the tree. He’s sitting on the branch. He’s singing.

PENUTUP
•Hindari mengajarkan grammar secara eksklusif dan terisolasi
•Lihatlah dengan jeli kesempatan yang sanggup dipakai untuk pembelajaran grammar di kelas
•Carilah referensi bahasa yang sanggup dieksploitasi melalui lagu, cerita, dan classroom languageagar anak2 ‘melihat’ referensi tersebut
Sumber http://maulanaeo14.blogspot.com

0 Response to "Teaching Grammar To Young Learners"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel