iklan banner

Naskah Media Audio, Pengertian Naskah Media Audio, Dan Format Menu Naskah Media Audio

Salam cerdas…..

Media audio ialah media yang menyajikan isu dalam bentuk audio atau bunyi dan untuk mendapatkan isu tersebut memakai indra pendengaran. Format audio yang sanggup disajikan ialah bunyi insan (narative), musik, lagu/vocal, dan sound effect. Arif S. Sadiman mengemukakan bahwa media audio ialah sebuah media yang hanya mengandalkan bunyi dan bunyi untuk memberikan isu dan pesan. Program audio sanggup menjadi indah dan menarik alasannya ialah kegiatan ini sanggup menjadikan daya fantasi pada pendengarnya. 

Informasi dalam media audio sanggup dikemas dalam beberapa format sajian, diantaranya adalah:

a.  Dialog atau diskusi (narrative). Format ini menyajikan dua orang atau lebih yang mempunyai kedudukan yang sama, membicarakan satu tema yang berisi bahan pelajaran.
b.  Tutorial. Ciri khas dari format ini didalamnya terlibat dua pihak, yaitu siswa yang diberi bimbingan dan tutor yang menunjukkan bimbingan.
c.   Megazine. Informasi yang disajikan pada kegiatan audio jenis magazine lebih banyak dan bervariasi.
d.   Drama. Format ini menyajikan isu dalam bentuk sajian drama.

Berikut beberapa petunjuk yang perlu kita ikuti dalam menulis naskah kegiatan media audio, menyerupai yang dikemukakan oleh Arif S. Sadiman. Bahasa. Bahasa yang dipakai dalam media  audio ialah bahasa percakapan, bukan bahasa tulisan. Kalimat yang dipakai sedapat mungkin kalimat tunggal dan memakai kalimat-kalimat yang pendek.

Musik dalam kegiatan audio. Program audio hanya mengandalkan kepada bunyi saja. Agar pendengar tidak bosan mendengarkan program, maka perlu memakai musik dalam kegiatan audio. Dengan demikian perlu diperhatikan pemilihan musik yang akan dipakai dalam kegiatan media audio, diantara musik yang dipakai adalah:

a.   Musik Tema. Musik tema ialah musik yang menggambarkan tabiat atau situasi tertentu sesuai dengan kegiatan sajian. Musik tema dibentuk secara khas, harus berbeda dengan musik yang sudah ada sehingga menjadi ikon ciri khas dari sebuah kegiatan audio. Musik transisi. Musik ini dipakai sebagai penghubung dua adegan, durasi musik ini tidak perlu panjang cukup 15 hingga 20 menit. Hal ini perlu diperhatikan alasannya ialah perpindahan adegan tanpa disertai dengan musik transisi, membuat perpindahan menjadi kaku, dan tidak smooth.
b.   Musik jembatan (bridge). Musik ini merupakan bentuk khusus dari musik transisi, yaitu berfungsi menjembatani dua buah adegan. Musik ini dipakai apabila suasana adegan terdahulu ialah suasana sedih sedangkan suasana berikutnya besar hati dan diakhiri dengan suasana gembira.
c.   Musik latar belakang. Musik ini dipakai sebagai pengiring pembacaan teks atau percakapan dan sering juga disebut sebagai “background music”. Maksudnya supaya teks sanggup meresap kehati pendengar, alasannya ialah musik ini sanggup menunjukkan variasi, menunjukkan tekanan dan membuat suasana.
d.  Musik smash. Adalah musik yang dipakai untuk membuat kejutan atau tekanan. Musik ini dipakai dengan singkat tetapi pada ketika yang tepat.

Beberapa istilah teknis yang dipakai dalam naskah audio. Sebelum membuat naskah audio diharapkan pengetahuan perihal istilah-istilah teknis, yaitu:

a.  ANNOUNCER (ANN); pihak yang menunjukkan isu perihal suatu kegiatan akan disampaikan. Atau dengan kata lain berfungsi untuk membuka sebuah kegiatan audio.
b.  NARRATOR (NAR); fungsinya hampir sama dengan fungsi announcer, namun perbedaannya narrator menginformasikan sajian materi. Jadi narrator sudah berada dalam program.
c.   MUSIK; musik perlu dituliskan dalam naskah, yang mengambarkan bahwa pada adegan tersebut perlu disisipkan musik yang sesuai.
d.   SOUND EFFECT (FX); ialah suara-suara yang terdapat dalam kegiatan audio untuk mendukung terciptanya suasana atau situasi tertentu. Sound effect dapat berupa bunyi alamiah, atau sengaja dibentuk dengan manifulasi tertentu.
e.   FADE IN DAN FADE OUT; ialah simbul yang berarti bahwa pada adegan tersebut musik masuk secara perlahan (fade in) dan kalau musik sedang berjalan maka hilangnya pun secara perlahan (fade out).
f.    OFF MIKE; situasi dimana bunyi ditimbulkan seperti dari kejauhan. Untuk menjadikan efek ini sumber bunyi harus menjauhi mike.
g.  IN-UP-DOWN-UNDER-OUT; simbol ini menjelaskan bahwa musik masuk secara perlahan (IN), lalu naik (UP) sehabis musik naik secara optimal maka kembali turun secara cepat (DOWN), lalu musik perlahan rendah dan terus bertahan rendah selama beberapa menit (UNDER) hingga risikonya musik perlahan menghilang (OUT).

Format Naskah Audio. Pada umumnya format naskah audio memakai format dua kolom, menyerupai pola berikut ini:
Demikian artikel tentang Naskah Media Audio, Pengertian Naskah Media Audio, dan Format Sajian Naskah Media Audiosemoga berkah dan bermanfaat. Salam cerdas…..


Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Naskah Media Audio, Pengertian Naskah Media Audio, Dan Format Menu Naskah Media Audio"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel