iklan banner

Merangsang Kecerdasan Otak Anak Dengan Cara Berkebun

Materi yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai cara untuk merangsang perkembangan otak sikecil dengan learning by doing dan mengajaknya untuk berkebun.
Meski terkesan kotor, berkebun berdampak baik bagi anak. Selain mengajarkan menyayangi alam, acara luar ruangan menyerupai ini juga elok untuk perkembangan fisik maupun mental anak. Riset pun menandakan hal itu. Seperti termuat dalam jurnal HortTechnology, riset pada 2007 menyampaikan bahwa berkebun memacu acara fisik anak sekaligus meningkatkan kesehatan. Berkebun juga mendorong anak menjadi lebih aktif. 

Penelitian yang dilakukan di Korea Selatan tersebut melibatkan 17 anak. Pada prosesnya, mereka diminta menuntaskan 10 kiprah berkebun, mulai dari menggali, menyangkul, menyiangi, menanam, menabur bibit, sampai menyangkok. Untuk setiap tugas, belum dewasa ini diberi waktu lima menit mengerjakan kemudian istirarahat dengan waktu yang sama, kemudian diukur denyut nadi dan kondisi fisiknya. Hasil penelitian menunjukkan, kesepuluh kiprah berkebun itu merupakan acara fisik laiknya olahraga. Menggali dinilai sebagai acara paling melelahkan dibandingkan kiprah lain dalam riset. Adapun kiprah menyerupai menyiangi, menabur bibit, mengairi, dan menyangkok, masuk kategori acara berintensitas moderat.
Para peneliti mengatakan, hasil studi ini sanggup menjadi dasar untuk berbagi training perkembangan anak berbasis kebun. Berkebun juga bisa diterapkan sebagai terapi bagi belum dewasa dengan kemampuan fisik terbatas.
Berkebun di rumah
Sayangnya, di zaman digital menyerupai sekarang, berkebun semakin jarang saja dilakukan. Macam-macam alasannya, dari ketersediaan waktu orangtua untuk mengajak anaknya berkebun sampai keterbatasan lahan. Terlebih lagi bagi orangtua yang bekerja, mencari kawasan khusus untuk memfasilitasi anak berkebun pun membutuhkan waktu lebih banyak. Namun, bukan berarti tak sanggup disiasati. Orangtua bisa mengajak anak memanfaatan pekarangan rumah. Tak perlu tanah luas. Pot-pot kecil yang sanggup ditumbuhi bibit flora juga bisa menjadi modal untuk berkebun.
Bibit flora dan pot bisa didapatkan di kawasan jualan flora khusus. Namun, jikalau tak mau repot, situs belanja menyerupai Bukalapak.com juga menyediakannya. Ingat, cari tahu dulu bibit flora yang ingin dibeli sebelum memulai bercocok tanam.

Sumber http://maulanaeo14.blogspot.com

0 Response to "Merangsang Kecerdasan Otak Anak Dengan Cara Berkebun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel