iklan banner

Makalah Media Pembelajaran Pai Wacana Teknik Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Teknologi pembelajaran berkaitan erat dengan upaya pemecahan dilema berguru manusia. Upaya pemecahan dilema tersebut yaitu melalui teknologi pembelajaran. Komputer menjadi suatu teknologi penting dalam masyarakat dalam kegiatan bisnis, di sekolah, dirumah, banyak materi pembelajaran yang sanggup disampaikan melalui komputer, kalau akseptor didik mempunyai kemampuan memakai komputer.

Materi tersebut terkait dengan tujuan pendidikan, oleh lantaran itu harus disajikan ukuran dalam kurikulum di sekolah dasar dan sekolah menengah. Dengan demikian materi pendidikan agama sanggup dikaitkan dengan penggunaan teknologi media berbasis komputer.

Komputer merupakan jenis media yang secara virtual sanggup menyediakan respon yang segera terhadap hasil berguru seorang siswa. Lebih dari itu, komputer mempunyai kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi dikala ini yang semakin pesat dikala ini telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beraga bentuk media didalamnya.

Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya dipakai sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor), tetapi juga sebagai sarana berguru multimedia yang memungkinkan akseptor didik menciptakan desain serta merekeyasa suatu konsep ilmu pengetahuan. Dengan demikian Kami akan membahas perihal Teknik pembuatan Media pembelajaran PAI berbasis Komputer.

B.  Rumusan Masalah

1.   Berapa bentuk penggunaan Media Komputer Dalam pembelajaran PAI?
2.   Apa saja yang dihasilkan dalam media pembelajaran PAI berbasis komputer?

C.  Tujuan

1.   Mengetahui penggunaan media komputer dalam pembelajaran PAI.
2.   Mengetahui hasil dari teknik pembuatan media pembelajaran PAI berbasis komputer.


BAB II
PEMBAHASAN

A.  Bentuk Penggunaan Media Pembelajaran PAI Berbasis komputer

Sebelum mengetahui bentuk penggunaan media pembelajaran berbebasis komputer, kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari komputer. Komputer yaitu mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode, serta merupakan mesin elektronik yang otomatis melaksanakan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit.

Kelebihan komputer dalam pendidikan antara lain:

1. Peserta didik berguru sesuai dengan kemampuan dan kecepatanya memahami pengetahuan dan informasi.
2.   Membantu akseptor didik yang mempunyai kecepatan berguru lebat (slow learner)agar berguru efektif.
3.   Memacu efektivitas berguru bagi akseptor didik yang lebih cepat (fast learner).
4. Menarik perhatian akseptor didik lantaran bisa mengintegerasikan komponen warna, musik dan animasi grafik.

Pemanfaatan komputer dalam pendidikan biasanya dikenal,dinamakan pembelajaran dengan proteksi komputer (CAI: Computer  Assisted Instruction) yaitu suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis micro-processor, pelajarannya diprogram dan dirancang dalam system tersebut. System ini dikembangkan dalam beberapa format, antara lain drills dan practice, tutorial, simulasi, permainan, dan discovery.

Komputer telah juga dipakai untuk mengadministrasikan tes dan pengelolaan manajemen sekolah. Komputer sanggup mengakomodasikan siswa yang lamban mendapatkan pelajaran lantaran ia sanggup menunjukkan iklim yang lebih efektif dengan cara yang lebih individual, tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan isyarat menyerupai yang diinginkan acara yang digunakan.

Komputer juga sanggup merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melaksanakan kegiatan laboratorium atau simulasi. Hal ini lantaran tersedianya animasi grafik, warna dan musik dalam komputer sehingga sanggup menambah realisme.  

Kemampuan komputer dalam merekam acara siswa selama memakai suatu acara pembelajaran PAI menunjukkan kesempatan lebih baik untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa selalu sanggup dipantau.

Media dalam pembelajaran mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Media juga berfungsi untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan berguru siswa (pola media). Beberapa bentuk penggunaan media komputer yang sanggup dipakai dalam pembelajaran PAI, antara lain:

1.   Penggunaan Media Presentasi

Media presentasi dipakai untuk memperjelas materi-materi yang bersifat tereotis, dipakai dalam pembelajaran klasikal dengan group berguru yang cukup banyak diatas 12 orang. Media ini cukup efektif lantaran memakai media projecktor yang mempunyai daya pancar cukup besar.

Kelebihan memakai media ini yaitu menggabungkan semua unsur media menyerupai teks, video, audio, animasi, gambar, grafik menjadi satu kesatuan penyajian. Sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas berguru siswa.

Penggunaan alat perancang presentasi menyerupai Microsoft Power Point  yang dikembangkan oleh Microsoft inc” Corel Presentation yang dikembangkan oleh Coral inc” hingga perkembangan terbaru perangkat lunak yang dikembangkan macromedia inc, yang membuatkan banyak sekali jenis perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut.

Pembuatan media pembelajaran dengan memakai media presentasi ini khusunya dengan memakai Microsoft Power Point ini yaitu dengan cara memasukkan teks, gambar, grafik, video dan audio kedalam lembar kerjanya. Dan sehabis semuanya selesai maka sanggup ditampilkan melalui projecktor dan sanggup dipresentasikan kepada siswa.

2.   CD Multimedia Interaktif

CD interaktitif sanggup dipakai pada pembelajaran di sekolah,sebab cukup efektif meningkatkan hasil berguru siswa terutama komputer. Terdapat dua istilah dalam perkembangan CD Interaktif ini yaitu Computer Based Instructions (CBI) dan Computer Assisted Intruction (CAI). 

Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multimedia yang terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang mencakup sound, animasi, video, teks dan grafik. Beberapa model multimedia interaktif diantaranya:

a. Model Drill: dalam CBI merupakan salah satu taktik pembelajaran yang bertujuan menunjukkan pengalaman berguru yang lebih konkrit melalui penciptaan tiruan bentuk pengalaman dalam bentuk yang berbeda. Makara model ini sanggup dibentuk dengan memakai aplikasi Macromedia flash yang memakai contoh-contoh soal dalam pengaplikasiannya.
b. Model tutorial: merupakan salah satu taktik pembelajaran yang dipakai dalam proses berguru dengan memakai perangkat lunak berupa acara komputer yang berisi materi pembelajaran. Program ini juga menuntut siswa untuk mengaplikasikan pandangan gres dan pengetahuan yang dimilikinya secara eksklusif dalam kegiatan pembelajaran.
c.   Model Simulasi: merupakan salah satu taktik pembelajaran yang bertujuan menunjukkan pengalaman berguru yang lebih kongkrit melalui penciptaan tiruan/tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
           
Pada umumnya tipe penyajian yang banyak dipakai yaitu tutorial. Tutorial ini membimbing siswa secara tuntas menguasai materi dengan cepat dan menarik. Setiap siswa cenderung mempunyai perbedaan penguasaan materi tergantung dari kemampuan yang dimilikinya.

Penggunaan tutorial melalui CD Interaktif lebih efektif untuk mengajarkan penguasaan software kepada siswa dibandingkan dengan mengajarkan hardware. Selain itu, materi-materi yang diajarkan dalam CD tersebut sanggup berlangsung dipraktikan oleh siswa terhadap software tersebut.

3.   Video Pembelajaran

Selain CD interaktif, video termasuk media yang sanggup dipakai untuk pembelajaran di SD. Video ini bersifat interaktif-tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga sanggup secara interaktif mengikuti kegiatan praktek sesuai yang diajarkan dalam video.

Penggunaan CD interaktif di SD cocok untuk mengajarkan suatu proses. Video bersifat interaktif tutorial membimbing akseptor didik untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi, pembelahan sel, proses respirasi dan lain-lain.

Penggunaan video pembelajaran dalam pembelajaran:

a.   Merupakan hasil rekaman dari acara pembelajaran
b.   Membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi
c.   rinsipnya hampir sama dengan menonton film, sehingga tidak membosankan bagi siswa
d.   Video sanggup dibentuk sendiri atau d0wnl0ad dari aneka macam situs share video
e.   Apabila memungkinkan sanggup diubahsuaikan dengan materi melalui proses editing.

4.   Internet

Internet abreviasi dari interconection and networking, yaitu jaringan informasi global, yaitu “the largest globel network of computer, thar enable people throughout the world to connect witheach other”. Pertama diluncurkan oleh J.C.R Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) pada bulan Agustus 1962.

Pemanfaatan internet ini sebagai media pembelajaran siswa sanggup menganalisis informasi yang relevan dengan pembelajaran dan melaksanakan pencarian yang sesuai dengan kehidupan nyatanya. Siswa dan guru tidak harus hadir di sekolah secara fisik lantaran siswa sanggup mempelajari materi latih dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan secara online.

Penggunaan internet dalam pembelajaran:

a.   Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk berguru mandiri
b. Siswa sanggup mengakses secara online dari aneka macam perpustakaan,museum, data base dan mendapatkan sumber primer perihal aneka macam insiden sejarah, biografi, rekaman, laporan dan data statistic
c. Siswa sanggup berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analisis, tidak hanya sebagai konsumen informasi saja
d.   Media berbasis internet mempunyai bermacam/macam jenis, yaitu: email, chatting, video-teleconference, blog, e-learning, web dan lain-lain.

B.  Teknik Pembuatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Komputer

Telah disebutkan diatas, ada beberapa media pembelajaran yang dihasilkan dari media komputer, sehingga dalam pembelajaran tidak hanya mengandalkan seorang guru yang menjelaskan pelajaran didepan kelas saja, dikarenakan telah didepan kelas saja. Dari media pembelajaran diatas sanggup kita ketahui teknik pembuatan media pembelajaran yang telah disebutkan tersebut, yaitu antara lain:

1.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan media presentasi

Media presentasi yang hingga dikala ini masih popular dalam pembelajaran di sekolah-sekolah yaitu dengan memakai aplikasi Microsoft ofice power point. Biasanya penggunaan media ini telah dipakai hampir semua mata pelajaran di sekolah.

Pembuatan media ini diharapkan software atau aplikasi perancang presentasi menyerupai Microsoft Power Point  yang dikembangkan oleh Microsoft inc” Corel Presentation yang dikembangkan oleh Coral inc”  hingga perkembangan terbaru software yang dikembangkan macromedia inc, yang membuatkan banyak sekali jenis software untuk mendukung kepentingan tersebut.

Dalam pembuatan Power point sebagai materi presentasi sanggup dilakukan dengan mudah, yaitu sanggup dilakukan dengan membuka aplikasi Power point, kemudian menulis teks presentasi yang dikehendaki kemudian mewarnai teks sesuai dengan back ground yang digunakan, memberi background pada tampilan slide, memasukkan gambar dan video dengan teknik insert, menciptakan hyperlink pada media presentasi serta mengevaluasi acara media presentasi.

Adapun untuk estetikanya setiap slide harus memperhatikan kesesuaian materi dengan gambar, audio serta video. Warna teks dengan background juga harus menunjukkan kenyamanan bagi mata, jangan hingga teks tidak terlihat karena back groundnya.

Teks dalam tiap-tiap slide juga harus dirancang biar tidak terlalu banyak dan memenuhi lembar slide, inti teks yang dipersingkat lebih gampang diterima dan diingat. Oleh alasannya yaitu itu pembuatan materi pembelajaran dengan media Power point harus memperhatikan segi kemanfaatan serta keefeisiennya, biar media ini menjadi menarik dan tidak membosankan.

2.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan CD Multimedia Interaktif

CD Multimedia Interaktif ini biasa disebut juga dengan CD Interaktif, didalamnya berisikan materi-materi yang dikemas dalam bentuk CD atau DVD dan didalamnya memuat materi pembelajaran yang sanggup berupa video tutorial, soal-soal latihan, materi pembelajaran yang disampaikan sanggup berupa animasi, video dan suara.

Selain bersifat interkatif, media ini juga bersifat multimedia lantaran didalamnya terdapat unsur-unsur media pembelajaran yang lengkap. Pembuatan media ini bisa dibentuk dengan memakai aplikasi macromedia atau sejenisnya yang sudah mulai berkembang dikala ini.

Multimedia pembelajaran interaktif pendidikan  Agama Islam diciptakan untuk mempermudah pemahaman siswa dalam mempelajari pembelajaran Pendidikan Agama Islam, terutama pemahaman perihal pembelajaran gerakan sholat. Konsep gerak yang abnormal divisualisasikan oleh komputer melalui animasi yang dibentuk dengan Macromedia Flash MX.

Hasil animasi tersebut dikolaborasikan dengan gambar, musik dan teks. Kombinasi dari aneka macam media tersebut menciptakan tampilan acara menjadi lebih menarik. Dengan tampilan yang menarik dan visualisasi insiden yang abstrak, menciptakan pengguna akan lebih tertarik mempelajari materi dalam program.

Seperti pembuatan model materi pembelajaran berbentuk soal sanggup dipakai jenis teks dan animasi yang bisa digabungkan menjadi satu dalam satu layar. Sehingga siswa sanggup menunjuk dan menjawab soal melalui media ini. 

Yang kedua, pembuatan model pembelajaran dengan tutorial, yaitu dengan merekam materi yang akan disampaikan kedalam bentuk teks, gambar dan bisa juga dibentuk dengan berbentuk animasi yang bisa dibentuk dengan aplikasi tertentu dalam komputer.

Pembuatan media pembelajaran interaktif ini diharapkan menjadi media pembelajaran mandiri, tetapi lantaran narasi belum digabungkan dengan acara ini, menciptakan acara ini masih membutuhkan guru untuk sedikit menjelaskan atau menunjukan perihal acara dan isinya. Selain itu tidak adanya tombol untuk menghidupkan dan mematikan suara, menciptakan bunyi hanya sanggup dikendalikan melalui speaker komputer.

3.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan video tutorial

Pembuatan media ini bisa dipakai dengan memasukkan video yang telah direkam kedalam komputer dan sanggup dapat diberikan dengan cara pembuatan atau materi yang akan disampaikan kepada siswa. Video ini bisa berupa rekaman video atau dengan menciptakan animasi video yang memberitahukan cara-cara atau menjelaskan materi-materi pelajaran.

Video bisa dibentuk sendiri atau bisa juga mend0wnl0ad dari situs share video yang ada diinternet. Dan untuk menyesuaikan materi, video sanggup melalui proses editing dengan memakai acara aplikasi edit video yang ada dalam komputer. Seperti dalam pelajaran PAI misalnya penyembelihan binatang Kurban, pelaksanaan Umroh-haji, dan lain sebagainya.

4.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan internet

Dalam hal ini, tidak dijelaskan dalam pembuatan model pembelajaran dengan memakai internet. Akan tetapi akan dijelaskan pemanfaatan internet untuk pembelajaran di sekolah, menyerupai cara bagaimana share materi pembelajaran melalui internet menyerupai pembuatan blog pribadi, yaitu yang masih online atau bahkan sudah termasuk blog online yang sanggup diakses masyarakat luas dalam internet.

Dalam pembuatan model pembelajaran ini sanggup memakai aplikasi internet oline yang memakai software tertentu menyerupai XAMPP atau sejenisnya. Pembuatan model ini yaitu dengan menginstal software yang akan digunakan, kemudian memasukkan materi dalam kolom atau lembar kerja yang telah tersedia kemudian sanggup di akseskan memakai software tersebut.

Dalam media ini yang sanggup dimasukkan yaitu hanya bisa berupa gambar, grafik, dan teks. Karena media ini hanya bisa menampilkan dalam bentuk teks atau gambar saja.


BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan

Media pembelajaran berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau memberikan materi dengan memakai sumber-sumber yang berbasis micro-processor. Komputer yaitu mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode serta merupakan mesin elektronik yang otomatis melaksanakan pekerjaan dan perhitungan yang rumit.

Dari hasil pembahasan perihal penggunaan media komputer sebagai media pembelajaran PAI terdapat tiga hasil temuan, ialah sebagai berikut:

1. Dalam pemakaian media komputer guru PAI dirasa cukup membantu dalam penyampaian materi pelajaran yang akan disampaikan.
2.  Siswa akan merasa lebih bahagia dan tidak bosan dengan memakai media komputer yang inovatif dan kreatif.
3.   Seorang guru dirasa sudah cukup memahami program-program komputer yang semakin berkembang dimasa ini sehingga memudahkan untuk memberikan materi pelajaran dengan memakai media komputer tanpa mengalami kesulitan yang berarti.


DATAR PUSTAKA

Sumber http://www.academia.edu
Sumber Azzahra Susan http://pintubelajarcerdas.blogspot.co.id



Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Makalah Media Pembelajaran Pai Wacana Teknik Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel